Diplomat Belok di Thailand

Dada penulis berdesir hebat, entah itu was-was, ragu atau penuh nafsu. Seorang pria mendekatkan badannya dan lalu mengarahkan bibirnya ke bibir penulis. Adegan itu lalu tertangkap kamera, dan entah kenapa tersebar luas ke orang-orang. Saya malu. Akan seperti apa reaksi keluarga dan teman-teman penulis ketika mereka tahu video penulis tertangkap basah seperti sedang berciuman dengan seorang pria berseragam. Apalagi video itu direkam di Bangkok, dekat red district Phat Pong.

Tenang pembaca, ini bukan seperti yang pembaca bayangkan. Adegan itu adalah salah satu rekaan dalam video yang memang diminta oleh teman-teman sebagai bagian dari project campaign #bereal #beresponsible di sebuah event yang diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat (US Department of State) melalui pendanaan bersama dengan The Asia Foundation. Penulis dan beberapa teman dari Indonesia bergabung dengan teman-teman lain dari negara-negara ASEAN dibimbing oleh instruktur dari berbagai belahan dunia. Tujuannya satu dan cukup serius, membincang peran technology untuk perdamaian.

Tidak pernah terbayangkan sebelumnya dalam benak penulis, bisa terbang ke Bangkok dan mengikuti acara bergengsi. Semua bermula dari secara random, penulis mengisi aplikasi YSEALI TechCamp Thailand: Promoting Peace with Technology. Penulis yang biasanya menunda-nunda mengisi aplikasi, tapi entah kenapa hari itu langsung selesai mengisi aplikasi. Tak dinyana-nyana, satu bulan kemudian, saat duduk manis mengikuti kursus bahasa perancis, sebuah notif email masuk dan memberitahu kalau penulis lolos sebagai peserta. Tadaaa, penulis langsung sujud syukur.

Diplomat urung karena sejatinya bukan diplomat.

Kabar gembira ini langsung membuat keluarga dan kolega bahagia, ada yang langsung video call, ada yang mengucapkan selamat, tapi tetep ada juga yang nyinyir. But its nothing dibanding rasa bahagia ini. Langsung saja penulis mengurus semua administrasi yang dibutuhkan. Selain packing, penulis langsung menghubungi komite di Indonesia, meminta surat undangan dengan nama dan afiliasi penulis. Surat ini penting untuk mengurus izin dan tentu saja mendapatkan dana tambahan. Walaupun sebenarnya sudah dapat dari penyelenggara acara.

Tak berapa lama, teman-teman delegasi dari Indonesia menghubungi dan membuatkan grup, kita saling chit chat dan berbicara mengenai do and donts yang ada di Thailand. Tidak lupa rencana jalan-jalan di sana seperti apa, bagaimana bentuk chargeran di sana, bagaimana bahasa inggris orang-orang Thailand, dan teknis keberangkatan nanti di bandara. Kita sepakat kumpul sebelum take off dari Soekarno Hatta, jadi kalau sudah ada yang duluan tiba, maka akan saling menunggu, karena delegasinya tidak hanya dari Jakarta, tapi ada juga dari Makassar, Surabaya, Malang, Lombok dan Semarang. Hampir saja penulis ketinggalan karena kesiangan dari Ciputat, semua serba terburu-buru, pun ketika di imigrasi. Tapi alhamdulillahnya pada saat last boarding, penulis masih sempat bertemu dengan kawan-kawan. Dan Thailand, here we come.

Teman-teman delegasi Indonesia.

Keseluruhan perhelatan acara YSEALI TechCamp Thailand; Promoting Peace with Technology, mulai dari seminar, workshop, dan bahkan tempat tinggal peserta digelar di Dusit Thani Hotel, Bangkok, Thailand. Hotel berbintang lima yang terletak tidak jauh dari Lumpini Park. Sepanjang perjalanan ke hotel, beberapa bangunan tinggi menampilkan potret wajah mending Raja Bhumibol Adulyadej, hal itu dilakukan memperingati hari kematian sang raja yang begitu dicintai rakyatnya.

Dusit Thani Bangkok

Ada jeda waktu kedatangan dan jam tidur di hotel dan kita manfaatkan dengan berjalan-jalan sekitar hotel. Kita makan malam di luar berhubung tidak diakomodasi oleh pihak panitia. Hal yang perlu diperhatikan di Thailand, tidak semua orang Thailand faham akan bahasa inggris dan konsep makanan halal. Ujungnya kita makan di KFC Thailand yang rasanya nano-nano, padahal kita udah membayangkan enaknya. Kita pesan fried fish karena hanya ikan yang dalam pandangan penulis memenuhi unsur halal yang lebih tinggi dibandingkan ayam.

Roomate penulis, Adam Pacio dari Philippine.

Penulis satu kamar dengan teman dari Philipine, Adam Pacio, seorang pemuda dari selatan Philippine, yang dekat dengan Mindanau. Sebelum salah satu dari kita tertidur, kita bercerita tentang kondisi negara masing-masing. Mulai dari Presiden Duterte, keislaman di Philippine Selatan, dan tetap saja sebagai laki-laki, obrolannya tidak jauh dari “bagaimana kehidupan malam di Bangkok”

Ada sekitar 200 peserta yang terlibat dalam acara regional ini, kami-kami ini terpilih dari sekitar 2000 an peserta yang mendaftar. Kami yang terlibat umumnya adalah pemuda pemudi dari berbagai negara di ASEAN yang peduli dengan isu-isu terkini, khususnya fake news dan hate speech yang menjamur akibat penetrasi teknologi. Kehadiran teknologi memang ibarat dua sisi mata pisau, sangat berguna, namun juga bisa membawa hatred dan perpecahan suatu kelompok.

Selama jalannya acara, 200 orang ini selalu terbagi-bagi dalam setiap kelompok, masing-masing harus memilih mengenai isu apa yang mau didalami dan bagaimana kita diberi skill penggunaan teknologi untuk menyelesaikan isu-isu tersebut. Selama tiga hari kita diberi game, seminar, workshop, dan working group untuk mengerjakan suatu project. Kita juga diberi session untuk networking dengan para instruktur, dan orang-orang dari Asia Foundation dan US State Department.

Project yang penulis terlibat di dalamnya adalah project membuat campaign untuk menyadarkan anak-anak muda tentang bahaya menyebarkan foto, maupun berita yang belum tentu kebenarannya. Ceritanya adalah ada dua orang pria yang sedang berbisik, namun karena angle fotonya kurang tepat, akhirnya dua orang pemuda ini diisukan sebagai dua orang gay yang sedang berciuman. Padahal dua orang pemuda ini sedang berbisik tentang bisnis.

Respon yang didapatkan dari video ini sangat overwhelming. Duta Besar US untuk Thailand dan beberapa instruktur memuji jikalau video ini sangat mengena dan sesuai dengan tema kali ini. Beberapa ada yang bilang jenius, dan beberapa lagi yang bahkan tidak sama sekali pernah berjabat tangan dan melirik, akhirnya melirik dan menjabat tangan penulis. Semua tentu karena kerja keras semua kru kelompok, beberapa diantara nya sangat cerdas. Penulis hanya menjadi pameran di sini.

The best part dari perjalanan ini tentu saja saat kami semua menjelajahi kota Bangkok. Beberapa dari kami ada yang ke Chao Praya, ada yang ke Khaosan Road, dan tentu saja karena kami orang Indonesia yang tidak bisa jauh dari mall, kami ke Mall MBK. Jujurly, kami tidak puas kuliner karena mungkin factor halal yang menjadi factor pilihan. Penulis hanya makan Tom Yam yang rasanya sangat asam, beberapa fritter yang rasanya berbeda jauh dengan Indonesia. Kalau makanan di hotel tentu sudah sangat familiar karena ada western menu.

Kami ke Khaosan Road, jalanan kuliner dan hiburan yang ada di Bangkok. Sangat ramai dengan pembeli, jikalau di Jakarta mungkin agak mirip dengan jalanan Sabang dan jalan Jaksa. Beberapa makanan unik seperti kelabang goreng, kalajengking goreng dan beberapa serangga lainnya di perlihatkan. Oh iya jangan lupa naik tuktuk, salah satu alat transportasi yang harganya lebih mahal dari taksi.

Kami pulang ke Indonesia setelah 4 hari tiga malam di Bangkok. Meninggalkan keseruan dan pengalaman yang tidak terlupakan di Dusit Thani Bangkok. Hal yang selalu penulis ingat dari perjalanan ini adalah saat penulis dan pegawai hotel saling tidak mengerti keberadaan laundry yang penulis pakai. Jadi karena biaya laundry sangat mahal, penulis tidak mencuci pakaian di sini, namun hanya meletakkan pakaian kotor di laundry bag yang disediakan di hotel. Suatu ketika penulis tidak mendapati laundry bag itu. Penulis takut laundry penulis di cuci dan akan dikenakan biaya yang penulis tidak sanggup bayar. Saking takutnya, penulis menelpon receptionist dan memberitahukan jikalau laundry bag itu jangan dicuci, tapi pegawai hotel malah mengirimkan house keeping, lalu penulis dan house keeping yang tidak mengerti bahasa inggris, bolak balik menggunakan bahasa tangan mengenai laundry bag dan peragaan mencuci baju. Long story short, akhirnya selesai setelah penulis menyatakan thank you ke receptionis setelah penulis menemukan kembali laundry bag yang ternyata di simpan di samping gordyn.

Saomi Rizqiyanto

A scholars who also an enterpreneur. Graduate from University of Indonesia and Lecturer at State Islamic University Jakarta. A founder and CEO of Masamitra, an independent media consultant.

If you like the article or freebies on this site please help us to be better version with giving commentaries share on social media or simply buy us a fresh espresso!

@thejakartansid
  • Semua hidangan yang sangat khas Ramadhan di Indonesia ini wajib untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Anak-anak muslim di seantero Indonesia, kebanyakan mengenal tradisi buka puasa Ramadhan dengan Kolak Pisang, Es Kelapa Muda, Bubur Kacang Hijau, ataupun Sop Buah. Oleh karenanya Kurma bukanlah pilihan utama walaupun banyak supermarket yang menjual buah ini. Indonesian Muslim prefer to have bananas rather than dates! Berikut adalah lima sajian khas buka puasa yang paling populer di Indonesia.

Kolak Pisang

Disajikan hangat ataupun dingin dengan tambahan kolang-kaling ataupun ubi, kolak pisang adalah daftar menu paling favorit bagi masyarakat Indonesia untuk berbuka puasa

Es Kelapa Muda

Es Kelapa Muda biasanya disajikan sebagai alternative menu buka puasa yang simple dan cukup populer. Es kelapa muda berada pada posisi minuman favorit karena segar, sedap dan cukup simple untuk disajikan. Ia bisa menjadi pelengkap bisa juga sebagai menu pembuka utama.

