Pelajaran Penting Tentang Keuangan

Penulis sedang menikmati teh sore ketika salah satu kerabat datang dan bercerita bahwa dirinya merasa ditipu dengan salah satu asuransi. Setiap bulan, uang pensiunnya dipotong untuk membayar asuransi dan investasi, dengan janji bahwa dia akan mendapatkan hasil investasinya setelah 3 tahun. Selang tiga tahun berjalan, kerabat saya datang ke asuransi tersebut untuk mencairkan investasinya, tak dinyana, financial planner nya menyarankan agar asuransi + investasinya (biasa disebut unit link) diperpanjang hingga 5 tahun agar nilai investasinya semakin besar, kerabat saya setuju saja.

Dalam kurun waktu lima tahun tersebut, kerabat saya tidak pernah klaim asuransi maupun mengubah klausul perjanjian. Hingga akhirnya ketika tiba waktu pencairan, nilai investasinya ternyata tidak sebesar yang dijanjikan, malah diberikan penjelasan klausul dan perhitungan rumit yang sepenuhnya tante saya tidak mengerti, dan bahkan ditawarkan perpanjangan lagi yang otomatis ditolak oleh tante saya. Dengan perasaan dongkol dan langkah gontai, tante pulang dan berpikir kok bisa ya ada produk asuransi + investasi yang ternyata malah menghanguskan uangnya.

Menjawab pertanyaan di atas, kerabat saya tidak sendiri, ternyata ada banyak ribuan untuk tidak mengatakan jutaan orang yang kepincut mendengar terma investasi dan tertarik menanamkan uangnya dengan harapan mendapatkan easy money, dan perilaku itu lumrah terjadi, “no one crazy” begitu kata Morgan Housel, penulis buku laris The Psychology of Money. Setiap orang menginginkan kekayaan dan kesejahteraan, serta gaya hidup yang ditampilkan di tv-tv. Dari sanalah mulai muncul produk-produk investasi yang menawarkan kehidupan yang lebih baik, nasehat dan filosofi keuangan bertebaran dimana-mana, muncul profesi financial advisor dan lain sebagainya. Morgan Housel mencatat, perkembangan yang sangat signifikan terjadi di dua hal, pertama medis dan kedua keuangan. But the question is apakah dengan perkambangan produk keuangan menghindarkan orang dari penipuan, meningkatkan kesejahteraan, dan lainnya. Jawabannya zero.

Frankly speaking, penulis selalu amaze dengan nasehat-nasehat keuangan yang dilontarkan oleh para financial planner atau financial advisor, mereka menggunakan istilah-istilah keuangan yang canggih dengan mengambil contoh sukses seseorang yang menampilkan kesejahteraan dengan iming-iming tawaran asuransi, investasi maupun hal-hal semacam itu. Tapi penulis tidak pernah menyaksikan orang-orang yang mengikuti nasehat financial planner menjadi sukses, yang ada berujung pada penipuan atau apapun semacam itu.

Penulis malah lebih menyukai nasehat-nasehat orang tua yang kemudian terbukti sukses membuat seorang anak sejahtera. Penulis menyukai kata-kata nenek Georgia dalam film Georgia Rule “You live here, you work” yang berarti bahwa seseorang harus bekerja agar bisa hidup. Ibu penulis selalu menasehati anaknya untuk menabung, jangan pernah berhutang, dan jangan hidup royal. Pertanyaannya, pernahkah teman Jakartans mendapatkan nasehat orang tua tentang bekerja, tentang uang, dan tentang kesejahteraan. Nasehat orang tua yang tidak lekang oleh waktu, walaupun mungkin kalah fancy dengan ajaran-ajaran sekarang, tapi entah kenapa justru nasehat tersebut terbukti benar dikemudian hari.

Di rangkum dari buku The Psychology of Money karya Morgan Housel, berikut adalah lima filosofi keuangan yang mungkin terdengar usang namun sejatinya inilah kebenaran hakiki tentang uang yang perlu untuk diketahui semua orang.

Mengelola Uang dengan Hati

Seperti yang penulis sebut di atas, produk-produk keuangan tiap hari muncul dengan beragam benefit yang menjanjikan, tapi itu semua tidak menjadikan dunia ini kemudian bebas dari penipuan, setiap hari muncul berita-berita penipuan keuangan mulai dari skala kecil hingga global. Orang-orang yang hari ini terlihat kaya besoknya bisa jadi bangkrut, padahal orang-orang ini adalah jebolan Wall Street yang ahli dalam penghitungan keuangan. Morgan Housel mengatakan mengelola keuangan lebih kepada emosi dibandingkan dengan angka-angka matematis. Orang yang mengelola keuangannya dengan hati, akan berakhir dengan baik walaupun mungkin dia tidak memiliki portfolio investasi, sementara orang yang mengelola keuangannya dengan angka-angka, biasanya terbuai dan akhirnya mengalami kebangkrutan walaupun dia memiliki sederetan sertifikat manajemen risiko maupun keuangan.

Memahami arti kata Cukup.

Apa yang membuat seorang Rajat Gupta, banker Goldman Sachs yang sukses menaiki tangga kesuksesan dunia keuangan New York akhirnya berakhir di penjara. Gupta tidak mengenal kata cukup. Gupta yang lahir di kota kumuh Kalkota, India sukses menaiki karirnya hingga menjadi CEO McKinsey, sebuah firma konsultasi global yang menahbiskannya menjadi seorang yang sukses di usia 40. Gupta lalu bergabung dengan jajaran investor Goldman Sachs, dan terus mencari celah untuk bisa duduk bersama jajaran Billionaire Club. Gupta lalu menemukan berbagai celah, untuk bisa mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya walaupun dia sudah memiliki kekayaan lebih dari 100 Juta US Dollar. Menggunakan insider trading, Gupta menciptakan demand fiktif yang memaksa orang-orang membeli saham. Praktiknya ini kemudian dibongkar oleh kepolisian federal dan Gupta meringkuk di penjara.

Orang-orang seperti Gupta, seperti kebanyakan yang lain adalah orang yang tidak mengerti akan kata cukup. Not Enough. Mereka inilah yang disebut dengan orang-orang Wall Street yang greedy dengan uang. Filosofi kedua tentang uang adalah mengerti akan kata cukup. Setiap orang berhak mendapatkan penghidupan dan usaha yang layak sehingga bisa hidup layak. Namun adakalanya juga manusia harus merasa cukup agar terhindar dari sikap rakus dan serakah.

Tidak ada Kaya dalam Semalam

Filosofi ketiga adalah, if you want to be rich, you got to work. Kalau kamu pingin kaya, kamu harus bekerja, tidak ada kekayaan yang datang dengan sendirinya. Tapi pada kenyataannya banyak yang terbuai ingin mendapatkan uang dengan gampang tanpa berlelah-lelah dan bekerja keras. Ini menjelaskan mengapa profesi-profesi seperti youtuber, influencer, artis, digandrungi. Arisan berhadiah jutaan juga digandrungi, investasi dengan return berkali-kali lipat juga banyak yang mau. Ini karena semuanya mengharapkan kaya dengan cepat. Padahal there is a price to pay.

You Don’t Need a Reason to Saving

Pelajaran keempat adalah apapun kondisinya, kamu harus menabung. Hal yang perlu untuk diketahui adalah bahwa kekayaan harus dipupuk dengan sabar, menabung sedikit demi sedikit, tidak perlu tergesa-gesa. Masalah terbesar adalah terkadang manusia suka membandingkan dirinya dengan orang lain yang membuat usaha seseorang terkadang terburu-buru dan tidak sabar. Kekayaan Warren Buffet sebesar 84 Miliar US Dollar, 81 Miliarnya didapat setelah usianya menginjak 65 tahun. Ronald Read, seorang janitor yang belakangan Namanya dikenang sebagai philanthropist, mewariskan kekayaan lebih dari 8 juta US Dollar setelah sebelumnya dia selalu menabung dari hasil pekerjaannya sebagai orang office boy.

Throw Away How to Impress

Ada alasan mengapa orang membeli baju bermerek, memakai jam mahal, menggunakan Lamborghini, dan menampilkan kekayaannya di linimasa Instagram. Sebenarnya mereka sedang flexing, mencoba mengimpresi, mencoba membuat pengikutnya terkesan sehingga anda mendapatkan respect dari mereka. Padahal respect didapat dari perilaku bukan dari kekayaan. Satu hal yang perlu diketahui, orang akan kagum dengan mobil mewah, bukan dengan pengendaranya. Jadi pelajaran terpenting, buang jauh-jauh keinginan untuk mengimpresi atau bahasa kerennya pencitraan. Cara tercepat menghabiskan uang adalah dengan menunjukkan ke orang-orang betapa kaya nya dirimu.

Saomi Rizqiyanto

A scholars who also an enterpreneur. Graduate from University of Indonesia and Lecturer at State Islamic University Jakarta. A founder and CEO of Masamitra, an independent media consultant.

If you like the article or freebies on this site please help us to be better version with giving commentaries share on social media or simply buy us a fresh espresso!

@thejakartansid
  • Semua hidangan yang sangat khas Ramadhan di Indonesia ini wajib untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Anak-anak muslim di seantero Indonesia, kebanyakan mengenal tradisi buka puasa Ramadhan dengan Kolak Pisang, Es Kelapa Muda, Bubur Kacang Hijau, ataupun Sop Buah. Oleh karenanya Kurma bukanlah pilihan utama walaupun banyak supermarket yang menjual buah ini. Indonesian Muslim prefer to have bananas rather than dates! Berikut adalah lima sajian khas buka puasa yang paling populer di Indonesia.

Kolak Pisang

Disajikan hangat ataupun dingin dengan tambahan kolang-kaling ataupun ubi, kolak pisang adalah daftar menu paling favorit bagi masyarakat Indonesia untuk berbuka puasa

Es Kelapa Muda

Es Kelapa Muda biasanya disajikan sebagai alternative menu buka puasa yang simple dan cukup populer. Es kelapa muda berada pada posisi minuman favorit karena segar, sedap dan cukup simple untuk disajikan. Ia bisa menjadi pelengkap bisa juga sebagai menu pembuka utama.

Cocktail Sop Buah

Makanan pembuka buka puasa ini disajikan dengan banyak potongan banyak buah-buahan, mulai dari melon, blewah, nangka, stroberi, anggur, rumput laut dsb. Kadang ada yang menggunakan susu carnation sebagai pemanis namun ada juga yang menggunakan air gula, semua tergantung selera.

Bubur Kacang Hijau

Bisa dijumpai di seantero Indonesia, bubur kacang hijau adalah makanan pembuka favorit bagi sebagian besar masyarakat. Makanan ini bisa menjadi pengganti dalam sebuah keluarga yang bosan dengan kolak pisang. Terbuat dengan bahan utama kacang hijau dan santan ini sangat nikmat bila disajikan hangat, apalagi jika santannya beraroma pandan, wah sangat ngangenin. Bisa diperkaya dengan ketan hitam.

Gorengan

Makanan ini adalah makanan pembuka pelengkap yang sepertinya wajib hadir karena menjadi alternative tatkala takjil habis, namun belum siap untuk makan besar. Gorengan bisa terdiri dari tempe, tahu, bakwan, dan perkedel. Rasanya yang gurih dan renyah menjadi teman sesaat setelah berbuka, setelah shalat maghrib ataupun sebagai menu berbuka makanan besar.

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa.

#happyfasting
#fastingmonth
#ramadankareem
#ramadhan
#bulanpuasa
#puasa
#indonesia
#takjil
  • MENGENAL BERAGAM VARIAN KURMA
Buah yang satu ini selain rasanya yang legit dan memiliki banyak kandungan serat dan nutrisi penting lainnya, ternyata juga merupakan kudapan favorit nabi lho. Kenalan dulu yuk dengan lima jenis varian buah kurma ini. 

Baca lengkap : https://thejakartans.com/mengenal-beragam-legitnya-kurma-saat-ramadhan/

#dates #kurma #ramadhan #medjool #dougletnour #ajwa #sukkari #ruthob
  • 5 Persiapan Penting Sebelum Liburan
Entah itu liburan domestik maupun luar negeri, ada baiknya lho mempersiapkan hal-hal berikut agar liburanmu menyenangkan. Jangan sampai khayalmu untuk tampil keren buyar gegara lupa persiapan berikut. 

1. Mengurus Passport & Visa
Passport dan Visa adalah dua hal terpenting bagi teman yang ingin liburan ke luar negeri. Keduanya memakan waktu cukup lama. Pastikan setiap ketentuan visa dipenuhi agar liburanmu ke Paris bisa berjalan sempurna. Bagi perjalanan domestik, cukup bawa ktp dan sim saja ya. 

2. Memilih Travel Agent
Ada baiknya bagi pelancong pemula, memilih agensi perjalanan terpercaya. Pastikan budget dan itinerary perjalanan sesuai rencana. Harap memilih agensi perjalanan yang mengutamakan perjalanan bukan belanja. 

3. Packing Barang Bawaan
Barang-barang apa saja yang perlu dibawa. Pastikan bawa hal basic seperti baju, dokumen penting, obat-obatan, sunglasses, credit card, sneaker atau sandal. Untuk baju pastikan warna basic yang dibawa karena mudah untuk memadupadankan dengan outer. 

4. Ketahui Adat & Aturan Setempat
Jangan sampai berurusan dengan orang setempat atau aparat hukum. Pastikan teman jakartans mengetahui aturan dan adat yang berlaku di tempat tujuan. Adat penting karena akan menambah petualangan liburan teman semua.

5. Siapkan Uang Kas Negara Tujuan*
Tidak lucu sama sekali kalau teman mau beli kebab di jalanan tapi bayarnya pakai kartu kredit. Bagaimanapun siapkan uang denominasi negara tujuan, entah itu untuk memberi tip, membeli jajanan street food, atau sekedar main peruntungan. 

Photo courtesy of Freepik, Pixelraw, Pexels dan Pixabay

#travel #travelling #vacation #holiday #backpacking #travelagent #
  • 3 FILOSOFI PENTING TENTANG UANG

Untuk mengelola keuangan pribadi, teman jakartans sebenarnya tidak butuh banyak nasehat canggih dari para pakar. Cukup pelajari 3 hal ini saja, maka keuangan teman jakartans akan baik-baik saja. Didasarkan pada buku best seller *The Psychology of Money* karya Morgan Housel

1. Tidak Ada Jalan Pintas
Jangan silau dengan kekayaan seseorang, semua ada waktunya. 
kalau teman jakartans ingin kaya maka bekerja dengan baik, saving secukupnya, investasi dengan baik, maka teman jakartans akan kaya dengan sendirinya. Ingat, kekayaan Warren Buffet hampir sebagian besar didapat ketika dia berusia 60 tahun.

2. Buang Jauh Pamer dan Gengsi
Kalau temans jakartans merasa menggunakan Lamborghini bisa membuat orang terkesan dan hormat, teman salah. Orang-orang sebenarnya terkesan dengan mobilnya bukan dengan teman jakartans. Cara tercepat untuk menghabiskan uang adalah membelanjakan uang agar orang lain terkesan. 

3. Dont Be Greedy
Enough is enough. Ada saatnya teman jakartans ketika mengumpulkan kekayaan mengenal kata cukup. Kekayaan sejati adalah anda memiliki kebebasan untuk berkata cukup. Rajat Gupta, investor Goldman Sachs harus mendekap di penjara karena rakus dengan dana investasi, padahal kekayaannya sudah lebih dari 100 juta US Dolar. 

#personalfinance #finance #morganhousel #psychologyofmoney #investment #money
  • 3 Keuntungan Memakai Uang Elektronik

Temans Jakartans pasti sering dong menggunakan uang elektronik, entah untuk membayar biaya toll, tiket transjakarta, mrt, membeli makanan dsb. Di abad dimana internet dan kecerdasan buatan dibutuhkan manusia, memiliki uang elektronik bukan sekadar perlu tapi juga butuh. 
Berikut beberapa keunggulan menggunakan uang elektronik. Psst nomor tiga yang paking dicari. 

#1 Praktis Anti Ribet
Salah satu alasan paling penting mengapa kita harus memiliki uang elektronik, yakni praktis. Teman Jakartans tidak perlu membawa banyak uang kertas untuk melakukan pembayaran, atau menerima kembalian dalam bentuk receh. 
Uang Elektronik memudahkan penggunanya untuk melakukan pembayaran dalam nominal kecil tanpa perlu repot memikirkan kembalian

#2 Transaksi Aman Tercatat Otomatis
Tidak perlu bingung untuk mengingat maupun mencari bukti transaksi uang elektronik anda. 
Selain aman, setiap penggunaan uang elektronik, bank penerbit maupun institusi keuangan penyedia memiliki database pencatatan yang secara otomatis bisa dilihat di akun teman Jakartans. 

#3 Promo Poin Cashback
Ini yang menjadi benefit paling menggiurkan, setiap penyedia jasa layanan uang elektronik berlomba-lomba memberikan promo potongan harga, cashback ataupun poin yang membuat transaksi teman Jakartans menjadi lebih hemat.

Gimana temans jakartans, masih belum beralih menggunakan uang elektronik. Ayo pakai uang elektronik.

Konten ini diproduksi untuk mendukung program inklusi keuangan Republik Indonesia. 

#cashlesssociety #inklusikeuangan #uangelektronik #emoney #cashback #financialliteracy #literasikeuangan #jakarta #thejakartans.
  • 3 Langkah Mudah Sukses Finansial

Tidak perlu menjadi Elon Musk untuk menjadi kaya, cukup ikuti tiga langkah praktis ini dan mulai hidup kaya dari sekarang.

#1. Pay Yourself First
Ganti istilah menabung dengan membayar dirimu sendiri dulu. 
Begitu dapat gaji, utamakan bayar dirimu terlebih dahulu baru bayar jasa orang lain. 

#2. Make it Automatic
Jangan membuat budget, tapi buat sistem autodebet  dari rekeningmu untuk membayar dirimu sendiri. 
Ingat sekecil apapun autodebet yang kamu lakukan lama-lama akan menjadi bukit. 

#3. Live Rich Now
Jalani hidup teman jakartans seperti biasa. Dalam satu tahun atau lima tahun kedepan, teman jakartans akan sukses secara finansial. Ambil kendali atas hidup anda sekarang juga!. 

Baca lengkap di http://thejakartans.com/tiga-langkah-mudah-menjadi-kaya/

#perencanaankeuangan #personalfinance #jakartans #temanjakarta #jakarta #wellness #wellbeing #finance
Semua hidangan yang sangat khas Ramadhan di Indonesia ini wajib untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Anak-anak muslim di seantero Indonesia, kebanyakan mengenal tradisi buka puasa Ramadhan dengan Kolak Pisang, Es Kelapa Muda, Bubur Kacang Hijau, ataupun Sop Buah. Oleh karenanya Kurma bukanlah pilihan utama walaupun banyak supermarket yang menjual buah ini. Indonesian Muslim prefer to have bananas rather than dates! Berikut adalah lima sajian khas buka puasa yang paling populer di Indonesia.

Kolak Pisang

Disajikan hangat ataupun dingin dengan tambahan kolang-kaling ataupun ubi, kolak pisang adalah daftar menu paling favorit bagi masyarakat Indonesia untuk berbuka puasa

Es Kelapa Muda

Es Kelapa Muda biasanya disajikan sebagai alternative menu buka puasa yang simple dan cukup populer. Es kelapa muda berada pada posisi minuman favorit karena segar, sedap dan cukup simple untuk disajikan. Ia bisa menjadi pelengkap bisa juga sebagai menu pembuka utama.

Cocktail Sop Buah

Makanan pembuka buka puasa ini disajikan dengan banyak potongan banyak buah-buahan, mulai dari melon, blewah, nangka, stroberi, anggur, rumput laut dsb. Kadang ada yang menggunakan susu carnation sebagai pemanis namun ada juga yang menggunakan air gula, semua tergantung selera.

Bubur Kacang Hijau

Bisa dijumpai di seantero Indonesia, bubur kacang hijau adalah makanan pembuka favorit bagi sebagian besar masyarakat. Makanan ini bisa menjadi pengganti dalam sebuah keluarga yang bosan dengan kolak pisang. Terbuat dengan bahan utama kacang hijau dan santan ini sangat nikmat bila disajikan hangat, apalagi jika santannya beraroma pandan, wah sangat ngangenin. Bisa diperkaya dengan ketan hitam.