Cocktail Sop Buah

Makanan pembuka buka puasa ini disajikan dengan banyak potongan banyak buah-buahan, mulai dari melon, blewah, nangka, stroberi, anggur, rumput laut dsb. Kadang ada yang menggunakan susu carnation sebagai pemanis namun ada juga yang menggunakan air gula, semua tergantung selera.

Bubur Kacang Hijau

Bisa dijumpai di seantero Indonesia, bubur kacang hijau adalah makanan pembuka favorit bagi sebagian besar masyarakat. Makanan ini bisa menjadi pengganti dalam sebuah keluarga yang bosan dengan kolak pisang. Terbuat dengan bahan utama kacang hijau dan santan ini sangat nikmat bila disajikan hangat, apalagi jika santannya beraroma pandan, wah sangat ngangenin. Bisa diperkaya dengan ketan hitam.

Gorengan

Makanan ini adalah makanan pembuka pelengkap yang sepertinya wajib hadir karena menjadi alternative tatkala takjil habis, namun belum siap untuk makan besar. Gorengan bisa terdiri dari tempe, tahu, bakwan, dan perkedel. Rasanya yang gurih dan renyah menjadi teman sesaat setelah berbuka, setelah shalat maghrib ataupun sebagai menu berbuka makanan besar.

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa.

#happyfasting
#fastingmonth
#ramadankareem
#ramadhan
#bulanpuasa
#puasa
#indonesia
#takjil
  • MENGENAL BERAGAM VARIAN KURMA
Buah yang satu ini selain rasanya yang legit dan memiliki banyak kandungan serat dan nutrisi penting lainnya, ternyata juga merupakan kudapan favorit nabi lho. Kenalan dulu yuk dengan lima jenis varian buah kurma ini. 

Baca lengkap : https://thejakartans.com/mengenal-beragam-legitnya-kurma-saat-ramadhan/

#dates #kurma #ramadhan #medjool #dougletnour #ajwa #sukkari #ruthob
  • 5 Persiapan Penting Sebelum Liburan
Entah itu liburan domestik maupun luar negeri, ada baiknya lho mempersiapkan hal-hal berikut agar liburanmu menyenangkan. Jangan sampai khayalmu untuk tampil keren buyar gegara lupa persiapan berikut. 

1. Mengurus Passport & Visa
Passport dan Visa adalah dua hal terpenting bagi teman yang ingin liburan ke luar negeri. Keduanya memakan waktu cukup lama. Pastikan setiap ketentuan visa dipenuhi agar liburanmu ke Paris bisa berjalan sempurna. Bagi perjalanan domestik, cukup bawa ktp dan sim saja ya. 

2. Memilih Travel Agent
Ada baiknya bagi pelancong pemula, memilih agensi perjalanan terpercaya. Pastikan budget dan itinerary perjalanan sesuai rencana. Harap memilih agensi perjalanan yang mengutamakan perjalanan bukan belanja. 

3. Packing Barang Bawaan
Barang-barang apa saja yang perlu dibawa. Pastikan bawa hal basic seperti baju, dokumen penting, obat-obatan, sunglasses, credit card, sneaker atau sandal. Untuk baju pastikan warna basic yang dibawa karena mudah untuk memadupadankan dengan outer. 

4. Ketahui Adat & Aturan Setempat
Jangan sampai berurusan dengan orang setempat atau aparat hukum. Pastikan teman jakartans mengetahui aturan dan adat yang berlaku di tempat tujuan. Adat penting karena akan menambah petualangan liburan teman semua.

5. Siapkan Uang Kas Negara Tujuan*
Tidak lucu sama sekali kalau teman mau beli kebab di jalanan tapi bayarnya pakai kartu kredit. Bagaimanapun siapkan uang denominasi negara tujuan, entah itu untuk memberi tip, membeli jajanan street food, atau sekedar main peruntungan. 

Photo courtesy of Freepik, Pixelraw, Pexels dan Pixabay

#travel #travelling #vacation #holiday #backpacking #travelagent #
  • 3 FILOSOFI PENTING TENTANG UANG

Untuk mengelola keuangan pribadi, teman jakartans sebenarnya tidak butuh banyak nasehat canggih dari para pakar. Cukup pelajari 3 hal ini saja, maka keuangan teman jakartans akan baik-baik saja. Didasarkan pada buku best seller *The Psychology of Money* karya Morgan Housel

1. Tidak Ada Jalan Pintas
Jangan silau dengan kekayaan seseorang, semua ada waktunya. 
kalau teman jakartans ingin kaya maka bekerja dengan baik, saving secukupnya, investasi dengan baik, maka teman jakartans akan kaya dengan sendirinya. Ingat, kekayaan Warren Buffet hampir sebagian besar didapat ketika dia berusia 60 tahun.

2. Buang Jauh Pamer dan Gengsi
Kalau temans jakartans merasa menggunakan Lamborghini bisa membuat orang terkesan dan hormat, teman salah. Orang-orang sebenarnya terkesan dengan mobilnya bukan dengan teman jakartans. Cara tercepat untuk menghabiskan uang adalah membelanjakan uang agar orang lain terkesan. 

3. Dont Be Greedy
Enough is enough. Ada saatnya teman jakartans ketika mengumpulkan kekayaan mengenal kata cukup. Kekayaan sejati adalah anda memiliki kebebasan untuk berkata cukup. Rajat Gupta, investor Goldman Sachs harus mendekap di penjara karena rakus dengan dana investasi, padahal kekayaannya sudah lebih dari 100 juta US Dolar. 

#personalfinance #finance #morganhousel #psychologyofmoney #investment #money
  • 3 Keuntungan Memakai Uang Elektronik

Temans Jakartans pasti sering dong menggunakan uang elektronik, entah untuk membayar biaya toll, tiket transjakarta, mrt, membeli makanan dsb. Di abad dimana internet dan kecerdasan buatan dibutuhkan manusia, memiliki uang elektronik bukan sekadar perlu tapi juga butuh. 
Berikut beberapa keunggulan menggunakan uang elektronik. Psst nomor tiga yang paking dicari. 

#1 Praktis Anti Ribet
Salah satu alasan paling penting mengapa kita harus memiliki uang elektronik, yakni praktis. Teman Jakartans tidak perlu membawa banyak uang kertas untuk melakukan pembayaran, atau menerima kembalian dalam bentuk receh. 
Uang Elektronik memudahkan penggunanya untuk melakukan pembayaran dalam nominal kecil tanpa perlu repot memikirkan kembalian

#2 Transaksi Aman Tercatat Otomatis
Tidak perlu bingung untuk mengingat maupun mencari bukti transaksi uang elektronik anda. 
Selain aman, setiap penggunaan uang elektronik, bank penerbit maupun institusi keuangan penyedia memiliki database pencatatan yang secara otomatis bisa dilihat di akun teman Jakartans. 

#3 Promo Poin Cashback
Ini yang menjadi benefit paling menggiurkan, setiap penyedia jasa layanan uang elektronik berlomba-lomba memberikan promo potongan harga, cashback ataupun poin yang membuat transaksi teman Jakartans menjadi lebih hemat.

Gimana temans jakartans, masih belum beralih menggunakan uang elektronik. Ayo pakai uang elektronik.

Konten ini diproduksi untuk mendukung program inklusi keuangan Republik Indonesia. 

#cashlesssociety #inklusikeuangan #uangelektronik #emoney #cashback #financialliteracy #literasikeuangan #jakarta #thejakartans.
  • 3 Langkah Mudah Sukses Finansial

Tidak perlu menjadi Elon Musk untuk menjadi kaya, cukup ikuti tiga langkah praktis ini dan mulai hidup kaya dari sekarang.

#1. Pay Yourself First
Ganti istilah menabung dengan membayar dirimu sendiri dulu. 
Begitu dapat gaji, utamakan bayar dirimu terlebih dahulu baru bayar jasa orang lain. 

#2. Make it Automatic
Jangan membuat budget, tapi buat sistem autodebet  dari rekeningmu untuk membayar dirimu sendiri. 
Ingat sekecil apapun autodebet yang kamu lakukan lama-lama akan menjadi bukit. 

#3. Live Rich Now
Jalani hidup teman jakartans seperti biasa. Dalam satu tahun atau lima tahun kedepan, teman jakartans akan sukses secara finansial. Ambil kendali atas hidup anda sekarang juga!. 

Baca lengkap di http://thejakartans.com/tiga-langkah-mudah-menjadi-kaya/

#perencanaankeuangan #personalfinance #jakartans #temanjakarta #jakarta #wellness #wellbeing #finance
Semua hidangan yang sangat khas Ramadhan di Indonesia ini wajib untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Anak-anak muslim di seantero Indonesia, kebanyakan mengenal tradisi buka puasa Ramadhan dengan Kolak Pisang, Es Kelapa Muda, Bubur Kacang Hijau, ataupun Sop Buah. Oleh karenanya Kurma bukanlah pilihan utama walaupun banyak supermarket yang menjual buah ini. Indonesian Muslim prefer to have bananas rather than dates! Berikut adalah lima sajian khas buka puasa yang paling populer di Indonesia.

Kolak Pisang

Disajikan hangat ataupun dingin dengan tambahan kolang-kaling ataupun ubi, kolak pisang adalah daftar menu paling favorit bagi masyarakat Indonesia untuk berbuka puasa

Es Kelapa Muda

Es Kelapa Muda biasanya disajikan sebagai alternative menu buka puasa yang simple dan cukup populer. Es kelapa muda berada pada posisi minuman favorit karena segar, sedap dan cukup simple untuk disajikan. Ia bisa menjadi pelengkap bisa juga sebagai menu pembuka utama.

Cocktail Sop Buah

Makanan pembuka buka puasa ini disajikan dengan banyak potongan banyak buah-buahan, mulai dari melon, blewah, nangka, stroberi, anggur, rumput laut dsb. Kadang ada yang menggunakan susu carnation sebagai pemanis namun ada juga yang menggunakan air gula, semua tergantung selera.

Bubur Kacang Hijau

Bisa dijumpai di seantero Indonesia, bubur kacang hijau adalah makanan pembuka favorit bagi sebagian besar masyarakat. Makanan ini bisa menjadi pengganti dalam sebuah keluarga yang bosan dengan kolak pisang. Terbuat dengan bahan utama kacang hijau dan santan ini sangat nikmat bila disajikan hangat, apalagi jika santannya beraroma pandan, wah sangat ngangenin. Bisa diperkaya dengan ketan hitam.

Gorengan

Makanan ini adalah makanan pembuka pelengkap yang sepertinya wajib hadir karena menjadi alternative tatkala takjil habis, namun belum siap untuk makan besar. Gorengan bisa terdiri dari tempe, tahu, bakwan, dan perkedel. Rasanya yang gurih dan renyah menjadi teman sesaat setelah berbuka, setelah shalat maghrib ataupun sebagai menu berbuka makanan besar.

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa.