Gorengan

Makanan ini adalah makanan pembuka pelengkap yang sepertinya wajib hadir karena menjadi alternative tatkala takjil habis, namun belum siap untuk makan besar. Gorengan bisa terdiri dari tempe, tahu, bakwan, dan perkedel. Rasanya yang gurih dan renyah menjadi teman sesaat setelah berbuka, setelah shalat maghrib ataupun sebagai menu berbuka makanan besar.

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa.

#happyfasting
#fastingmonth
#ramadankareem
#ramadhan
#bulanpuasa
#puasa
#indonesia
#takjil
Semua hidangan yang sangat khas Ramadhan di Indonesia ini wajib untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Anak-anak muslim di seantero Indonesia, kebanyakan mengenal tradisi buka puasa Ramadhan dengan Kolak Pisang, Es Kelapa Muda, Bubur Kacang Hijau, ataupun Sop Buah. Oleh karenanya Kurma bukanlah pilihan utama walaupun banyak supermarket yang menjual buah ini. Indonesian Muslim prefer to have bananas rather than dates! Berikut adalah lima sajian khas buka puasa yang paling populer di Indonesia.

Kolak Pisang

Disajikan hangat ataupun dingin dengan tambahan kolang-kaling ataupun ubi, kolak pisang adalah daftar menu paling favorit bagi masyarakat Indonesia untuk berbuka puasa

Es Kelapa Muda

Es Kelapa Muda biasanya disajikan sebagai alternative menu buka puasa yang simple dan cukup populer. Es kelapa muda berada pada posisi minuman favorit karena segar, sedap dan cukup simple untuk disajikan. Ia bisa menjadi pelengkap bisa juga sebagai menu pembuka utama.

Cocktail Sop Buah

Makanan pembuka buka puasa ini disajikan dengan banyak potongan banyak buah-buahan, mulai dari melon, blewah, nangka, stroberi, anggur, rumput laut dsb. Kadang ada yang menggunakan susu carnation sebagai pemanis namun ada juga yang menggunakan air gula, semua tergantung selera.

Bubur Kacang Hijau

Bisa dijumpai di seantero Indonesia, bubur kacang hijau adalah makanan pembuka favorit bagi sebagian besar masyarakat. Makanan ini bisa menjadi pengganti dalam sebuah keluarga yang bosan dengan kolak pisang. Terbuat dengan bahan utama kacang hijau dan santan ini sangat nikmat bila disajikan hangat, apalagi jika santannya beraroma pandan, wah sangat ngangenin. Bisa diperkaya dengan ketan hitam.

Gorengan

Makanan ini adalah makanan pembuka pelengkap yang sepertinya wajib hadir karena menjadi alternative tatkala takjil habis, namun belum siap untuk makan besar. Gorengan bisa terdiri dari tempe, tahu, bakwan, dan perkedel. Rasanya yang gurih dan renyah menjadi teman sesaat setelah berbuka, setelah shalat maghrib ataupun sebagai menu berbuka makanan besar.

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa.

#happyfasting
#fastingmonth
#ramadankareem
#ramadhan
#bulanpuasa
#puasa
#indonesia
#takjil
Semua hidangan yang sangat khas Ramadhan di Indonesia ini wajib untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Anak-anak muslim di seantero Indonesia, kebanyakan mengenal tradisi buka puasa Ramadhan dengan Kolak Pisang, Es Kelapa Muda, Bubur Kacang Hijau, ataupun Sop Buah. Oleh karenanya Kurma bukanlah pilihan utama walaupun banyak supermarket yang menjual buah ini. Indonesian Muslim prefer to have bananas rather than dates! Berikut adalah lima sajian khas buka puasa yang paling populer di Indonesia.

Kolak Pisang

Disajikan hangat ataupun dingin dengan tambahan kolang-kaling ataupun ubi, kolak pisang adalah daftar menu paling favorit bagi masyarakat Indonesia untuk berbuka puasa

Es Kelapa Muda

Es Kelapa Muda biasanya disajikan sebagai alternative menu buka puasa yang simple dan cukup populer. Es kelapa muda berada pada posisi minuman favorit karena segar, sedap dan cukup simple untuk disajikan. Ia bisa menjadi pelengkap bisa juga sebagai menu pembuka utama.

Cocktail Sop Buah

Makanan pembuka buka puasa ini disajikan dengan banyak potongan banyak buah-buahan, mulai dari melon, blewah, nangka, stroberi, anggur, rumput laut dsb. Kadang ada yang menggunakan susu carnation sebagai pemanis namun ada juga yang menggunakan air gula, semua tergantung selera.

Bubur Kacang Hijau

Bisa dijumpai di seantero Indonesia, bubur kacang hijau adalah makanan pembuka favorit bagi sebagian besar masyarakat. Makanan ini bisa menjadi pengganti dalam sebuah keluarga yang bosan dengan kolak pisang. Terbuat dengan bahan utama kacang hijau dan santan ini sangat nikmat bila disajikan hangat, apalagi jika santannya beraroma pandan, wah sangat ngangenin. Bisa diperkaya dengan ketan hitam.

Gorengan

Makanan ini adalah makanan pembuka pelengkap yang sepertinya wajib hadir karena menjadi alternative tatkala takjil habis, namun belum siap untuk makan besar. Gorengan bisa terdiri dari tempe, tahu, bakwan, dan perkedel. Rasanya yang gurih dan renyah menjadi teman sesaat setelah berbuka, setelah shalat maghrib ataupun sebagai menu berbuka makanan besar.

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa.

#happyfasting
#fastingmonth
#ramadankareem
#ramadhan
#bulanpuasa
#puasa
#indonesia
#takjil
Semua hidangan yang sangat khas Ramadhan di Indonesia ini wajib untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Anak-anak muslim di seantero Indonesia, kebanyakan mengenal tradisi buka puasa Ramadhan dengan Kolak Pisang, Es Kelapa Muda, Bubur Kacang Hijau, ataupun Sop Buah. Oleh karenanya Kurma bukanlah pilihan utama walaupun banyak supermarket yang menjual buah ini. Indonesian Muslim prefer to have bananas rather than dates! Berikut adalah lima sajian khas buka puasa yang paling populer di Indonesia.

Kolak Pisang

Disajikan hangat ataupun dingin dengan tambahan kolang-kaling ataupun ubi, kolak pisang adalah daftar menu paling favorit bagi masyarakat Indonesia untuk berbuka puasa

Es Kelapa Muda

Es Kelapa Muda biasanya disajikan sebagai alternative menu buka puasa yang simple dan cukup populer. Es kelapa muda berada pada posisi minuman favorit karena segar, sedap dan cukup simple untuk disajikan. Ia bisa menjadi pelengkap bisa juga sebagai menu pembuka utama.

Cocktail Sop Buah

Makanan pembuka buka puasa ini disajikan dengan banyak potongan banyak buah-buahan, mulai dari melon, blewah, nangka, stroberi, anggur, rumput laut dsb. Kadang ada yang menggunakan susu carnation sebagai pemanis namun ada juga yang menggunakan air gula, semua tergantung selera.

Bubur Kacang Hijau

Bisa dijumpai di seantero Indonesia, bubur kacang hijau adalah makanan pembuka favorit bagi sebagian besar masyarakat. Makanan ini bisa menjadi pengganti dalam sebuah keluarga yang bosan dengan kolak pisang. Terbuat dengan bahan utama kacang hijau dan santan ini sangat nikmat bila disajikan hangat, apalagi jika santannya beraroma pandan, wah sangat ngangenin. Bisa diperkaya dengan ketan hitam.

Gorengan

Makanan ini adalah makanan pembuka pelengkap yang sepertinya wajib hadir karena menjadi alternative tatkala takjil habis, namun belum siap untuk makan besar. Gorengan bisa terdiri dari tempe, tahu, bakwan, dan perkedel. Rasanya yang gurih dan renyah menjadi teman sesaat setelah berbuka, setelah shalat maghrib ataupun sebagai menu berbuka makanan besar.

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa.

#happyfasting
#fastingmonth
#ramadankareem
#ramadhan
#bulanpuasa
#puasa
#indonesia
#takjil
Semua hidangan yang sangat khas Ramadhan di Indonesia ini wajib untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Anak-anak muslim di seantero Indonesia, kebanyakan mengenal tradisi buka puasa Ramadhan dengan Kolak Pisang, Es Kelapa Muda, Bubur Kacang Hijau, ataupun Sop Buah. Oleh karenanya Kurma bukanlah pilihan utama walaupun banyak supermarket yang menjual buah ini. Indonesian Muslim prefer to have bananas rather than dates! Berikut adalah lima sajian khas buka puasa yang paling populer di Indonesia.

Kolak Pisang

Disajikan hangat ataupun dingin dengan tambahan kolang-kaling ataupun ubi, kolak pisang adalah daftar menu paling favorit bagi masyarakat Indonesia untuk berbuka puasa

Es Kelapa Muda

Es Kelapa Muda biasanya disajikan sebagai alternative menu buka puasa yang simple dan cukup populer. Es kelapa muda berada pada posisi minuman favorit karena segar, sedap dan cukup simple untuk disajikan. Ia bisa menjadi pelengkap bisa juga sebagai menu pembuka utama.

Cocktail Sop Buah

Makanan pembuka buka puasa ini disajikan dengan banyak potongan banyak buah-buahan, mulai dari melon, blewah, nangka, stroberi, anggur, rumput laut dsb. Kadang ada yang menggunakan susu carnation sebagai pemanis namun ada juga yang menggunakan air gula, semua tergantung selera.

Bubur Kacang Hijau

Bisa dijumpai di seantero Indonesia, bubur kacang hijau adalah makanan pembuka favorit bagi sebagian besar masyarakat. Makanan ini bisa menjadi pengganti dalam sebuah keluarga yang bosan dengan kolak pisang. Terbuat dengan bahan utama kacang hijau dan santan ini sangat nikmat bila disajikan hangat, apalagi jika santannya beraroma pandan, wah sangat ngangenin. Bisa diperkaya dengan ketan hitam.

Gorengan

Makanan ini adalah makanan pembuka pelengkap yang sepertinya wajib hadir karena menjadi alternative tatkala takjil habis, namun belum siap untuk makan besar. Gorengan bisa terdiri dari tempe, tahu, bakwan, dan perkedel. Rasanya yang gurih dan renyah menjadi teman sesaat setelah berbuka, setelah shalat maghrib ataupun sebagai menu berbuka makanan besar.

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa.