#happyfasting
#fastingmonth
#ramadankareem
#ramadhan
#bulanpuasa
#puasa
#indonesia
#takjil
Semua hidangan yang sangat khas Ramadhan di Indonesia ini wajib untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Anak-anak muslim di seantero Indonesia, kebanyakan mengenal tradisi buka puasa Ramadhan dengan Kolak Pisang, Es Kelapa Muda, Bubur Kacang Hijau, ataupun Sop Buah. Oleh karenanya Kurma bukanlah pilihan utama walaupun banyak supermarket yang menjual buah ini. Indonesian Muslim prefer to have bananas rather than dates! Berikut adalah lima sajian khas buka puasa yang paling populer di Indonesia.

Kolak Pisang

Disajikan hangat ataupun dingin dengan tambahan kolang-kaling ataupun ubi, kolak pisang adalah daftar menu paling favorit bagi masyarakat Indonesia untuk berbuka puasa

Es Kelapa Muda

Es Kelapa Muda biasanya disajikan sebagai alternative menu buka puasa yang simple dan cukup populer. Es kelapa muda berada pada posisi minuman favorit karena segar, sedap dan cukup simple untuk disajikan. Ia bisa menjadi pelengkap bisa juga sebagai menu pembuka utama.

Cocktail Sop Buah

Makanan pembuka buka puasa ini disajikan dengan banyak potongan banyak buah-buahan, mulai dari melon, blewah, nangka, stroberi, anggur, rumput laut dsb. Kadang ada yang menggunakan susu carnation sebagai pemanis namun ada juga yang menggunakan air gula, semua tergantung selera.

Bubur Kacang Hijau

Bisa dijumpai di seantero Indonesia, bubur kacang hijau adalah makanan pembuka favorit bagi sebagian besar masyarakat. Makanan ini bisa menjadi pengganti dalam sebuah keluarga yang bosan dengan kolak pisang. Terbuat dengan bahan utama kacang hijau dan santan ini sangat nikmat bila disajikan hangat, apalagi jika santannya beraroma pandan, wah sangat ngangenin. Bisa diperkaya dengan ketan hitam.

Gorengan

Makanan ini adalah makanan pembuka pelengkap yang sepertinya wajib hadir karena menjadi alternative tatkala takjil habis, namun belum siap untuk makan besar. Gorengan bisa terdiri dari tempe, tahu, bakwan, dan perkedel. Rasanya yang gurih dan renyah menjadi teman sesaat setelah berbuka, setelah shalat maghrib ataupun sebagai menu berbuka makanan besar.

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa.

#happyfasting
#fastingmonth
#ramadankareem
#ramadhan
#bulanpuasa
#puasa
#indonesia
#takjil
Semua hidangan yang sangat khas Ramadhan di Indonesia ini wajib untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Anak-anak muslim di seantero Indonesia, kebanyakan mengenal tradisi buka puasa Ramadhan dengan Kolak Pisang, Es Kelapa Muda, Bubur Kacang Hijau, ataupun Sop Buah. Oleh karenanya Kurma bukanlah pilihan utama walaupun banyak supermarket yang menjual buah ini. Indonesian Muslim prefer to have bananas rather than dates! Berikut adalah lima sajian khas buka puasa yang paling populer di Indonesia.

Kolak Pisang

Disajikan hangat ataupun dingin dengan tambahan kolang-kaling ataupun ubi, kolak pisang adalah daftar menu paling favorit bagi masyarakat Indonesia untuk berbuka puasa

Es Kelapa Muda

Es Kelapa Muda biasanya disajikan sebagai alternative menu buka puasa yang simple dan cukup populer. Es kelapa muda berada pada posisi minuman favorit karena segar, sedap dan cukup simple untuk disajikan. Ia bisa menjadi pelengkap bisa juga sebagai menu pembuka utama.

Cocktail Sop Buah

Makanan pembuka buka puasa ini disajikan dengan banyak potongan banyak buah-buahan, mulai dari melon, blewah, nangka, stroberi, anggur, rumput laut dsb. Kadang ada yang menggunakan susu carnation sebagai pemanis namun ada juga yang menggunakan air gula, semua tergantung selera.

Bubur Kacang Hijau

Bisa dijumpai di seantero Indonesia, bubur kacang hijau adalah makanan pembuka favorit bagi sebagian besar masyarakat. Makanan ini bisa menjadi pengganti dalam sebuah keluarga yang bosan dengan kolak pisang. Terbuat dengan bahan utama kacang hijau dan santan ini sangat nikmat bila disajikan hangat, apalagi jika santannya beraroma pandan, wah sangat ngangenin. Bisa diperkaya dengan ketan hitam.

Gorengan

Makanan ini adalah makanan pembuka pelengkap yang sepertinya wajib hadir karena menjadi alternative tatkala takjil habis, namun belum siap untuk makan besar. Gorengan bisa terdiri dari tempe, tahu, bakwan, dan perkedel. Rasanya yang gurih dan renyah menjadi teman sesaat setelah berbuka, setelah shalat maghrib ataupun sebagai menu berbuka makanan besar.

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa.

#happyfasting
#fastingmonth
#ramadankareem
#ramadhan
#bulanpuasa
#puasa
#indonesia
#takjil
Semua hidangan yang sangat khas Ramadhan di Indonesia ini wajib untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Anak-anak muslim di seantero Indonesia, kebanyakan mengenal tradisi buka puasa Ramadhan dengan Kolak Pisang, Es Kelapa Muda, Bubur Kacang Hijau, ataupun Sop Buah. Oleh karenanya Kurma bukanlah pilihan utama walaupun banyak supermarket yang menjual buah ini. Indonesian Muslim prefer to have bananas rather than dates! Berikut adalah lima sajian khas buka puasa yang paling populer di Indonesia.

Kolak Pisang

Disajikan hangat ataupun dingin dengan tambahan kolang-kaling ataupun ubi, kolak pisang adalah daftar menu paling favorit bagi masyarakat Indonesia untuk berbuka puasa

Es Kelapa Muda

Es Kelapa Muda biasanya disajikan sebagai alternative menu buka puasa yang simple dan cukup populer. Es kelapa muda berada pada posisi minuman favorit karena segar, sedap dan cukup simple untuk disajikan. Ia bisa menjadi pelengkap bisa juga sebagai menu pembuka utama.

Cocktail Sop Buah

Makanan pembuka buka puasa ini disajikan dengan banyak potongan banyak buah-buahan, mulai dari melon, blewah, nangka, stroberi, anggur, rumput laut dsb. Kadang ada yang menggunakan susu carnation sebagai pemanis namun ada juga yang menggunakan air gula, semua tergantung selera.

Bubur Kacang Hijau

Bisa dijumpai di seantero Indonesia, bubur kacang hijau adalah makanan pembuka favorit bagi sebagian besar masyarakat. Makanan ini bisa menjadi pengganti dalam sebuah keluarga yang bosan dengan kolak pisang. Terbuat dengan bahan utama kacang hijau dan santan ini sangat nikmat bila disajikan hangat, apalagi jika santannya beraroma pandan, wah sangat ngangenin. Bisa diperkaya dengan ketan hitam.

Gorengan

Makanan ini adalah makanan pembuka pelengkap yang sepertinya wajib hadir karena menjadi alternative tatkala takjil habis, namun belum siap untuk makan besar. Gorengan bisa terdiri dari tempe, tahu, bakwan, dan perkedel. Rasanya yang gurih dan renyah menjadi teman sesaat setelah berbuka, setelah shalat maghrib ataupun sebagai menu berbuka makanan besar.

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa.

#happyfasting
#fastingmonth
#ramadankareem
#ramadhan
#bulanpuasa
#puasa
#indonesia
#takjil
Semua hidangan yang sangat khas Ramadhan di Indonesia ini wajib untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Anak-anak muslim di seantero Indonesia, kebanyakan mengenal tradisi buka puasa Ramadhan dengan Kolak Pisang, Es Kelapa Muda, Bubur Kacang Hijau, ataupun Sop Buah. Oleh karenanya Kurma bukanlah pilihan utama walaupun banyak supermarket yang menjual buah ini. Indonesian Muslim prefer to have bananas rather than dates! Berikut adalah lima sajian khas buka puasa yang paling populer di Indonesia.

Kolak Pisang

Disajikan hangat ataupun dingin dengan tambahan kolang-kaling ataupun ubi, kolak pisang adalah daftar menu paling favorit bagi masyarakat Indonesia untuk berbuka puasa

Es Kelapa Muda

Es Kelapa Muda biasanya disajikan sebagai alternative menu buka puasa yang simple dan cukup populer. Es kelapa muda berada pada posisi minuman favorit karena segar, sedap dan cukup simple untuk disajikan. Ia bisa menjadi pelengkap bisa juga sebagai menu pembuka utama.

Cocktail Sop Buah

Makanan pembuka buka puasa ini disajikan dengan banyak potongan banyak buah-buahan, mulai dari melon, blewah, nangka, stroberi, anggur, rumput laut dsb. Kadang ada yang menggunakan susu carnation sebagai pemanis namun ada juga yang menggunakan air gula, semua tergantung selera.

Bubur Kacang Hijau

Bisa dijumpai di seantero Indonesia, bubur kacang hijau adalah makanan pembuka favorit bagi sebagian besar masyarakat. Makanan ini bisa menjadi pengganti dalam sebuah keluarga yang bosan dengan kolak pisang. Terbuat dengan bahan utama kacang hijau dan santan ini sangat nikmat bila disajikan hangat, apalagi jika santannya beraroma pandan, wah sangat ngangenin. Bisa diperkaya dengan ketan hitam.

Gorengan

Makanan ini adalah makanan pembuka pelengkap yang sepertinya wajib hadir karena menjadi alternative tatkala takjil habis, namun belum siap untuk makan besar. Gorengan bisa terdiri dari tempe, tahu, bakwan, dan perkedel. Rasanya yang gurih dan renyah menjadi teman sesaat setelah berbuka, setelah shalat maghrib ataupun sebagai menu berbuka makanan besar.

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa.

#happyfasting
#fastingmonth
#ramadankareem
#ramadhan
#bulanpuasa
#puasa
#indonesia
#takjil
Semua hidangan yang sangat khas Ramadhan di Indonesia ini wajib untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Anak-anak muslim di seantero Indonesia, kebanyakan mengenal tradisi buka puasa Ramadhan dengan Kolak Pisang, Es Kelapa Muda, Bubur Kacang Hijau, ataupun Sop Buah. Oleh karenanya Kurma bukanlah pilihan utama walaupun banyak supermarket yang menjual buah ini. Indonesian Muslim prefer to have bananas rather than dates! Berikut adalah lima sajian khas buka puasa yang paling populer di Indonesia.