#happyfasting
#fastingmonth
#ramadankareem
#ramadhan
#bulanpuasa
#puasa
#indonesia
#takjil
Semua hidangan yang sangat khas Ramadhan di Indonesia ini wajib untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Anak-anak muslim di seantero Indonesia, kebanyakan mengenal tradisi buka puasa Ramadhan dengan Kolak Pisang, Es Kelapa Muda, Bubur Kacang Hijau, ataupun Sop Buah. Oleh karenanya Kurma bukanlah pilihan utama walaupun banyak supermarket yang menjual buah ini. Indonesian Muslim prefer to have bananas rather than dates! Berikut adalah lima sajian khas buka puasa yang paling populer di Indonesia.

Kolak Pisang

Disajikan hangat ataupun dingin dengan tambahan kolang-kaling ataupun ubi, kolak pisang adalah daftar menu paling favorit bagi masyarakat Indonesia untuk berbuka puasa

Es Kelapa Muda

Es Kelapa Muda biasanya disajikan sebagai alternative menu buka puasa yang simple dan cukup populer. Es kelapa muda berada pada posisi minuman favorit karena segar, sedap dan cukup simple untuk disajikan. Ia bisa menjadi pelengkap bisa juga sebagai menu pembuka utama.

Cocktail Sop Buah

Makanan pembuka buka puasa ini disajikan dengan banyak potongan banyak buah-buahan, mulai dari melon, blewah, nangka, stroberi, anggur, rumput laut dsb. Kadang ada yang menggunakan susu carnation sebagai pemanis namun ada juga yang menggunakan air gula, semua tergantung selera.

Bubur Kacang Hijau

Bisa dijumpai di seantero Indonesia, bubur kacang hijau adalah makanan pembuka favorit bagi sebagian besar masyarakat. Makanan ini bisa menjadi pengganti dalam sebuah keluarga yang bosan dengan kolak pisang. Terbuat dengan bahan utama kacang hijau dan santan ini sangat nikmat bila disajikan hangat, apalagi jika santannya beraroma pandan, wah sangat ngangenin. Bisa diperkaya dengan ketan hitam.

Gorengan

Makanan ini adalah makanan pembuka pelengkap yang sepertinya wajib hadir karena menjadi alternative tatkala takjil habis, namun belum siap untuk makan besar. Gorengan bisa terdiri dari tempe, tahu, bakwan, dan perkedel. Rasanya yang gurih dan renyah menjadi teman sesaat setelah berbuka, setelah shalat maghrib ataupun sebagai menu berbuka makanan besar.

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa.

#happyfasting
#fastingmonth
#ramadankareem
#ramadhan
#bulanpuasa
#puasa
#indonesia
#takjil
Semua hidangan yang sangat khas Ramadhan di Indonesia ini wajib untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Anak-anak muslim di seantero Indonesia, kebanyakan mengenal tradisi buka puasa Ramadhan dengan Kolak Pisang, Es Kelapa Muda, Bubur Kacang Hijau, ataupun Sop Buah. Oleh karenanya Kurma bukanlah pilihan utama walaupun banyak supermarket yang menjual buah ini. Indonesian Muslim prefer to have bananas rather than dates! Berikut adalah lima sajian khas buka puasa yang paling populer di Indonesia.

Kolak Pisang

Disajikan hangat ataupun dingin dengan tambahan kolang-kaling ataupun ubi, kolak pisang adalah daftar menu paling favorit bagi masyarakat Indonesia untuk berbuka puasa

Es Kelapa Muda

Es Kelapa Muda biasanya disajikan sebagai alternative menu buka puasa yang simple dan cukup populer. Es kelapa muda berada pada posisi minuman favorit karena segar, sedap dan cukup simple untuk disajikan. Ia bisa menjadi pelengkap bisa juga sebagai menu pembuka utama.

Cocktail Sop Buah

Makanan pembuka buka puasa ini disajikan dengan banyak potongan banyak buah-buahan, mulai dari melon, blewah, nangka, stroberi, anggur, rumput laut dsb. Kadang ada yang menggunakan susu carnation sebagai pemanis namun ada juga yang menggunakan air gula, semua tergantung selera.

Bubur Kacang Hijau

Bisa dijumpai di seantero Indonesia, bubur kacang hijau adalah makanan pembuka favorit bagi sebagian besar masyarakat. Makanan ini bisa menjadi pengganti dalam sebuah keluarga yang bosan dengan kolak pisang. Terbuat dengan bahan utama kacang hijau dan santan ini sangat nikmat bila disajikan hangat, apalagi jika santannya beraroma pandan, wah sangat ngangenin. Bisa diperkaya dengan ketan hitam.

Gorengan

Makanan ini adalah makanan pembuka pelengkap yang sepertinya wajib hadir karena menjadi alternative tatkala takjil habis, namun belum siap untuk makan besar. Gorengan bisa terdiri dari tempe, tahu, bakwan, dan perkedel. Rasanya yang gurih dan renyah menjadi teman sesaat setelah berbuka, setelah shalat maghrib ataupun sebagai menu berbuka makanan besar.

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa.

#happyfasting
#fastingmonth
#ramadankareem
#ramadhan
#bulanpuasa
#puasa
#indonesia
#takjil
Semua hidangan yang sangat khas Ramadhan di Indonesia ini wajib untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Anak-anak muslim di seantero Indonesia, kebanyakan mengenal tradisi buka puasa Ramadhan dengan Kolak Pisang, Es Kelapa Muda, Bubur Kacang Hijau, ataupun Sop Buah. Oleh karenanya Kurma bukanlah pilihan utama walaupun banyak supermarket yang menjual buah ini. Indonesian Muslim prefer to have bananas rather than dates! Berikut adalah lima sajian khas buka puasa yang paling populer di Indonesia. Kolak Pisang Disajikan hangat ataupun dingin dengan tambahan kolang-kaling ataupun ubi, kolak pisang adalah daftar menu paling favorit bagi masyarakat Indonesia untuk berbuka puasa Es Kelapa Muda Es Kelapa Muda biasanya disajikan sebagai alternative menu buka puasa yang simple dan cukup populer. Es kelapa muda berada pada posisi minuman favorit karena segar, sedap dan cukup simple untuk disajikan. Ia bisa menjadi pelengkap bisa juga sebagai menu pembuka utama. Cocktail Sop Buah Makanan pembuka buka puasa ini disajikan dengan banyak potongan banyak buah-buahan, mulai dari melon, blewah, nangka, stroberi, anggur, rumput laut dsb. Kadang ada yang menggunakan susu carnation sebagai pemanis namun ada juga yang menggunakan air gula, semua tergantung selera. Bubur Kacang Hijau Bisa dijumpai di seantero Indonesia, bubur kacang hijau adalah makanan pembuka favorit bagi sebagian besar masyarakat. Makanan ini bisa menjadi pengganti dalam sebuah keluarga yang bosan dengan kolak pisang. Terbuat dengan bahan utama kacang hijau dan santan ini sangat nikmat bila disajikan hangat, apalagi jika santannya beraroma pandan, wah sangat ngangenin. Bisa diperkaya dengan ketan hitam. Gorengan Makanan ini adalah makanan pembuka pelengkap yang sepertinya wajib hadir karena menjadi alternative tatkala takjil habis, namun belum siap untuk makan besar. Gorengan bisa terdiri dari tempe, tahu, bakwan, dan perkedel. Rasanya yang gurih dan renyah menjadi teman sesaat setelah berbuka, setelah shalat maghrib ataupun sebagai menu berbuka makanan besar. Selamat Menunaikan Ibadah Puasa. #happyfasting #fastingmonth #ramadankareem #ramadhan #bulanpuasa #puasa #indonesia #takjil
1 year ago
View on Instagram |
1/6
MENGENAL BERAGAM VARIAN KURMA
Buah yang satu ini selain rasanya yang legit dan memiliki banyak kandungan serat dan nutrisi penting lainnya, ternyata juga merupakan kudapan favorit nabi lho. Kenalan dulu yuk dengan lima jenis varian buah kurma ini. 

Baca lengkap : https://thejakartans.com/mengenal-beragam-legitnya-kurma-saat-ramadhan/

#dates #kurma #ramadhan #medjool #dougletnour #ajwa #sukkari #ruthob
MENGENAL BERAGAM VARIAN KURMA
Buah yang satu ini selain rasanya yang legit dan memiliki banyak kandungan serat dan nutrisi penting lainnya, ternyata juga merupakan kudapan favorit nabi lho. Kenalan dulu yuk dengan lima jenis varian buah kurma ini. 

Baca lengkap : https://thejakartans.com/mengenal-beragam-legitnya-kurma-saat-ramadhan/

#dates #kurma #ramadhan #medjool #dougletnour #ajwa #sukkari #ruthob
MENGENAL BERAGAM VARIAN KURMA
Buah yang satu ini selain rasanya yang legit dan memiliki banyak kandungan serat dan nutrisi penting lainnya, ternyata juga merupakan kudapan favorit nabi lho. Kenalan dulu yuk dengan lima jenis varian buah kurma ini. 

Baca lengkap : https://thejakartans.com/mengenal-beragam-legitnya-kurma-saat-ramadhan/

#dates #kurma #ramadhan #medjool #dougletnour #ajwa #sukkari #ruthob
MENGENAL BERAGAM VARIAN KURMA
Buah yang satu ini selain rasanya yang legit dan memiliki banyak kandungan serat dan nutrisi penting lainnya, ternyata juga merupakan kudapan favorit nabi lho. Kenalan dulu yuk dengan lima jenis varian buah kurma ini. 

Baca lengkap : https://thejakartans.com/mengenal-beragam-legitnya-kurma-saat-ramadhan/

#dates #kurma #ramadhan #medjool #dougletnour #ajwa #sukkari #ruthob
MENGENAL BERAGAM VARIAN KURMA
Buah yang satu ini selain rasanya yang legit dan memiliki banyak kandungan serat dan nutrisi penting lainnya, ternyata juga merupakan kudapan favorit nabi lho. Kenalan dulu yuk dengan lima jenis varian buah kurma ini. 

Baca lengkap : https://thejakartans.com/mengenal-beragam-legitnya-kurma-saat-ramadhan/

#dates #kurma #ramadhan #medjool #dougletnour #ajwa #sukkari #ruthob
MENGENAL BERAGAM VARIAN KURMA
Buah yang satu ini selain rasanya yang legit dan memiliki banyak kandungan serat dan nutrisi penting lainnya, ternyata juga merupakan kudapan favorit nabi lho. Kenalan dulu yuk dengan lima jenis varian buah kurma ini. 