Kolak Pisang

Disajikan hangat ataupun dingin dengan tambahan kolang-kaling ataupun ubi, kolak pisang adalah daftar menu paling favorit bagi masyarakat Indonesia untuk berbuka puasa

Es Kelapa Muda

Es Kelapa Muda biasanya disajikan sebagai alternative menu buka puasa yang simple dan cukup populer. Es kelapa muda berada pada posisi minuman favorit karena segar, sedap dan cukup simple untuk disajikan. Ia bisa menjadi pelengkap bisa juga sebagai menu pembuka utama.

Cocktail Sop Buah

Makanan pembuka buka puasa ini disajikan dengan banyak potongan banyak buah-buahan, mulai dari melon, blewah, nangka, stroberi, anggur, rumput laut dsb. Kadang ada yang menggunakan susu carnation sebagai pemanis namun ada juga yang menggunakan air gula, semua tergantung selera.

Bubur Kacang Hijau

Bisa dijumpai di seantero Indonesia, bubur kacang hijau adalah makanan pembuka favorit bagi sebagian besar masyarakat. Makanan ini bisa menjadi pengganti dalam sebuah keluarga yang bosan dengan kolak pisang. Terbuat dengan bahan utama kacang hijau dan santan ini sangat nikmat bila disajikan hangat, apalagi jika santannya beraroma pandan, wah sangat ngangenin. Bisa diperkaya dengan ketan hitam.

Gorengan

Makanan ini adalah makanan pembuka pelengkap yang sepertinya wajib hadir karena menjadi alternative tatkala takjil habis, namun belum siap untuk makan besar. Gorengan bisa terdiri dari tempe, tahu, bakwan, dan perkedel. Rasanya yang gurih dan renyah menjadi teman sesaat setelah berbuka, setelah shalat maghrib ataupun sebagai menu berbuka makanan besar.

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa.

#happyfasting
#fastingmonth
#ramadankareem
#ramadhan
#bulanpuasa
#puasa
#indonesia
#takjil
Semua hidangan yang sangat khas Ramadhan di Indonesia ini wajib untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Anak-anak muslim di seantero Indonesia, kebanyakan mengenal tradisi buka puasa Ramadhan dengan Kolak Pisang, Es Kelapa Muda, Bubur Kacang Hijau, ataupun Sop Buah. Oleh karenanya Kurma bukanlah pilihan utama walaupun banyak supermarket yang menjual buah ini. Indonesian Muslim prefer to have bananas rather than dates! Berikut adalah lima sajian khas buka puasa yang paling populer di Indonesia.

Kolak Pisang

Disajikan hangat ataupun dingin dengan tambahan kolang-kaling ataupun ubi, kolak pisang adalah daftar menu paling favorit bagi masyarakat Indonesia untuk berbuka puasa

Es Kelapa Muda

Es Kelapa Muda biasanya disajikan sebagai alternative menu buka puasa yang simple dan cukup populer. Es kelapa muda berada pada posisi minuman favorit karena segar, sedap dan cukup simple untuk disajikan. Ia bisa menjadi pelengkap bisa juga sebagai menu pembuka utama.

Cocktail Sop Buah

Makanan pembuka buka puasa ini disajikan dengan banyak potongan banyak buah-buahan, mulai dari melon, blewah, nangka, stroberi, anggur, rumput laut dsb. Kadang ada yang menggunakan susu carnation sebagai pemanis namun ada juga yang menggunakan air gula, semua tergantung selera.

Bubur Kacang Hijau

Bisa dijumpai di seantero Indonesia, bubur kacang hijau adalah makanan pembuka favorit bagi sebagian besar masyarakat. Makanan ini bisa menjadi pengganti dalam sebuah keluarga yang bosan dengan kolak pisang. Terbuat dengan bahan utama kacang hijau dan santan ini sangat nikmat bila disajikan hangat, apalagi jika santannya beraroma pandan, wah sangat ngangenin. Bisa diperkaya dengan ketan hitam.

Gorengan

Makanan ini adalah makanan pembuka pelengkap yang sepertinya wajib hadir karena menjadi alternative tatkala takjil habis, namun belum siap untuk makan besar. Gorengan bisa terdiri dari tempe, tahu, bakwan, dan perkedel. Rasanya yang gurih dan renyah menjadi teman sesaat setelah berbuka, setelah shalat maghrib ataupun sebagai menu berbuka makanan besar.

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa.

#happyfasting
#fastingmonth
#ramadankareem
#ramadhan
#bulanpuasa
#puasa
#indonesia
#takjil
Semua hidangan yang sangat khas Ramadhan di Indonesia ini wajib untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Anak-anak muslim di seantero Indonesia, kebanyakan mengenal tradisi buka puasa Ramadhan dengan Kolak Pisang, Es Kelapa Muda, Bubur Kacang Hijau, ataupun Sop Buah. Oleh karenanya Kurma bukanlah pilihan utama walaupun banyak supermarket yang menjual buah ini. Indonesian Muslim prefer to have bananas rather than dates! Berikut adalah lima sajian khas buka puasa yang paling populer di Indonesia. Kolak Pisang Disajikan hangat ataupun dingin dengan tambahan kolang-kaling ataupun ubi, kolak pisang adalah daftar menu paling favorit bagi masyarakat Indonesia untuk berbuka puasa Es Kelapa Muda Es Kelapa Muda biasanya disajikan sebagai alternative menu buka puasa yang simple dan cukup populer. Es kelapa muda berada pada posisi minuman favorit karena segar, sedap dan cukup simple untuk disajikan. Ia bisa menjadi pelengkap bisa juga sebagai menu pembuka utama. Cocktail Sop Buah Makanan pembuka buka puasa ini disajikan dengan banyak potongan banyak buah-buahan, mulai dari melon, blewah, nangka, stroberi, anggur, rumput laut dsb. Kadang ada yang menggunakan susu carnation sebagai pemanis namun ada juga yang menggunakan air gula, semua tergantung selera. Bubur Kacang Hijau Bisa dijumpai di seantero Indonesia, bubur kacang hijau adalah makanan pembuka favorit bagi sebagian besar masyarakat. Makanan ini bisa menjadi pengganti dalam sebuah keluarga yang bosan dengan kolak pisang. Terbuat dengan bahan utama kacang hijau dan santan ini sangat nikmat bila disajikan hangat, apalagi jika santannya beraroma pandan, wah sangat ngangenin. Bisa diperkaya dengan ketan hitam. Gorengan Makanan ini adalah makanan pembuka pelengkap yang sepertinya wajib hadir karena menjadi alternative tatkala takjil habis, namun belum siap untuk makan besar. Gorengan bisa terdiri dari tempe, tahu, bakwan, dan perkedel. Rasanya yang gurih dan renyah menjadi teman sesaat setelah berbuka, setelah shalat maghrib ataupun sebagai menu berbuka makanan besar. Selamat Menunaikan Ibadah Puasa. #happyfasting #fastingmonth #ramadankareem #ramadhan #bulanpuasa #puasa #indonesia #takjil
1 year ago
View on Instagram |
1/6
MENGENAL BERAGAM VARIAN KURMA
Buah yang satu ini selain rasanya yang legit dan memiliki banyak kandungan serat dan nutrisi penting lainnya, ternyata juga merupakan kudapan favorit nabi lho. Kenalan dulu yuk dengan lima jenis varian buah kurma ini. 

Baca lengkap : https://thejakartans.com/mengenal-beragam-legitnya-kurma-saat-ramadhan/

#dates #kurma #ramadhan #medjool #dougletnour #ajwa #sukkari #ruthob
MENGENAL BERAGAM VARIAN KURMA
Buah yang satu ini selain rasanya yang legit dan memiliki banyak kandungan serat dan nutrisi penting lainnya, ternyata juga merupakan kudapan favorit nabi lho. Kenalan dulu yuk dengan lima jenis varian buah kurma ini. 

Baca lengkap : https://thejakartans.com/mengenal-beragam-legitnya-kurma-saat-ramadhan/

#dates #kurma #ramadhan #medjool #dougletnour #ajwa #sukkari #ruthob
MENGENAL BERAGAM VARIAN KURMA
Buah yang satu ini selain rasanya yang legit dan memiliki banyak kandungan serat dan nutrisi penting lainnya, ternyata juga merupakan kudapan favorit nabi lho. Kenalan dulu yuk dengan lima jenis varian buah kurma ini. 

Baca lengkap : https://thejakartans.com/mengenal-beragam-legitnya-kurma-saat-ramadhan/

#dates #kurma #ramadhan #medjool #dougletnour #ajwa #sukkari #ruthob
MENGENAL BERAGAM VARIAN KURMA
Buah yang satu ini selain rasanya yang legit dan memiliki banyak kandungan serat dan nutrisi penting lainnya, ternyata juga merupakan kudapan favorit nabi lho. Kenalan dulu yuk dengan lima jenis varian buah kurma ini. 

Baca lengkap : https://thejakartans.com/mengenal-beragam-legitnya-kurma-saat-ramadhan/

#dates #kurma #ramadhan #medjool #dougletnour #ajwa #sukkari #ruthob
MENGENAL BERAGAM VARIAN KURMA
Buah yang satu ini selain rasanya yang legit dan memiliki banyak kandungan serat dan nutrisi penting lainnya, ternyata juga merupakan kudapan favorit nabi lho. Kenalan dulu yuk dengan lima jenis varian buah kurma ini. 

Baca lengkap : https://thejakartans.com/mengenal-beragam-legitnya-kurma-saat-ramadhan/

#dates #kurma #ramadhan #medjool #dougletnour #ajwa #sukkari #ruthob
MENGENAL BERAGAM VARIAN KURMA
Buah yang satu ini selain rasanya yang legit dan memiliki banyak kandungan serat dan nutrisi penting lainnya, ternyata juga merupakan kudapan favorit nabi lho. Kenalan dulu yuk dengan lima jenis varian buah kurma ini. 

Baca lengkap : https://thejakartans.com/mengenal-beragam-legitnya-kurma-saat-ramadhan/

#dates #kurma #ramadhan #medjool #dougletnour #ajwa #sukkari #ruthob
MENGENAL BERAGAM VARIAN KURMA
Buah yang satu ini selain rasanya yang legit dan memiliki banyak kandungan serat dan nutrisi penting lainnya, ternyata juga merupakan kudapan favorit nabi lho. Kenalan dulu yuk dengan lima jenis varian buah kurma ini. 

Baca lengkap : https://thejakartans.com/mengenal-beragam-legitnya-kurma-saat-ramadhan/

#dates #kurma #ramadhan #medjool #dougletnour #ajwa #sukkari #ruthob
MENGENAL BERAGAM VARIAN KURMA Buah yang satu ini selain rasanya yang legit dan memiliki banyak kandungan serat dan nutrisi penting lainnya, ternyata juga merupakan kudapan favorit nabi lho. Kenalan dulu yuk dengan lima jenis varian buah kurma ini. Baca lengkap : https://thejakartans.com/mengenal-beragam-legitnya-kurma-saat-ramadhan/ #dates #kurma #ramadhan #medjool #dougletnour #ajwa #sukkari #ruthob
2 years ago
View on Instagram |
2/6
5 Persiapan Penting Sebelum Liburan
Entah itu liburan domestik maupun luar negeri, ada baiknya lho mempersiapkan hal-hal berikut agar liburanmu menyenangkan. Jangan sampai khayalmu untuk tampil keren buyar gegara lupa persiapan berikut. 

1. Mengurus Passport & Visa
Passport dan Visa adalah dua hal terpenting bagi teman yang ingin liburan ke luar negeri. Keduanya memakan waktu cukup lama. Pastikan setiap ketentuan visa dipenuhi agar liburanmu ke Paris bisa berjalan sempurna. Bagi perjalanan domestik, cukup bawa ktp dan sim saja ya. 

2. Memilih Travel Agent
Ada baiknya bagi pelancong pemula, memilih agensi perjalanan terpercaya. Pastikan budget dan itinerary perjalanan sesuai rencana. Harap memilih agensi perjalanan yang mengutamakan perjalanan bukan belanja. 

3. Packing Barang Bawaan
Barang-barang apa saja yang perlu dibawa. Pastikan bawa hal basic seperti baju, dokumen penting, obat-obatan, sunglasses, credit card, sneaker atau sandal. Untuk baju pastikan warna basic yang dibawa karena mudah untuk memadupadankan dengan outer. 

4. Ketahui Adat & Aturan Setempat
Jangan sampai berurusan dengan orang setempat atau aparat hukum. Pastikan teman jakartans mengetahui aturan dan adat yang berlaku di tempat tujuan. Adat penting karena akan menambah petualangan liburan teman semua.

5. Siapkan Uang Kas Negara Tujuan*
Tidak lucu sama sekali kalau teman mau beli kebab di jalanan tapi bayarnya pakai kartu kredit. Bagaimanapun siapkan uang denominasi negara tujuan, entah itu untuk memberi tip, membeli jajanan street food, atau sekedar main peruntungan. 

Photo courtesy of Freepik, Pixelraw, Pexels dan Pixabay

#travel #travelling #vacation #holiday #backpacking #travelagent #
5 Persiapan Penting Sebelum Liburan
Entah itu liburan domestik maupun luar negeri, ada baiknya lho mempersiapkan hal-hal berikut agar liburanmu menyenangkan. Jangan sampai khayalmu untuk tampil keren buyar gegara lupa persiapan berikut. 

1. Mengurus Passport & Visa
Passport dan Visa adalah dua hal terpenting bagi teman yang ingin liburan ke luar negeri. Keduanya memakan waktu cukup lama. Pastikan setiap ketentuan visa dipenuhi agar liburanmu ke Paris bisa berjalan sempurna. Bagi perjalanan domestik, cukup bawa ktp dan sim saja ya. 

2. Memilih Travel Agent
Ada baiknya bagi pelancong pemula, memilih agensi perjalanan terpercaya. Pastikan budget dan itinerary perjalanan sesuai rencana. Harap memilih agensi perjalanan yang mengutamakan perjalanan bukan belanja. 

3. Packing Barang Bawaan
Barang-barang apa saja yang perlu dibawa. Pastikan bawa hal basic seperti baju, dokumen penting, obat-obatan, sunglasses, credit card, sneaker atau sandal. Untuk baju pastikan warna basic yang dibawa karena mudah untuk memadupadankan dengan outer. 

4. Ketahui Adat & Aturan Setempat
Jangan sampai berurusan dengan orang setempat atau aparat hukum. Pastikan teman jakartans mengetahui aturan dan adat yang berlaku di tempat tujuan. Adat penting karena akan menambah petualangan liburan teman semua.

5. Siapkan Uang Kas Negara Tujuan*
Tidak lucu sama sekali kalau teman mau beli kebab di jalanan tapi bayarnya pakai kartu kredit. Bagaimanapun siapkan uang denominasi negara tujuan, entah itu untuk memberi tip, membeli jajanan street food, atau sekedar main peruntungan. 

Photo courtesy of Freepik, Pixelraw, Pexels dan Pixabay

#travel #travelling #vacation #holiday #backpacking #travelagent #
5 Persiapan Penting Sebelum Liburan
Entah itu liburan domestik maupun luar negeri, ada baiknya lho mempersiapkan hal-hal berikut agar liburanmu menyenangkan. Jangan sampai khayalmu untuk tampil keren buyar gegara lupa persiapan berikut. 

1. Mengurus Passport & Visa
Passport dan Visa adalah dua hal terpenting bagi teman yang ingin liburan ke luar negeri. Keduanya memakan waktu cukup lama. Pastikan setiap ketentuan visa dipenuhi agar liburanmu ke Paris bisa berjalan sempurna. Bagi perjalanan domestik, cukup bawa ktp dan sim saja ya. 

2. Memilih Travel Agent
Ada baiknya bagi pelancong pemula, memilih agensi perjalanan terpercaya. Pastikan budget dan itinerary perjalanan sesuai rencana. Harap memilih agensi perjalanan yang mengutamakan perjalanan bukan belanja. 

3. Packing Barang Bawaan
Barang-barang apa saja yang perlu dibawa. Pastikan bawa hal basic seperti baju, dokumen penting, obat-obatan, sunglasses, credit card, sneaker atau sandal. Untuk baju pastikan warna basic yang dibawa karena mudah untuk memadupadankan dengan outer. 

4. Ketahui Adat & Aturan Setempat
Jangan sampai berurusan dengan orang setempat atau aparat hukum. Pastikan teman jakartans mengetahui aturan dan adat yang berlaku di tempat tujuan. Adat penting karena akan menambah petualangan liburan teman semua.

5. Siapkan Uang Kas Negara Tujuan*
Tidak lucu sama sekali kalau teman mau beli kebab di jalanan tapi bayarnya pakai kartu kredit. Bagaimanapun siapkan uang denominasi negara tujuan, entah itu untuk memberi tip, membeli jajanan street food, atau sekedar main peruntungan. 

Photo courtesy of Freepik, Pixelraw, Pexels dan Pixabay

#travel #travelling #vacation #holiday #backpacking #travelagent #
5 Persiapan Penting Sebelum Liburan
Entah itu liburan domestik maupun luar negeri, ada baiknya lho mempersiapkan hal-hal berikut agar liburanmu menyenangkan. Jangan sampai khayalmu untuk tampil keren buyar gegara lupa persiapan berikut. 

1. Mengurus Passport & Visa
Passport dan Visa adalah dua hal terpenting bagi teman yang ingin liburan ke luar negeri. Keduanya memakan waktu cukup lama. Pastikan setiap ketentuan visa dipenuhi agar liburanmu ke Paris bisa berjalan sempurna. Bagi perjalanan domestik, cukup bawa ktp dan sim saja ya. 

2. Memilih Travel Agent
Ada baiknya bagi pelancong pemula, memilih agensi perjalanan terpercaya. Pastikan budget dan itinerary perjalanan sesuai rencana. Harap memilih agensi perjalanan yang mengutamakan perjalanan bukan belanja. 

3. Packing Barang Bawaan
Barang-barang apa saja yang perlu dibawa. Pastikan bawa hal basic seperti baju, dokumen penting, obat-obatan, sunglasses, credit card, sneaker atau sandal. Untuk baju pastikan warna basic yang dibawa karena mudah untuk memadupadankan dengan outer. 

4. Ketahui Adat & Aturan Setempat
Jangan sampai berurusan dengan orang setempat atau aparat hukum. Pastikan teman jakartans mengetahui aturan dan adat yang berlaku di tempat tujuan. Adat penting karena akan menambah petualangan liburan teman semua.

5. Siapkan Uang Kas Negara Tujuan*
Tidak lucu sama sekali kalau teman mau beli kebab di jalanan tapi bayarnya pakai kartu kredit. Bagaimanapun siapkan uang denominasi negara tujuan, entah itu untuk memberi tip, membeli jajanan street food, atau sekedar main peruntungan. 

Photo courtesy of Freepik, Pixelraw, Pexels dan Pixabay

#travel #travelling #vacation #holiday #backpacking #travelagent #
5 Persiapan Penting Sebelum Liburan
Entah itu liburan domestik maupun luar negeri, ada baiknya lho mempersiapkan hal-hal berikut agar liburanmu menyenangkan. Jangan sampai khayalmu untuk tampil keren buyar gegara lupa persiapan berikut. 

1. Mengurus Passport & Visa
Passport dan Visa adalah dua hal terpenting bagi teman yang ingin liburan ke luar negeri. Keduanya memakan waktu cukup lama. Pastikan setiap ketentuan visa dipenuhi agar liburanmu ke Paris bisa berjalan sempurna. Bagi perjalanan domestik, cukup bawa ktp dan sim saja ya. 

2. Memilih Travel Agent
Ada baiknya bagi pelancong pemula, memilih agensi perjalanan terpercaya. Pastikan budget dan itinerary perjalanan sesuai rencana. Harap memilih agensi perjalanan yang mengutamakan perjalanan bukan belanja. 

3. Packing Barang Bawaan
Barang-barang apa saja yang perlu dibawa. Pastikan bawa hal basic seperti baju, dokumen penting, obat-obatan, sunglasses, credit card, sneaker atau sandal. Untuk baju pastikan warna basic yang dibawa karena mudah untuk memadupadankan dengan outer. 

4. Ketahui Adat & Aturan Setempat
Jangan sampai berurusan dengan orang setempat atau aparat hukum. Pastikan teman jakartans mengetahui aturan dan adat yang berlaku di tempat tujuan. Adat penting karena akan menambah petualangan liburan teman semua.

5. Siapkan Uang Kas Negara Tujuan*
Tidak lucu sama sekali kalau teman mau beli kebab di jalanan tapi bayarnya pakai kartu kredit. Bagaimanapun siapkan uang denominasi negara tujuan, entah itu untuk memberi tip, membeli jajanan street food, atau sekedar main peruntungan. 

Photo courtesy of Freepik, Pixelraw, Pexels dan Pixabay

#travel #travelling #vacation #holiday #backpacking #travelagent #
5 Persiapan Penting Sebelum Liburan
Entah itu liburan domestik maupun luar negeri, ada baiknya lho mempersiapkan hal-hal berikut agar liburanmu menyenangkan. Jangan sampai khayalmu untuk tampil keren buyar gegara lupa persiapan berikut. 

1. Mengurus Passport & Visa
Passport dan Visa adalah dua hal terpenting bagi teman yang ingin liburan ke luar negeri. Keduanya memakan waktu cukup lama. Pastikan setiap ketentuan visa dipenuhi agar liburanmu ke Paris bisa berjalan sempurna. Bagi perjalanan domestik, cukup bawa ktp dan sim saja ya. 

2. Memilih Travel Agent
Ada baiknya bagi pelancong pemula, memilih agensi perjalanan terpercaya. Pastikan budget dan itinerary perjalanan sesuai rencana. Harap memilih agensi perjalanan yang mengutamakan perjalanan bukan belanja. 