Baca lengkap : https://thejakartans.com/mengenal-beragam-legitnya-kurma-saat-ramadhan/

#dates #kurma #ramadhan #medjool #dougletnour #ajwa #sukkari #ruthob
MENGENAL BERAGAM VARIAN KURMA
Buah yang satu ini selain rasanya yang legit dan memiliki banyak kandungan serat dan nutrisi penting lainnya, ternyata juga merupakan kudapan favorit nabi lho. Kenalan dulu yuk dengan lima jenis varian buah kurma ini. 

Baca lengkap : https://thejakartans.com/mengenal-beragam-legitnya-kurma-saat-ramadhan/

#dates #kurma #ramadhan #medjool #dougletnour #ajwa #sukkari #ruthob
MENGENAL BERAGAM VARIAN KURMA Buah yang satu ini selain rasanya yang legit dan memiliki banyak kandungan serat dan nutrisi penting lainnya, ternyata juga merupakan kudapan favorit nabi lho. Kenalan dulu yuk dengan lima jenis varian buah kurma ini. Baca lengkap : https://thejakartans.com/mengenal-beragam-legitnya-kurma-saat-ramadhan/ #dates #kurma #ramadhan #medjool #dougletnour #ajwa #sukkari #ruthob
2 years ago
View on Instagram |
2/6
5 Persiapan Penting Sebelum Liburan
Entah itu liburan domestik maupun luar negeri, ada baiknya lho mempersiapkan hal-hal berikut agar liburanmu menyenangkan. Jangan sampai khayalmu untuk tampil keren buyar gegara lupa persiapan berikut. 

1. Mengurus Passport & Visa
Passport dan Visa adalah dua hal terpenting bagi teman yang ingin liburan ke luar negeri. Keduanya memakan waktu cukup lama. Pastikan setiap ketentuan visa dipenuhi agar liburanmu ke Paris bisa berjalan sempurna. Bagi perjalanan domestik, cukup bawa ktp dan sim saja ya. 

2. Memilih Travel Agent
Ada baiknya bagi pelancong pemula, memilih agensi perjalanan terpercaya. Pastikan budget dan itinerary perjalanan sesuai rencana. Harap memilih agensi perjalanan yang mengutamakan perjalanan bukan belanja. 

3. Packing Barang Bawaan
Barang-barang apa saja yang perlu dibawa. Pastikan bawa hal basic seperti baju, dokumen penting, obat-obatan, sunglasses, credit card, sneaker atau sandal. Untuk baju pastikan warna basic yang dibawa karena mudah untuk memadupadankan dengan outer. 

4. Ketahui Adat & Aturan Setempat
Jangan sampai berurusan dengan orang setempat atau aparat hukum. Pastikan teman jakartans mengetahui aturan dan adat yang berlaku di tempat tujuan. Adat penting karena akan menambah petualangan liburan teman semua.

5. Siapkan Uang Kas Negara Tujuan*
Tidak lucu sama sekali kalau teman mau beli kebab di jalanan tapi bayarnya pakai kartu kredit. Bagaimanapun siapkan uang denominasi negara tujuan, entah itu untuk memberi tip, membeli jajanan street food, atau sekedar main peruntungan. 

Photo courtesy of Freepik, Pixelraw, Pexels dan Pixabay

#travel #travelling #vacation #holiday #backpacking #travelagent #
5 Persiapan Penting Sebelum Liburan
Entah itu liburan domestik maupun luar negeri, ada baiknya lho mempersiapkan hal-hal berikut agar liburanmu menyenangkan. Jangan sampai khayalmu untuk tampil keren buyar gegara lupa persiapan berikut. 

1. Mengurus Passport & Visa
Passport dan Visa adalah dua hal terpenting bagi teman yang ingin liburan ke luar negeri. Keduanya memakan waktu cukup lama. Pastikan setiap ketentuan visa dipenuhi agar liburanmu ke Paris bisa berjalan sempurna. Bagi perjalanan domestik, cukup bawa ktp dan sim saja ya. 

2. Memilih Travel Agent
Ada baiknya bagi pelancong pemula, memilih agensi perjalanan terpercaya. Pastikan budget dan itinerary perjalanan sesuai rencana. Harap memilih agensi perjalanan yang mengutamakan perjalanan bukan belanja. 

3. Packing Barang Bawaan
Barang-barang apa saja yang perlu dibawa. Pastikan bawa hal basic seperti baju, dokumen penting, obat-obatan, sunglasses, credit card, sneaker atau sandal. Untuk baju pastikan warna basic yang dibawa karena mudah untuk memadupadankan dengan outer. 

4. Ketahui Adat & Aturan Setempat
Jangan sampai berurusan dengan orang setempat atau aparat hukum. Pastikan teman jakartans mengetahui aturan dan adat yang berlaku di tempat tujuan. Adat penting karena akan menambah petualangan liburan teman semua.

5. Siapkan Uang Kas Negara Tujuan*
Tidak lucu sama sekali kalau teman mau beli kebab di jalanan tapi bayarnya pakai kartu kredit. Bagaimanapun siapkan uang denominasi negara tujuan, entah itu untuk memberi tip, membeli jajanan street food, atau sekedar main peruntungan. 

Photo courtesy of Freepik, Pixelraw, Pexels dan Pixabay

#travel #travelling #vacation #holiday #backpacking #travelagent #
5 Persiapan Penting Sebelum Liburan
Entah itu liburan domestik maupun luar negeri, ada baiknya lho mempersiapkan hal-hal berikut agar liburanmu menyenangkan. Jangan sampai khayalmu untuk tampil keren buyar gegara lupa persiapan berikut. 

1. Mengurus Passport & Visa
Passport dan Visa adalah dua hal terpenting bagi teman yang ingin liburan ke luar negeri. Keduanya memakan waktu cukup lama. Pastikan setiap ketentuan visa dipenuhi agar liburanmu ke Paris bisa berjalan sempurna. Bagi perjalanan domestik, cukup bawa ktp dan sim saja ya. 

2. Memilih Travel Agent
Ada baiknya bagi pelancong pemula, memilih agensi perjalanan terpercaya. Pastikan budget dan itinerary perjalanan sesuai rencana. Harap memilih agensi perjalanan yang mengutamakan perjalanan bukan belanja. 

3. Packing Barang Bawaan
Barang-barang apa saja yang perlu dibawa. Pastikan bawa hal basic seperti baju, dokumen penting, obat-obatan, sunglasses, credit card, sneaker atau sandal. Untuk baju pastikan warna basic yang dibawa karena mudah untuk memadupadankan dengan outer. 

4. Ketahui Adat & Aturan Setempat
Jangan sampai berurusan dengan orang setempat atau aparat hukum. Pastikan teman jakartans mengetahui aturan dan adat yang berlaku di tempat tujuan. Adat penting karena akan menambah petualangan liburan teman semua.

5. Siapkan Uang Kas Negara Tujuan*
Tidak lucu sama sekali kalau teman mau beli kebab di jalanan tapi bayarnya pakai kartu kredit. Bagaimanapun siapkan uang denominasi negara tujuan, entah itu untuk memberi tip, membeli jajanan street food, atau sekedar main peruntungan. 

Photo courtesy of Freepik, Pixelraw, Pexels dan Pixabay

#travel #travelling #vacation #holiday #backpacking #travelagent #
5 Persiapan Penting Sebelum Liburan
Entah itu liburan domestik maupun luar negeri, ada baiknya lho mempersiapkan hal-hal berikut agar liburanmu menyenangkan. Jangan sampai khayalmu untuk tampil keren buyar gegara lupa persiapan berikut. 

1. Mengurus Passport & Visa
Passport dan Visa adalah dua hal terpenting bagi teman yang ingin liburan ke luar negeri. Keduanya memakan waktu cukup lama. Pastikan setiap ketentuan visa dipenuhi agar liburanmu ke Paris bisa berjalan sempurna. Bagi perjalanan domestik, cukup bawa ktp dan sim saja ya. 

2. Memilih Travel Agent
Ada baiknya bagi pelancong pemula, memilih agensi perjalanan terpercaya. Pastikan budget dan itinerary perjalanan sesuai rencana. Harap memilih agensi perjalanan yang mengutamakan perjalanan bukan belanja. 

3. Packing Barang Bawaan
Barang-barang apa saja yang perlu dibawa. Pastikan bawa hal basic seperti baju, dokumen penting, obat-obatan, sunglasses, credit card, sneaker atau sandal. Untuk baju pastikan warna basic yang dibawa karena mudah untuk memadupadankan dengan outer. 

4. Ketahui Adat & Aturan Setempat
Jangan sampai berurusan dengan orang setempat atau aparat hukum. Pastikan teman jakartans mengetahui aturan dan adat yang berlaku di tempat tujuan. Adat penting karena akan menambah petualangan liburan teman semua.

5. Siapkan Uang Kas Negara Tujuan*
Tidak lucu sama sekali kalau teman mau beli kebab di jalanan tapi bayarnya pakai kartu kredit. Bagaimanapun siapkan uang denominasi negara tujuan, entah itu untuk memberi tip, membeli jajanan street food, atau sekedar main peruntungan. 

Photo courtesy of Freepik, Pixelraw, Pexels dan Pixabay

#travel #travelling #vacation #holiday #backpacking #travelagent #
5 Persiapan Penting Sebelum Liburan
Entah itu liburan domestik maupun luar negeri, ada baiknya lho mempersiapkan hal-hal berikut agar liburanmu menyenangkan. Jangan sampai khayalmu untuk tampil keren buyar gegara lupa persiapan berikut. 

1. Mengurus Passport & Visa
Passport dan Visa adalah dua hal terpenting bagi teman yang ingin liburan ke luar negeri. Keduanya memakan waktu cukup lama. Pastikan setiap ketentuan visa dipenuhi agar liburanmu ke Paris bisa berjalan sempurna. Bagi perjalanan domestik, cukup bawa ktp dan sim saja ya. 

2. Memilih Travel Agent
Ada baiknya bagi pelancong pemula, memilih agensi perjalanan terpercaya. Pastikan budget dan itinerary perjalanan sesuai rencana. Harap memilih agensi perjalanan yang mengutamakan perjalanan bukan belanja. 

3. Packing Barang Bawaan
Barang-barang apa saja yang perlu dibawa. Pastikan bawa hal basic seperti baju, dokumen penting, obat-obatan, sunglasses, credit card, sneaker atau sandal. Untuk baju pastikan warna basic yang dibawa karena mudah untuk memadupadankan dengan outer. 