3. Packing Barang Bawaan
Barang-barang apa saja yang perlu dibawa. Pastikan bawa hal basic seperti baju, dokumen penting, obat-obatan, sunglasses, credit card, sneaker atau sandal. Untuk baju pastikan warna basic yang dibawa karena mudah untuk memadupadankan dengan outer. 

4. Ketahui Adat & Aturan Setempat
Jangan sampai berurusan dengan orang setempat atau aparat hukum. Pastikan teman jakartans mengetahui aturan dan adat yang berlaku di tempat tujuan. Adat penting karena akan menambah petualangan liburan teman semua.

5. Siapkan Uang Kas Negara Tujuan*
Tidak lucu sama sekali kalau teman mau beli kebab di jalanan tapi bayarnya pakai kartu kredit. Bagaimanapun siapkan uang denominasi negara tujuan, entah itu untuk memberi tip, membeli jajanan street food, atau sekedar main peruntungan. 

Photo courtesy of Freepik, Pixelraw, Pexels dan Pixabay

#travel #travelling #vacation #holiday #backpacking #travelagent #
5 Persiapan Penting Sebelum Liburan
Entah itu liburan domestik maupun luar negeri, ada baiknya lho mempersiapkan hal-hal berikut agar liburanmu menyenangkan. Jangan sampai khayalmu untuk tampil keren buyar gegara lupa persiapan berikut. 

1. Mengurus Passport & Visa
Passport dan Visa adalah dua hal terpenting bagi teman yang ingin liburan ke luar negeri. Keduanya memakan waktu cukup lama. Pastikan setiap ketentuan visa dipenuhi agar liburanmu ke Paris bisa berjalan sempurna. Bagi perjalanan domestik, cukup bawa ktp dan sim saja ya. 

2. Memilih Travel Agent
Ada baiknya bagi pelancong pemula, memilih agensi perjalanan terpercaya. Pastikan budget dan itinerary perjalanan sesuai rencana. Harap memilih agensi perjalanan yang mengutamakan perjalanan bukan belanja. 

3. Packing Barang Bawaan
Barang-barang apa saja yang perlu dibawa. Pastikan bawa hal basic seperti baju, dokumen penting, obat-obatan, sunglasses, credit card, sneaker atau sandal. Untuk baju pastikan warna basic yang dibawa karena mudah untuk memadupadankan dengan outer. 

4. Ketahui Adat & Aturan Setempat
Jangan sampai berurusan dengan orang setempat atau aparat hukum. Pastikan teman jakartans mengetahui aturan dan adat yang berlaku di tempat tujuan. Adat penting karena akan menambah petualangan liburan teman semua.

5. Siapkan Uang Kas Negara Tujuan*
Tidak lucu sama sekali kalau teman mau beli kebab di jalanan tapi bayarnya pakai kartu kredit. Bagaimanapun siapkan uang denominasi negara tujuan, entah itu untuk memberi tip, membeli jajanan street food, atau sekedar main peruntungan. 

Photo courtesy of Freepik, Pixelraw, Pexels dan Pixabay

#travel #travelling #vacation #holiday #backpacking #travelagent #
5 Persiapan Penting Sebelum Liburan Entah itu liburan domestik maupun luar negeri, ada baiknya lho mempersiapkan hal-hal berikut agar liburanmu menyenangkan. Jangan sampai khayalmu untuk tampil keren buyar gegara lupa persiapan berikut. 1. Mengurus Passport & Visa Passport dan Visa adalah dua hal terpenting bagi teman yang ingin liburan ke luar negeri. Keduanya memakan waktu cukup lama. Pastikan setiap ketentuan visa dipenuhi agar liburanmu ke Paris bisa berjalan sempurna. Bagi perjalanan domestik, cukup bawa ktp dan sim saja ya. 2. Memilih Travel Agent Ada baiknya bagi pelancong pemula, memilih agensi perjalanan terpercaya. Pastikan budget dan itinerary perjalanan sesuai rencana. Harap memilih agensi perjalanan yang mengutamakan perjalanan bukan belanja. 3. Packing Barang Bawaan Barang-barang apa saja yang perlu dibawa. Pastikan bawa hal basic seperti baju, dokumen penting, obat-obatan, sunglasses, credit card, sneaker atau sandal. Untuk baju pastikan warna basic yang dibawa karena mudah untuk memadupadankan dengan outer. 4. Ketahui Adat & Aturan Setempat Jangan sampai berurusan dengan orang setempat atau aparat hukum. Pastikan teman jakartans mengetahui aturan dan adat yang berlaku di tempat tujuan. Adat penting karena akan menambah petualangan liburan teman semua. 5. Siapkan Uang Kas Negara Tujuan* Tidak lucu sama sekali kalau teman mau beli kebab di jalanan tapi bayarnya pakai kartu kredit. Bagaimanapun siapkan uang denominasi negara tujuan, entah itu untuk memberi tip, membeli jajanan street food, atau sekedar main peruntungan. Photo courtesy of Freepik, Pixelraw, Pexels dan Pixabay #travel #travelling #vacation #holiday #backpacking #travelagent #
2 years ago
View on Instagram |
3/6
3 FILOSOFI PENTING TENTANG UANG

Untuk mengelola keuangan pribadi, teman jakartans sebenarnya tidak butuh banyak nasehat canggih dari para pakar. Cukup pelajari 3 hal ini saja, maka keuangan teman jakartans akan baik-baik saja. Didasarkan pada buku best seller *The Psychology of Money* karya Morgan Housel

1. Tidak Ada Jalan Pintas
Jangan silau dengan kekayaan seseorang, semua ada waktunya. 
kalau teman jakartans ingin kaya maka bekerja dengan baik, saving secukupnya, investasi dengan baik, maka teman jakartans akan kaya dengan sendirinya. Ingat, kekayaan Warren Buffet hampir sebagian besar didapat ketika dia berusia 60 tahun.

2. Buang Jauh Pamer dan Gengsi
Kalau temans jakartans merasa menggunakan Lamborghini bisa membuat orang terkesan dan hormat, teman salah. Orang-orang sebenarnya terkesan dengan mobilnya bukan dengan teman jakartans. Cara tercepat untuk menghabiskan uang adalah membelanjakan uang agar orang lain terkesan. 

3. Dont Be Greedy
Enough is enough. Ada saatnya teman jakartans ketika mengumpulkan kekayaan mengenal kata cukup. Kekayaan sejati adalah anda memiliki kebebasan untuk berkata cukup. Rajat Gupta, investor Goldman Sachs harus mendekap di penjara karena rakus dengan dana investasi, padahal kekayaannya sudah lebih dari 100 juta US Dolar. 

#personalfinance #finance #morganhousel #psychologyofmoney #investment #money
3 FILOSOFI PENTING TENTANG UANG

Untuk mengelola keuangan pribadi, teman jakartans sebenarnya tidak butuh banyak nasehat canggih dari para pakar. Cukup pelajari 3 hal ini saja, maka keuangan teman jakartans akan baik-baik saja. Didasarkan pada buku best seller *The Psychology of Money* karya Morgan Housel

1. Tidak Ada Jalan Pintas
Jangan silau dengan kekayaan seseorang, semua ada waktunya. 
kalau teman jakartans ingin kaya maka bekerja dengan baik, saving secukupnya, investasi dengan baik, maka teman jakartans akan kaya dengan sendirinya. Ingat, kekayaan Warren Buffet hampir sebagian besar didapat ketika dia berusia 60 tahun.

2. Buang Jauh Pamer dan Gengsi
Kalau temans jakartans merasa menggunakan Lamborghini bisa membuat orang terkesan dan hormat, teman salah. Orang-orang sebenarnya terkesan dengan mobilnya bukan dengan teman jakartans. Cara tercepat untuk menghabiskan uang adalah membelanjakan uang agar orang lain terkesan. 

3. Dont Be Greedy
Enough is enough. Ada saatnya teman jakartans ketika mengumpulkan kekayaan mengenal kata cukup. Kekayaan sejati adalah anda memiliki kebebasan untuk berkata cukup. Rajat Gupta, investor Goldman Sachs harus mendekap di penjara karena rakus dengan dana investasi, padahal kekayaannya sudah lebih dari 100 juta US Dolar. 

#personalfinance #finance #morganhousel #psychologyofmoney #investment #money
3 FILOSOFI PENTING TENTANG UANG

Untuk mengelola keuangan pribadi, teman jakartans sebenarnya tidak butuh banyak nasehat canggih dari para pakar. Cukup pelajari 3 hal ini saja, maka keuangan teman jakartans akan baik-baik saja. Didasarkan pada buku best seller *The Psychology of Money* karya Morgan Housel

1. Tidak Ada Jalan Pintas
Jangan silau dengan kekayaan seseorang, semua ada waktunya. 
kalau teman jakartans ingin kaya maka bekerja dengan baik, saving secukupnya, investasi dengan baik, maka teman jakartans akan kaya dengan sendirinya. Ingat, kekayaan Warren Buffet hampir sebagian besar didapat ketika dia berusia 60 tahun.

2. Buang Jauh Pamer dan Gengsi
Kalau temans jakartans merasa menggunakan Lamborghini bisa membuat orang terkesan dan hormat, teman salah. Orang-orang sebenarnya terkesan dengan mobilnya bukan dengan teman jakartans. Cara tercepat untuk menghabiskan uang adalah membelanjakan uang agar orang lain terkesan. 

3. Dont Be Greedy
Enough is enough. Ada saatnya teman jakartans ketika mengumpulkan kekayaan mengenal kata cukup. Kekayaan sejati adalah anda memiliki kebebasan untuk berkata cukup. Rajat Gupta, investor Goldman Sachs harus mendekap di penjara karena rakus dengan dana investasi, padahal kekayaannya sudah lebih dari 100 juta US Dolar. 

#personalfinance #finance #morganhousel #psychologyofmoney #investment #money
3 FILOSOFI PENTING TENTANG UANG

Untuk mengelola keuangan pribadi, teman jakartans sebenarnya tidak butuh banyak nasehat canggih dari para pakar. Cukup pelajari 3 hal ini saja, maka keuangan teman jakartans akan baik-baik saja. Didasarkan pada buku best seller *The Psychology of Money* karya Morgan Housel

1. Tidak Ada Jalan Pintas
Jangan silau dengan kekayaan seseorang, semua ada waktunya. 
kalau teman jakartans ingin kaya maka bekerja dengan baik, saving secukupnya, investasi dengan baik, maka teman jakartans akan kaya dengan sendirinya. Ingat, kekayaan Warren Buffet hampir sebagian besar didapat ketika dia berusia 60 tahun.