4. Ketahui Adat & Aturan Setempat
Jangan sampai berurusan dengan orang setempat atau aparat hukum. Pastikan teman jakartans mengetahui aturan dan adat yang berlaku di tempat tujuan. Adat penting karena akan menambah petualangan liburan teman semua.

5. Siapkan Uang Kas Negara Tujuan*
Tidak lucu sama sekali kalau teman mau beli kebab di jalanan tapi bayarnya pakai kartu kredit. Bagaimanapun siapkan uang denominasi negara tujuan, entah itu untuk memberi tip, membeli jajanan street food, atau sekedar main peruntungan. 

Photo courtesy of Freepik, Pixelraw, Pexels dan Pixabay

#travel #travelling #vacation #holiday #backpacking #travelagent #
5 Persiapan Penting Sebelum Liburan
Entah itu liburan domestik maupun luar negeri, ada baiknya lho mempersiapkan hal-hal berikut agar liburanmu menyenangkan. Jangan sampai khayalmu untuk tampil keren buyar gegara lupa persiapan berikut. 

1. Mengurus Passport & Visa
Passport dan Visa adalah dua hal terpenting bagi teman yang ingin liburan ke luar negeri. Keduanya memakan waktu cukup lama. Pastikan setiap ketentuan visa dipenuhi agar liburanmu ke Paris bisa berjalan sempurna. Bagi perjalanan domestik, cukup bawa ktp dan sim saja ya. 

2. Memilih Travel Agent
Ada baiknya bagi pelancong pemula, memilih agensi perjalanan terpercaya. Pastikan budget dan itinerary perjalanan sesuai rencana. Harap memilih agensi perjalanan yang mengutamakan perjalanan bukan belanja. 

3. Packing Barang Bawaan
Barang-barang apa saja yang perlu dibawa. Pastikan bawa hal basic seperti baju, dokumen penting, obat-obatan, sunglasses, credit card, sneaker atau sandal. Untuk baju pastikan warna basic yang dibawa karena mudah untuk memadupadankan dengan outer. 

4. Ketahui Adat & Aturan Setempat
Jangan sampai berurusan dengan orang setempat atau aparat hukum. Pastikan teman jakartans mengetahui aturan dan adat yang berlaku di tempat tujuan. Adat penting karena akan menambah petualangan liburan teman semua.

5. Siapkan Uang Kas Negara Tujuan*
Tidak lucu sama sekali kalau teman mau beli kebab di jalanan tapi bayarnya pakai kartu kredit. Bagaimanapun siapkan uang denominasi negara tujuan, entah itu untuk memberi tip, membeli jajanan street food, atau sekedar main peruntungan. 

Photo courtesy of Freepik, Pixelraw, Pexels dan Pixabay

#travel #travelling #vacation #holiday #backpacking #travelagent #
5 Persiapan Penting Sebelum Liburan
Entah itu liburan domestik maupun luar negeri, ada baiknya lho mempersiapkan hal-hal berikut agar liburanmu menyenangkan. Jangan sampai khayalmu untuk tampil keren buyar gegara lupa persiapan berikut. 

1. Mengurus Passport & Visa
Passport dan Visa adalah dua hal terpenting bagi teman yang ingin liburan ke luar negeri. Keduanya memakan waktu cukup lama. Pastikan setiap ketentuan visa dipenuhi agar liburanmu ke Paris bisa berjalan sempurna. Bagi perjalanan domestik, cukup bawa ktp dan sim saja ya. 

2. Memilih Travel Agent
Ada baiknya bagi pelancong pemula, memilih agensi perjalanan terpercaya. Pastikan budget dan itinerary perjalanan sesuai rencana. Harap memilih agensi perjalanan yang mengutamakan perjalanan bukan belanja. 

3. Packing Barang Bawaan
Barang-barang apa saja yang perlu dibawa. Pastikan bawa hal basic seperti baju, dokumen penting, obat-obatan, sunglasses, credit card, sneaker atau sandal. Untuk baju pastikan warna basic yang dibawa karena mudah untuk memadupadankan dengan outer. 

4. Ketahui Adat & Aturan Setempat
Jangan sampai berurusan dengan orang setempat atau aparat hukum. Pastikan teman jakartans mengetahui aturan dan adat yang berlaku di tempat tujuan. Adat penting karena akan menambah petualangan liburan teman semua.

5. Siapkan Uang Kas Negara Tujuan*
Tidak lucu sama sekali kalau teman mau beli kebab di jalanan tapi bayarnya pakai kartu kredit. Bagaimanapun siapkan uang denominasi negara tujuan, entah itu untuk memberi tip, membeli jajanan street food, atau sekedar main peruntungan. 

Photo courtesy of Freepik, Pixelraw, Pexels dan Pixabay

#travel #travelling #vacation #holiday #backpacking #travelagent #
5 Persiapan Penting Sebelum Liburan Entah itu liburan domestik maupun luar negeri, ada baiknya lho mempersiapkan hal-hal berikut agar liburanmu menyenangkan. Jangan sampai khayalmu untuk tampil keren buyar gegara lupa persiapan berikut. 1. Mengurus Passport & Visa Passport dan Visa adalah dua hal terpenting bagi teman yang ingin liburan ke luar negeri. Keduanya memakan waktu cukup lama. Pastikan setiap ketentuan visa dipenuhi agar liburanmu ke Paris bisa berjalan sempurna. Bagi perjalanan domestik, cukup bawa ktp dan sim saja ya. 2. Memilih Travel Agent Ada baiknya bagi pelancong pemula, memilih agensi perjalanan terpercaya. Pastikan budget dan itinerary perjalanan sesuai rencana. Harap memilih agensi perjalanan yang mengutamakan perjalanan bukan belanja. 3. Packing Barang Bawaan Barang-barang apa saja yang perlu dibawa. Pastikan bawa hal basic seperti baju, dokumen penting, obat-obatan, sunglasses, credit card, sneaker atau sandal. Untuk baju pastikan warna basic yang dibawa karena mudah untuk memadupadankan dengan outer. 4. Ketahui Adat & Aturan Setempat Jangan sampai berurusan dengan orang setempat atau aparat hukum. Pastikan teman jakartans mengetahui aturan dan adat yang berlaku di tempat tujuan. Adat penting karena akan menambah petualangan liburan teman semua. 5. Siapkan Uang Kas Negara Tujuan* Tidak lucu sama sekali kalau teman mau beli kebab di jalanan tapi bayarnya pakai kartu kredit. Bagaimanapun siapkan uang denominasi negara tujuan, entah itu untuk memberi tip, membeli jajanan street food, atau sekedar main peruntungan. Photo courtesy of Freepik, Pixelraw, Pexels dan Pixabay #travel #travelling #vacation #holiday #backpacking #travelagent #
2 years ago
View on Instagram |
3/6
3 FILOSOFI PENTING TENTANG UANG

Untuk mengelola keuangan pribadi, teman jakartans sebenarnya tidak butuh banyak nasehat canggih dari para pakar. Cukup pelajari 3 hal ini saja, maka keuangan teman jakartans akan baik-baik saja. Didasarkan pada buku best seller *The Psychology of Money* karya Morgan Housel

1. Tidak Ada Jalan Pintas
Jangan silau dengan kekayaan seseorang, semua ada waktunya. 
kalau teman jakartans ingin kaya maka bekerja dengan baik, saving secukupnya, investasi dengan baik, maka teman jakartans akan kaya dengan sendirinya. Ingat, kekayaan Warren Buffet hampir sebagian besar didapat ketika dia berusia 60 tahun.

2. Buang Jauh Pamer dan Gengsi
Kalau temans jakartans merasa menggunakan Lamborghini bisa membuat orang terkesan dan hormat, teman salah. Orang-orang sebenarnya terkesan dengan mobilnya bukan dengan teman jakartans. Cara tercepat untuk menghabiskan uang adalah membelanjakan uang agar orang lain terkesan. 

3. Dont Be Greedy
Enough is enough. Ada saatnya teman jakartans ketika mengumpulkan kekayaan mengenal kata cukup. Kekayaan sejati adalah anda memiliki kebebasan untuk berkata cukup. Rajat Gupta, investor Goldman Sachs harus mendekap di penjara karena rakus dengan dana investasi, padahal kekayaannya sudah lebih dari 100 juta US Dolar. 

#personalfinance #finance #morganhousel #psychologyofmoney #investment #money
3 FILOSOFI PENTING TENTANG UANG

Untuk mengelola keuangan pribadi, teman jakartans sebenarnya tidak butuh banyak nasehat canggih dari para pakar. Cukup pelajari 3 hal ini saja, maka keuangan teman jakartans akan baik-baik saja. Didasarkan pada buku best seller *The Psychology of Money* karya Morgan Housel

1. Tidak Ada Jalan Pintas
Jangan silau dengan kekayaan seseorang, semua ada waktunya. 
kalau teman jakartans ingin kaya maka bekerja dengan baik, saving secukupnya, investasi dengan baik, maka teman jakartans akan kaya dengan sendirinya. Ingat, kekayaan Warren Buffet hampir sebagian besar didapat ketika dia berusia 60 tahun.

2. Buang Jauh Pamer dan Gengsi
Kalau temans jakartans merasa menggunakan Lamborghini bisa membuat orang terkesan dan hormat, teman salah. Orang-orang sebenarnya terkesan dengan mobilnya bukan dengan teman jakartans. Cara tercepat untuk menghabiskan uang adalah membelanjakan uang agar orang lain terkesan. 

3. Dont Be Greedy
Enough is enough. Ada saatnya teman jakartans ketika mengumpulkan kekayaan mengenal kata cukup. Kekayaan sejati adalah anda memiliki kebebasan untuk berkata cukup. Rajat Gupta, investor Goldman Sachs harus mendekap di penjara karena rakus dengan dana investasi, padahal kekayaannya sudah lebih dari 100 juta US Dolar. 

#personalfinance #finance #morganhousel #psychologyofmoney #investment #money
3 FILOSOFI PENTING TENTANG UANG

Untuk mengelola keuangan pribadi, teman jakartans sebenarnya tidak butuh banyak nasehat canggih dari para pakar. Cukup pelajari 3 hal ini saja, maka keuangan teman jakartans akan baik-baik saja. Didasarkan pada buku best seller *The Psychology of Money* karya Morgan Housel

1. Tidak Ada Jalan Pintas
Jangan silau dengan kekayaan seseorang, semua ada waktunya. 
kalau teman jakartans ingin kaya maka bekerja dengan baik, saving secukupnya, investasi dengan baik, maka teman jakartans akan kaya dengan sendirinya. Ingat, kekayaan Warren Buffet hampir sebagian besar didapat ketika dia berusia 60 tahun.