2. Buang Jauh Pamer dan Gengsi
Kalau temans jakartans merasa menggunakan Lamborghini bisa membuat orang terkesan dan hormat, teman salah. Orang-orang sebenarnya terkesan dengan mobilnya bukan dengan teman jakartans. Cara tercepat untuk menghabiskan uang adalah membelanjakan uang agar orang lain terkesan. 

3. Dont Be Greedy
Enough is enough. Ada saatnya teman jakartans ketika mengumpulkan kekayaan mengenal kata cukup. Kekayaan sejati adalah anda memiliki kebebasan untuk berkata cukup. Rajat Gupta, investor Goldman Sachs harus mendekap di penjara karena rakus dengan dana investasi, padahal kekayaannya sudah lebih dari 100 juta US Dolar. 

#personalfinance #finance #morganhousel #psychologyofmoney #investment #money
3 FILOSOFI PENTING TENTANG UANG

Untuk mengelola keuangan pribadi, teman jakartans sebenarnya tidak butuh banyak nasehat canggih dari para pakar. Cukup pelajari 3 hal ini saja, maka keuangan teman jakartans akan baik-baik saja. Didasarkan pada buku best seller *The Psychology of Money* karya Morgan Housel

1. Tidak Ada Jalan Pintas
Jangan silau dengan kekayaan seseorang, semua ada waktunya. 
kalau teman jakartans ingin kaya maka bekerja dengan baik, saving secukupnya, investasi dengan baik, maka teman jakartans akan kaya dengan sendirinya. Ingat, kekayaan Warren Buffet hampir sebagian besar didapat ketika dia berusia 60 tahun.

2. Buang Jauh Pamer dan Gengsi
Kalau temans jakartans merasa menggunakan Lamborghini bisa membuat orang terkesan dan hormat, teman salah. Orang-orang sebenarnya terkesan dengan mobilnya bukan dengan teman jakartans. Cara tercepat untuk menghabiskan uang adalah membelanjakan uang agar orang lain terkesan. 

3. Dont Be Greedy
Enough is enough. Ada saatnya teman jakartans ketika mengumpulkan kekayaan mengenal kata cukup. Kekayaan sejati adalah anda memiliki kebebasan untuk berkata cukup. Rajat Gupta, investor Goldman Sachs harus mendekap di penjara karena rakus dengan dana investasi, padahal kekayaannya sudah lebih dari 100 juta US Dolar. 

#personalfinance #finance #morganhousel #psychologyofmoney #investment #money
3 FILOSOFI PENTING TENTANG UANG Untuk mengelola keuangan pribadi, teman jakartans sebenarnya tidak butuh banyak nasehat canggih dari para pakar. Cukup pelajari 3 hal ini saja, maka keuangan teman jakartans akan baik-baik saja. Didasarkan pada buku best seller *The Psychology of Money* karya Morgan Housel 1. Tidak Ada Jalan Pintas Jangan silau dengan kekayaan seseorang, semua ada waktunya. kalau teman jakartans ingin kaya maka bekerja dengan baik, saving secukupnya, investasi dengan baik, maka teman jakartans akan kaya dengan sendirinya. Ingat, kekayaan Warren Buffet hampir sebagian besar didapat ketika dia berusia 60 tahun. 2. Buang Jauh Pamer dan Gengsi Kalau temans jakartans merasa menggunakan Lamborghini bisa membuat orang terkesan dan hormat, teman salah. Orang-orang sebenarnya terkesan dengan mobilnya bukan dengan teman jakartans. Cara tercepat untuk menghabiskan uang adalah membelanjakan uang agar orang lain terkesan. 3. Dont Be Greedy Enough is enough. Ada saatnya teman jakartans ketika mengumpulkan kekayaan mengenal kata cukup. Kekayaan sejati adalah anda memiliki kebebasan untuk berkata cukup. Rajat Gupta, investor Goldman Sachs harus mendekap di penjara karena rakus dengan dana investasi, padahal kekayaannya sudah lebih dari 100 juta US Dolar. #personalfinance #finance #morganhousel #psychologyofmoney #investment #money
2 years ago
View on Instagram |
4/6
3 Keuntungan Memakai Uang Elektronik

Temans Jakartans pasti sering dong menggunakan uang elektronik, entah untuk membayar biaya toll, tiket transjakarta, mrt, membeli makanan dsb. Di abad dimana internet dan kecerdasan buatan dibutuhkan manusia, memiliki uang elektronik bukan sekadar perlu tapi juga butuh. 
Berikut beberapa keunggulan menggunakan uang elektronik. Psst nomor tiga yang paking dicari. 

#1 Praktis Anti Ribet
Salah satu alasan paling penting mengapa kita harus memiliki uang elektronik, yakni praktis. Teman Jakartans tidak perlu membawa banyak uang kertas untuk melakukan pembayaran, atau menerima kembalian dalam bentuk receh. 
Uang Elektronik memudahkan penggunanya untuk melakukan pembayaran dalam nominal kecil tanpa perlu repot memikirkan kembalian

#2 Transaksi Aman Tercatat Otomatis
Tidak perlu bingung untuk mengingat maupun mencari bukti transaksi uang elektronik anda. 
Selain aman, setiap penggunaan uang elektronik, bank penerbit maupun institusi keuangan penyedia memiliki database pencatatan yang secara otomatis bisa dilihat di akun teman Jakartans. 

#3 Promo Poin Cashback
Ini yang menjadi benefit paling menggiurkan, setiap penyedia jasa layanan uang elektronik berlomba-lomba memberikan promo potongan harga, cashback ataupun poin yang membuat transaksi teman Jakartans menjadi lebih hemat.

Gimana temans jakartans, masih belum beralih menggunakan uang elektronik. Ayo pakai uang elektronik.

Konten ini diproduksi untuk mendukung program inklusi keuangan Republik Indonesia. 

#cashlesssociety #inklusikeuangan #uangelektronik #emoney #cashback #financialliteracy #literasikeuangan #jakarta #thejakartans.
3 Keuntungan Memakai Uang Elektronik

Temans Jakartans pasti sering dong menggunakan uang elektronik, entah untuk membayar biaya toll, tiket transjakarta, mrt, membeli makanan dsb. Di abad dimana internet dan kecerdasan buatan dibutuhkan manusia, memiliki uang elektronik bukan sekadar perlu tapi juga butuh. 
Berikut beberapa keunggulan menggunakan uang elektronik. Psst nomor tiga yang paking dicari. 

#1 Praktis Anti Ribet
Salah satu alasan paling penting mengapa kita harus memiliki uang elektronik, yakni praktis. Teman Jakartans tidak perlu membawa banyak uang kertas untuk melakukan pembayaran, atau menerima kembalian dalam bentuk receh. 
Uang Elektronik memudahkan penggunanya untuk melakukan pembayaran dalam nominal kecil tanpa perlu repot memikirkan kembalian

#2 Transaksi Aman Tercatat Otomatis
Tidak perlu bingung untuk mengingat maupun mencari bukti transaksi uang elektronik anda. 
Selain aman, setiap penggunaan uang elektronik, bank penerbit maupun institusi keuangan penyedia memiliki database pencatatan yang secara otomatis bisa dilihat di akun teman Jakartans. 

#3 Promo Poin Cashback
Ini yang menjadi benefit paling menggiurkan, setiap penyedia jasa layanan uang elektronik berlomba-lomba memberikan promo potongan harga, cashback ataupun poin yang membuat transaksi teman Jakartans menjadi lebih hemat.

Gimana temans jakartans, masih belum beralih menggunakan uang elektronik. Ayo pakai uang elektronik.

Konten ini diproduksi untuk mendukung program inklusi keuangan Republik Indonesia. 

#cashlesssociety #inklusikeuangan #uangelektronik #emoney #cashback #financialliteracy #literasikeuangan #jakarta #thejakartans.
3 Keuntungan Memakai Uang Elektronik

Temans Jakartans pasti sering dong menggunakan uang elektronik, entah untuk membayar biaya toll, tiket transjakarta, mrt, membeli makanan dsb. Di abad dimana internet dan kecerdasan buatan dibutuhkan manusia, memiliki uang elektronik bukan sekadar perlu tapi juga butuh. 
Berikut beberapa keunggulan menggunakan uang elektronik. Psst nomor tiga yang paking dicari. 

#1 Praktis Anti Ribet
Salah satu alasan paling penting mengapa kita harus memiliki uang elektronik, yakni praktis. Teman Jakartans tidak perlu membawa banyak uang kertas untuk melakukan pembayaran, atau menerima kembalian dalam bentuk receh. 
Uang Elektronik memudahkan penggunanya untuk melakukan pembayaran dalam nominal kecil tanpa perlu repot memikirkan kembalian

#2 Transaksi Aman Tercatat Otomatis
Tidak perlu bingung untuk mengingat maupun mencari bukti transaksi uang elektronik anda. 
Selain aman, setiap penggunaan uang elektronik, bank penerbit maupun institusi keuangan penyedia memiliki database pencatatan yang secara otomatis bisa dilihat di akun teman Jakartans. 

#3 Promo Poin Cashback
Ini yang menjadi benefit paling menggiurkan, setiap penyedia jasa layanan uang elektronik berlomba-lomba memberikan promo potongan harga, cashback ataupun poin yang membuat transaksi teman Jakartans menjadi lebih hemat.

Gimana temans jakartans, masih belum beralih menggunakan uang elektronik. Ayo pakai uang elektronik.

Konten ini diproduksi untuk mendukung program inklusi keuangan Republik Indonesia. 

#cashlesssociety #inklusikeuangan #uangelektronik #emoney #cashback #financialliteracy #literasikeuangan #jakarta #thejakartans.
3 Keuntungan Memakai Uang Elektronik

Temans Jakartans pasti sering dong menggunakan uang elektronik, entah untuk membayar biaya toll, tiket transjakarta, mrt, membeli makanan dsb. Di abad dimana internet dan kecerdasan buatan dibutuhkan manusia, memiliki uang elektronik bukan sekadar perlu tapi juga butuh. 
Berikut beberapa keunggulan menggunakan uang elektronik. Psst nomor tiga yang paking dicari. 

#1 Praktis Anti Ribet
Salah satu alasan paling penting mengapa kita harus memiliki uang elektronik, yakni praktis. Teman Jakartans tidak perlu membawa banyak uang kertas untuk melakukan pembayaran, atau menerima kembalian dalam bentuk receh. 
Uang Elektronik memudahkan penggunanya untuk melakukan pembayaran dalam nominal kecil tanpa perlu repot memikirkan kembalian

#2 Transaksi Aman Tercatat Otomatis
Tidak perlu bingung untuk mengingat maupun mencari bukti transaksi uang elektronik anda. 
Selain aman, setiap penggunaan uang elektronik, bank penerbit maupun institusi keuangan penyedia memiliki database pencatatan yang secara otomatis bisa dilihat di akun teman Jakartans. 

#3 Promo Poin Cashback
Ini yang menjadi benefit paling menggiurkan, setiap penyedia jasa layanan uang elektronik berlomba-lomba memberikan promo potongan harga, cashback ataupun poin yang membuat transaksi teman Jakartans menjadi lebih hemat.