2. Buang Jauh Pamer dan Gengsi
Kalau temans jakartans merasa menggunakan Lamborghini bisa membuat orang terkesan dan hormat, teman salah. Orang-orang sebenarnya terkesan dengan mobilnya bukan dengan teman jakartans. Cara tercepat untuk menghabiskan uang adalah membelanjakan uang agar orang lain terkesan. 

3. Dont Be Greedy
Enough is enough. Ada saatnya teman jakartans ketika mengumpulkan kekayaan mengenal kata cukup. Kekayaan sejati adalah anda memiliki kebebasan untuk berkata cukup. Rajat Gupta, investor Goldman Sachs harus mendekap di penjara karena rakus dengan dana investasi, padahal kekayaannya sudah lebih dari 100 juta US Dolar. 

#personalfinance #finance #morganhousel #psychologyofmoney #investment #money
3 FILOSOFI PENTING TENTANG UANG

Untuk mengelola keuangan pribadi, teman jakartans sebenarnya tidak butuh banyak nasehat canggih dari para pakar. Cukup pelajari 3 hal ini saja, maka keuangan teman jakartans akan baik-baik saja. Didasarkan pada buku best seller *The Psychology of Money* karya Morgan Housel

1. Tidak Ada Jalan Pintas
Jangan silau dengan kekayaan seseorang, semua ada waktunya. 
kalau teman jakartans ingin kaya maka bekerja dengan baik, saving secukupnya, investasi dengan baik, maka teman jakartans akan kaya dengan sendirinya. Ingat, kekayaan Warren Buffet hampir sebagian besar didapat ketika dia berusia 60 tahun.

2. Buang Jauh Pamer dan Gengsi
Kalau temans jakartans merasa menggunakan Lamborghini bisa membuat orang terkesan dan hormat, teman salah. Orang-orang sebenarnya terkesan dengan mobilnya bukan dengan teman jakartans. Cara tercepat untuk menghabiskan uang adalah membelanjakan uang agar orang lain terkesan. 

3. Dont Be Greedy
Enough is enough. Ada saatnya teman jakartans ketika mengumpulkan kekayaan mengenal kata cukup. Kekayaan sejati adalah anda memiliki kebebasan untuk berkata cukup. Rajat Gupta, investor Goldman Sachs harus mendekap di penjara karena rakus dengan dana investasi, padahal kekayaannya sudah lebih dari 100 juta US Dolar. 

#personalfinance #finance #morganhousel #psychologyofmoney #investment #money
3 FILOSOFI PENTING TENTANG UANG

Untuk mengelola keuangan pribadi, teman jakartans sebenarnya tidak butuh banyak nasehat canggih dari para pakar. Cukup pelajari 3 hal ini saja, maka keuangan teman jakartans akan baik-baik saja. Didasarkan pada buku best seller *The Psychology of Money* karya Morgan Housel

1. Tidak Ada Jalan Pintas
Jangan silau dengan kekayaan seseorang, semua ada waktunya. 
kalau teman jakartans ingin kaya maka bekerja dengan baik, saving secukupnya, investasi dengan baik, maka teman jakartans akan kaya dengan sendirinya. Ingat, kekayaan Warren Buffet hampir sebagian besar didapat ketika dia berusia 60 tahun.

2. Buang Jauh Pamer dan Gengsi
Kalau temans jakartans merasa menggunakan Lamborghini bisa membuat orang terkesan dan hormat, teman salah. Orang-orang sebenarnya terkesan dengan mobilnya bukan dengan teman jakartans. Cara tercepat untuk menghabiskan uang adalah membelanjakan uang agar orang lain terkesan. 

3. Dont Be Greedy
Enough is enough. Ada saatnya teman jakartans ketika mengumpulkan kekayaan mengenal kata cukup. Kekayaan sejati adalah anda memiliki kebebasan untuk berkata cukup. Rajat Gupta, investor Goldman Sachs harus mendekap di penjara karena rakus dengan dana investasi, padahal kekayaannya sudah lebih dari 100 juta US Dolar. 

#personalfinance #finance #morganhousel #psychologyofmoney #investment #money
3 FILOSOFI PENTING TENTANG UANG Untuk mengelola keuangan pribadi, teman jakartans sebenarnya tidak butuh banyak nasehat canggih dari para pakar. Cukup pelajari 3 hal ini saja, maka keuangan teman jakartans akan baik-baik saja. Didasarkan pada buku best seller *The Psychology of Money* karya Morgan Housel 1. Tidak Ada Jalan Pintas Jangan silau dengan kekayaan seseorang, semua ada waktunya. kalau teman jakartans ingin kaya maka bekerja dengan baik, saving secukupnya, investasi dengan baik, maka teman jakartans akan kaya dengan sendirinya. Ingat, kekayaan Warren Buffet hampir sebagian besar didapat ketika dia berusia 60 tahun. 2. Buang Jauh Pamer dan Gengsi Kalau temans jakartans merasa menggunakan Lamborghini bisa membuat orang terkesan dan hormat, teman salah. Orang-orang sebenarnya terkesan dengan mobilnya bukan dengan teman jakartans. Cara tercepat untuk menghabiskan uang adalah membelanjakan uang agar orang lain terkesan. 3. Dont Be Greedy Enough is enough. Ada saatnya teman jakartans ketika mengumpulkan kekayaan mengenal kata cukup. Kekayaan sejati adalah anda memiliki kebebasan untuk berkata cukup. Rajat Gupta, investor Goldman Sachs harus mendekap di penjara karena rakus dengan dana investasi, padahal kekayaannya sudah lebih dari 100 juta US Dolar. #personalfinance #finance #morganhousel #psychologyofmoney #investment #money
2 years ago
View on Instagram |
4/6
3 Keuntungan Memakai Uang Elektronik

Temans Jakartans pasti sering dong menggunakan uang elektronik, entah untuk membayar biaya toll, tiket transjakarta, mrt, membeli makanan dsb. Di abad dimana internet dan kecerdasan buatan dibutuhkan manusia, memiliki uang elektronik bukan sekadar perlu tapi juga butuh. 
Berikut beberapa keunggulan menggunakan uang elektronik. Psst nomor tiga yang paking dicari. 

#1 Praktis Anti Ribet
Salah satu alasan paling penting mengapa kita harus memiliki uang elektronik, yakni praktis. Teman Jakartans tidak perlu membawa banyak uang kertas untuk melakukan pembayaran, atau menerima kembalian dalam bentuk receh. 
Uang Elektronik memudahkan penggunanya untuk melakukan pembayaran dalam nominal kecil tanpa perlu repot memikirkan kembalian

#2 Transaksi Aman Tercatat Otomatis
Tidak perlu bingung untuk mengingat maupun mencari bukti transaksi uang elektronik anda. 
Selain aman, setiap penggunaan uang elektronik, bank penerbit maupun institusi keuangan penyedia memiliki database pencatatan yang secara otomatis bisa dilihat di akun teman Jakartans. 

#3 Promo Poin Cashback
Ini yang menjadi benefit paling menggiurkan, setiap penyedia jasa layanan uang elektronik berlomba-lomba memberikan promo potongan harga, cashback ataupun poin yang membuat transaksi teman Jakartans menjadi lebih hemat.

Gimana temans jakartans, masih belum beralih menggunakan uang elektronik. Ayo pakai uang elektronik.

Konten ini diproduksi untuk mendukung program inklusi keuangan Republik Indonesia. 

#cashlesssociety #inklusikeuangan #uangelektronik #emoney #cashback #financialliteracy #literasikeuangan #jakarta #thejakartans.
3 Keuntungan Memakai Uang Elektronik

Temans Jakartans pasti sering dong menggunakan uang elektronik, entah untuk membayar biaya toll, tiket transjakarta, mrt, membeli makanan dsb. Di abad dimana internet dan kecerdasan buatan dibutuhkan manusia, memiliki uang elektronik bukan sekadar perlu tapi juga butuh. 
Berikut beberapa keunggulan menggunakan uang elektronik. Psst nomor tiga yang paking dicari. 

#1 Praktis Anti Ribet
Salah satu alasan paling penting mengapa kita harus memiliki uang elektronik, yakni praktis. Teman Jakartans tidak perlu membawa banyak uang kertas untuk melakukan pembayaran, atau menerima kembalian dalam bentuk receh. 
Uang Elektronik memudahkan penggunanya untuk melakukan pembayaran dalam nominal kecil tanpa perlu repot memikirkan kembalian

#2 Transaksi Aman Tercatat Otomatis
Tidak perlu bingung untuk mengingat maupun mencari bukti transaksi uang elektronik anda. 
Selain aman, setiap penggunaan uang elektronik, bank penerbit maupun institusi keuangan penyedia memiliki database pencatatan yang secara otomatis bisa dilihat di akun teman Jakartans. 

#3 Promo Poin Cashback
Ini yang menjadi benefit paling menggiurkan, setiap penyedia jasa layanan uang elektronik berlomba-lomba memberikan promo potongan harga, cashback ataupun poin yang membuat transaksi teman Jakartans menjadi lebih hemat.

Gimana temans jakartans, masih belum beralih menggunakan uang elektronik. Ayo pakai uang elektronik.

Konten ini diproduksi untuk mendukung program inklusi keuangan Republik Indonesia. 

#cashlesssociety #inklusikeuangan #uangelektronik #emoney #cashback #financialliteracy #literasikeuangan #jakarta #thejakartans.
3 Keuntungan Memakai Uang Elektronik

Temans Jakartans pasti sering dong menggunakan uang elektronik, entah untuk membayar biaya toll, tiket transjakarta, mrt, membeli makanan dsb. Di abad dimana internet dan kecerdasan buatan dibutuhkan manusia, memiliki uang elektronik bukan sekadar perlu tapi juga butuh. 
Berikut beberapa keunggulan menggunakan uang elektronik. Psst nomor tiga yang paking dicari. 