Gimana temans jakartans, masih belum beralih menggunakan uang elektronik. Ayo pakai uang elektronik.

Konten ini diproduksi untuk mendukung program inklusi keuangan Republik Indonesia. 

#cashlesssociety #inklusikeuangan #uangelektronik #emoney #cashback #financialliteracy #literasikeuangan #jakarta #thejakartans.
3 Keuntungan Memakai Uang Elektronik

Temans Jakartans pasti sering dong menggunakan uang elektronik, entah untuk membayar biaya toll, tiket transjakarta, mrt, membeli makanan dsb. Di abad dimana internet dan kecerdasan buatan dibutuhkan manusia, memiliki uang elektronik bukan sekadar perlu tapi juga butuh. 
Berikut beberapa keunggulan menggunakan uang elektronik. Psst nomor tiga yang paking dicari. 

#1 Praktis Anti Ribet
Salah satu alasan paling penting mengapa kita harus memiliki uang elektronik, yakni praktis. Teman Jakartans tidak perlu membawa banyak uang kertas untuk melakukan pembayaran, atau menerima kembalian dalam bentuk receh. 
Uang Elektronik memudahkan penggunanya untuk melakukan pembayaran dalam nominal kecil tanpa perlu repot memikirkan kembalian

#2 Transaksi Aman Tercatat Otomatis
Tidak perlu bingung untuk mengingat maupun mencari bukti transaksi uang elektronik anda. 
Selain aman, setiap penggunaan uang elektronik, bank penerbit maupun institusi keuangan penyedia memiliki database pencatatan yang secara otomatis bisa dilihat di akun teman Jakartans. 

#3 Promo Poin Cashback
Ini yang menjadi benefit paling menggiurkan, setiap penyedia jasa layanan uang elektronik berlomba-lomba memberikan promo potongan harga, cashback ataupun poin yang membuat transaksi teman Jakartans menjadi lebih hemat.

Gimana temans jakartans, masih belum beralih menggunakan uang elektronik. Ayo pakai uang elektronik.

Konten ini diproduksi untuk mendukung program inklusi keuangan Republik Indonesia. 

#cashlesssociety #inklusikeuangan #uangelektronik #emoney #cashback #financialliteracy #literasikeuangan #jakarta #thejakartans.
3 Keuntungan Memakai Uang Elektronik Temans Jakartans pasti sering dong menggunakan uang elektronik, entah untuk membayar biaya toll, tiket transjakarta, mrt, membeli makanan dsb. Di abad dimana internet dan kecerdasan buatan dibutuhkan manusia, memiliki uang elektronik bukan sekadar perlu tapi juga butuh. Berikut beberapa keunggulan menggunakan uang elektronik. Psst nomor tiga yang paking dicari. #1 Praktis Anti Ribet Salah satu alasan paling penting mengapa kita harus memiliki uang elektronik, yakni praktis. Teman Jakartans tidak perlu membawa banyak uang kertas untuk melakukan pembayaran, atau menerima kembalian dalam bentuk receh. Uang Elektronik memudahkan penggunanya untuk melakukan pembayaran dalam nominal kecil tanpa perlu repot memikirkan kembalian #2 Transaksi Aman Tercatat Otomatis Tidak perlu bingung untuk mengingat maupun mencari bukti transaksi uang elektronik anda. Selain aman, setiap penggunaan uang elektronik, bank penerbit maupun institusi keuangan penyedia memiliki database pencatatan yang secara otomatis bisa dilihat di akun teman Jakartans. #3 Promo Poin Cashback Ini yang menjadi benefit paling menggiurkan, setiap penyedia jasa layanan uang elektronik berlomba-lomba memberikan promo potongan harga, cashback ataupun poin yang membuat transaksi teman Jakartans menjadi lebih hemat. Gimana temans jakartans, masih belum beralih menggunakan uang elektronik. Ayo pakai uang elektronik. Konten ini diproduksi untuk mendukung program inklusi keuangan Republik Indonesia. #cashlesssociety #inklusikeuangan #uangelektronik #emoney #cashback #financialliteracy #literasikeuangan #jakarta #thejakartans.
3 years ago
View on Instagram |
5/6
3 Langkah Mudah Sukses Finansial

Tidak perlu menjadi Elon Musk untuk menjadi kaya, cukup ikuti tiga langkah praktis ini dan mulai hidup kaya dari sekarang.

#1. Pay Yourself First
Ganti istilah menabung dengan membayar dirimu sendiri dulu. 
Begitu dapat gaji, utamakan bayar dirimu terlebih dahulu baru bayar jasa orang lain. 

#2. Make it Automatic
Jangan membuat budget, tapi buat sistem autodebet  dari rekeningmu untuk membayar dirimu sendiri. 
Ingat sekecil apapun autodebet yang kamu lakukan lama-lama akan menjadi bukit. 

#3. Live Rich Now
Jalani hidup teman jakartans seperti biasa. Dalam satu tahun atau lima tahun kedepan, teman jakartans akan sukses secara finansial. Ambil kendali atas hidup anda sekarang juga!. 

Baca lengkap di http://thejakartans.com/tiga-langkah-mudah-menjadi-kaya/

#perencanaankeuangan #personalfinance #jakartans #temanjakarta #jakarta #wellness #wellbeing #finance
3 Langkah Mudah Sukses Finansial

Tidak perlu menjadi Elon Musk untuk menjadi kaya, cukup ikuti tiga langkah praktis ini dan mulai hidup kaya dari sekarang.

#1. Pay Yourself First
Ganti istilah menabung dengan membayar dirimu sendiri dulu. 
Begitu dapat gaji, utamakan bayar dirimu terlebih dahulu baru bayar jasa orang lain. 

#2. Make it Automatic
Jangan membuat budget, tapi buat sistem autodebet  dari rekeningmu untuk membayar dirimu sendiri. 
Ingat sekecil apapun autodebet yang kamu lakukan lama-lama akan menjadi bukit. 

#3. Live Rich Now
Jalani hidup teman jakartans seperti biasa. Dalam satu tahun atau lima tahun kedepan, teman jakartans akan sukses secara finansial. Ambil kendali atas hidup anda sekarang juga!. 

Baca lengkap di http://thejakartans.com/tiga-langkah-mudah-menjadi-kaya/

#perencanaankeuangan #personalfinance #jakartans #temanjakarta #jakarta #wellness #wellbeing #finance
3 Langkah Mudah Sukses Finansial

Tidak perlu menjadi Elon Musk untuk menjadi kaya, cukup ikuti tiga langkah praktis ini dan mulai hidup kaya dari sekarang.

#1. Pay Yourself First
Ganti istilah menabung dengan membayar dirimu sendiri dulu. 
Begitu dapat gaji, utamakan bayar dirimu terlebih dahulu baru bayar jasa orang lain. 

#2. Make it Automatic
Jangan membuat budget, tapi buat sistem autodebet  dari rekeningmu untuk membayar dirimu sendiri. 
Ingat sekecil apapun autodebet yang kamu lakukan lama-lama akan menjadi bukit. 

#3. Live Rich Now
Jalani hidup teman jakartans seperti biasa. Dalam satu tahun atau lima tahun kedepan, teman jakartans akan sukses secara finansial. Ambil kendali atas hidup anda sekarang juga!. 

Baca lengkap di http://thejakartans.com/tiga-langkah-mudah-menjadi-kaya/

#perencanaankeuangan #personalfinance #jakartans #temanjakarta #jakarta #wellness #wellbeing #finance
3 Langkah Mudah Sukses Finansial

Tidak perlu menjadi Elon Musk untuk menjadi kaya, cukup ikuti tiga langkah praktis ini dan mulai hidup kaya dari sekarang.

#1. Pay Yourself First
Ganti istilah menabung dengan membayar dirimu sendiri dulu. 
Begitu dapat gaji, utamakan bayar dirimu terlebih dahulu baru bayar jasa orang lain. 

#2. Make it Automatic
Jangan membuat budget, tapi buat sistem autodebet  dari rekeningmu untuk membayar dirimu sendiri. 
Ingat sekecil apapun autodebet yang kamu lakukan lama-lama akan menjadi bukit. 

#3. Live Rich Now
Jalani hidup teman jakartans seperti biasa. Dalam satu tahun atau lima tahun kedepan, teman jakartans akan sukses secara finansial. Ambil kendali atas hidup anda sekarang juga!. 

Baca lengkap di http://thejakartans.com/tiga-langkah-mudah-menjadi-kaya/

#perencanaankeuangan #personalfinance #jakartans #temanjakarta #jakarta #wellness #wellbeing #finance
3 Langkah Mudah Sukses Finansial

Tidak perlu menjadi Elon Musk untuk menjadi kaya, cukup ikuti tiga langkah praktis ini dan mulai hidup kaya dari sekarang.

#1. Pay Yourself First
Ganti istilah menabung dengan membayar dirimu sendiri dulu. 
Begitu dapat gaji, utamakan bayar dirimu terlebih dahulu baru bayar jasa orang lain. 

#2. Make it Automatic
Jangan membuat budget, tapi buat sistem autodebet  dari rekeningmu untuk membayar dirimu sendiri. 
Ingat sekecil apapun autodebet yang kamu lakukan lama-lama akan menjadi bukit. 

#3. Live Rich Now
Jalani hidup teman jakartans seperti biasa. Dalam satu tahun atau lima tahun kedepan, teman jakartans akan sukses secara finansial. Ambil kendali atas hidup anda sekarang juga!. 

Baca lengkap di http://thejakartans.com/tiga-langkah-mudah-menjadi-kaya/

#perencanaankeuangan #personalfinance #jakartans #temanjakarta #jakarta #wellness #wellbeing #finance
3 Langkah Mudah Sukses Finansial Tidak perlu menjadi Elon Musk untuk menjadi kaya, cukup ikuti tiga langkah praktis ini dan mulai hidup kaya dari sekarang. #1. Pay Yourself First Ganti istilah menabung dengan membayar dirimu sendiri dulu. Begitu dapat gaji, utamakan bayar dirimu terlebih dahulu baru bayar jasa orang lain. #2. Make it Automatic Jangan membuat budget, tapi buat sistem autodebet dari rekeningmu untuk membayar dirimu sendiri. Ingat sekecil apapun autodebet yang kamu lakukan lama-lama akan menjadi bukit. #3. Live Rich Now Jalani hidup teman jakartans seperti biasa. Dalam satu tahun atau lima tahun kedepan, teman jakartans akan sukses secara finansial. Ambil kendali atas hidup anda sekarang juga!. Baca lengkap di http://thejakartans.com/tiga-langkah-mudah-menjadi-kaya/ #perencanaankeuangan #personalfinance #jakartans #temanjakarta #jakarta #wellness #wellbeing #finance
3 years ago
View on Instagram |
6/6