#1 Praktis Anti Ribet
Salah satu alasan paling penting mengapa kita harus memiliki uang elektronik, yakni praktis. Teman Jakartans tidak perlu membawa banyak uang kertas untuk melakukan pembayaran, atau menerima kembalian dalam bentuk receh. 
Uang Elektronik memudahkan penggunanya untuk melakukan pembayaran dalam nominal kecil tanpa perlu repot memikirkan kembalian

#2 Transaksi Aman Tercatat Otomatis
Tidak perlu bingung untuk mengingat maupun mencari bukti transaksi uang elektronik anda. 
Selain aman, setiap penggunaan uang elektronik, bank penerbit maupun institusi keuangan penyedia memiliki database pencatatan yang secara otomatis bisa dilihat di akun teman Jakartans. 

#3 Promo Poin Cashback
Ini yang menjadi benefit paling menggiurkan, setiap penyedia jasa layanan uang elektronik berlomba-lomba memberikan promo potongan harga, cashback ataupun poin yang membuat transaksi teman Jakartans menjadi lebih hemat.

Gimana temans jakartans, masih belum beralih menggunakan uang elektronik. Ayo pakai uang elektronik.

Konten ini diproduksi untuk mendukung program inklusi keuangan Republik Indonesia. 

#cashlesssociety #inklusikeuangan #uangelektronik #emoney #cashback #financialliteracy #literasikeuangan #jakarta #thejakartans.
3 Keuntungan Memakai Uang Elektronik

Temans Jakartans pasti sering dong menggunakan uang elektronik, entah untuk membayar biaya toll, tiket transjakarta, mrt, membeli makanan dsb. Di abad dimana internet dan kecerdasan buatan dibutuhkan manusia, memiliki uang elektronik bukan sekadar perlu tapi juga butuh. 
Berikut beberapa keunggulan menggunakan uang elektronik. Psst nomor tiga yang paking dicari. 

#1 Praktis Anti Ribet
Salah satu alasan paling penting mengapa kita harus memiliki uang elektronik, yakni praktis. Teman Jakartans tidak perlu membawa banyak uang kertas untuk melakukan pembayaran, atau menerima kembalian dalam bentuk receh. 
Uang Elektronik memudahkan penggunanya untuk melakukan pembayaran dalam nominal kecil tanpa perlu repot memikirkan kembalian

#2 Transaksi Aman Tercatat Otomatis
Tidak perlu bingung untuk mengingat maupun mencari bukti transaksi uang elektronik anda. 
Selain aman, setiap penggunaan uang elektronik, bank penerbit maupun institusi keuangan penyedia memiliki database pencatatan yang secara otomatis bisa dilihat di akun teman Jakartans. 

#3 Promo Poin Cashback
Ini yang menjadi benefit paling menggiurkan, setiap penyedia jasa layanan uang elektronik berlomba-lomba memberikan promo potongan harga, cashback ataupun poin yang membuat transaksi teman Jakartans menjadi lebih hemat.

Gimana temans jakartans, masih belum beralih menggunakan uang elektronik. Ayo pakai uang elektronik.

Konten ini diproduksi untuk mendukung program inklusi keuangan Republik Indonesia. 

#cashlesssociety #inklusikeuangan #uangelektronik #emoney #cashback #financialliteracy #literasikeuangan #jakarta #thejakartans.
3 Keuntungan Memakai Uang Elektronik

Temans Jakartans pasti sering dong menggunakan uang elektronik, entah untuk membayar biaya toll, tiket transjakarta, mrt, membeli makanan dsb. Di abad dimana internet dan kecerdasan buatan dibutuhkan manusia, memiliki uang elektronik bukan sekadar perlu tapi juga butuh. 
Berikut beberapa keunggulan menggunakan uang elektronik. Psst nomor tiga yang paking dicari. 

#1 Praktis Anti Ribet
Salah satu alasan paling penting mengapa kita harus memiliki uang elektronik, yakni praktis. Teman Jakartans tidak perlu membawa banyak uang kertas untuk melakukan pembayaran, atau menerima kembalian dalam bentuk receh. 
Uang Elektronik memudahkan penggunanya untuk melakukan pembayaran dalam nominal kecil tanpa perlu repot memikirkan kembalian

#2 Transaksi Aman Tercatat Otomatis
Tidak perlu bingung untuk mengingat maupun mencari bukti transaksi uang elektronik anda. 
Selain aman, setiap penggunaan uang elektronik, bank penerbit maupun institusi keuangan penyedia memiliki database pencatatan yang secara otomatis bisa dilihat di akun teman Jakartans. 

#3 Promo Poin Cashback
Ini yang menjadi benefit paling menggiurkan, setiap penyedia jasa layanan uang elektronik berlomba-lomba memberikan promo potongan harga, cashback ataupun poin yang membuat transaksi teman Jakartans menjadi lebih hemat.

Gimana temans jakartans, masih belum beralih menggunakan uang elektronik. Ayo pakai uang elektronik.

Konten ini diproduksi untuk mendukung program inklusi keuangan Republik Indonesia. 

#cashlesssociety #inklusikeuangan #uangelektronik #emoney #cashback #financialliteracy #literasikeuangan #jakarta #thejakartans.
3 Keuntungan Memakai Uang Elektronik Temans Jakartans pasti sering dong menggunakan uang elektronik, entah untuk membayar biaya toll, tiket transjakarta, mrt, membeli makanan dsb. Di abad dimana internet dan kecerdasan buatan dibutuhkan manusia, memiliki uang elektronik bukan sekadar perlu tapi juga butuh. Berikut beberapa keunggulan menggunakan uang elektronik. Psst nomor tiga yang paking dicari. #1 Praktis Anti Ribet Salah satu alasan paling penting mengapa kita harus memiliki uang elektronik, yakni praktis. Teman Jakartans tidak perlu membawa banyak uang kertas untuk melakukan pembayaran, atau menerima kembalian dalam bentuk receh. Uang Elektronik memudahkan penggunanya untuk melakukan pembayaran dalam nominal kecil tanpa perlu repot memikirkan kembalian #2 Transaksi Aman Tercatat Otomatis Tidak perlu bingung untuk mengingat maupun mencari bukti transaksi uang elektronik anda. Selain aman, setiap penggunaan uang elektronik, bank penerbit maupun institusi keuangan penyedia memiliki database pencatatan yang secara otomatis bisa dilihat di akun teman Jakartans. #3 Promo Poin Cashback Ini yang menjadi benefit paling menggiurkan, setiap penyedia jasa layanan uang elektronik berlomba-lomba memberikan promo potongan harga, cashback ataupun poin yang membuat transaksi teman Jakartans menjadi lebih hemat. Gimana temans jakartans, masih belum beralih menggunakan uang elektronik. Ayo pakai uang elektronik. Konten ini diproduksi untuk mendukung program inklusi keuangan Republik Indonesia. #cashlesssociety #inklusikeuangan #uangelektronik #emoney #cashback #financialliteracy #literasikeuangan #jakarta #thejakartans.
3 years ago
View on Instagram |
5/6
3 Langkah Mudah Sukses Finansial

Tidak perlu menjadi Elon Musk untuk menjadi kaya, cukup ikuti tiga langkah praktis ini dan mulai hidup kaya dari sekarang.

#1. Pay Yourself First
Ganti istilah menabung dengan membayar dirimu sendiri dulu. 
Begitu dapat gaji, utamakan bayar dirimu terlebih dahulu baru bayar jasa orang lain. 

#2. Make it Automatic
Jangan membuat budget, tapi buat sistem autodebet  dari rekeningmu untuk membayar dirimu sendiri. 
Ingat sekecil apapun autodebet yang kamu lakukan lama-lama akan menjadi bukit. 

#3. Live Rich Now
Jalani hidup teman jakartans seperti biasa. Dalam satu tahun atau lima tahun kedepan, teman jakartans akan sukses secara finansial. Ambil kendali atas hidup anda sekarang juga!. 

Baca lengkap di http://thejakartans.com/tiga-langkah-mudah-menjadi-kaya/

#perencanaankeuangan #personalfinance #jakartans #temanjakarta #jakarta #wellness #wellbeing #finance
3 Langkah Mudah Sukses Finansial

Tidak perlu menjadi Elon Musk untuk menjadi kaya, cukup ikuti tiga langkah praktis ini dan mulai hidup kaya dari sekarang.

#1. Pay Yourself First
Ganti istilah menabung dengan membayar dirimu sendiri dulu. 
Begitu dapat gaji, utamakan bayar dirimu terlebih dahulu baru bayar jasa orang lain. 

#2. Make it Automatic
Jangan membuat budget, tapi buat sistem autodebet  dari rekeningmu untuk membayar dirimu sendiri. 
Ingat sekecil apapun autodebet yang kamu lakukan lama-lama akan menjadi bukit. 

#3. Live Rich Now
Jalani hidup teman jakartans seperti biasa. Dalam satu tahun atau lima tahun kedepan, teman jakartans akan sukses secara finansial. Ambil kendali atas hidup anda sekarang juga!. 

Baca lengkap di http://thejakartans.com/tiga-langkah-mudah-menjadi-kaya/

#perencanaankeuangan #personalfinance #jakartans #temanjakarta #jakarta #wellness #wellbeing #finance
3 Langkah Mudah Sukses Finansial

Tidak perlu menjadi Elon Musk untuk menjadi kaya, cukup ikuti tiga langkah praktis ini dan mulai hidup kaya dari sekarang.

#1. Pay Yourself First
Ganti istilah menabung dengan membayar dirimu sendiri dulu. 
Begitu dapat gaji, utamakan bayar dirimu terlebih dahulu baru bayar jasa orang lain. 

#2. Make it Automatic
Jangan membuat budget, tapi buat sistem autodebet  dari rekeningmu untuk membayar dirimu sendiri. 
Ingat sekecil apapun autodebet yang kamu lakukan lama-lama akan menjadi bukit. 

#3. Live Rich Now
Jalani hidup teman jakartans seperti biasa. Dalam satu tahun atau lima tahun kedepan, teman jakartans akan sukses secara finansial. Ambil kendali atas hidup anda sekarang juga!. 

Baca lengkap di http://thejakartans.com/tiga-langkah-mudah-menjadi-kaya/

#perencanaankeuangan #personalfinance #jakartans #temanjakarta #jakarta #wellness #wellbeing #finance
3 Langkah Mudah Sukses Finansial

Tidak perlu menjadi Elon Musk untuk menjadi kaya, cukup ikuti tiga langkah praktis ini dan mulai hidup kaya dari sekarang.

#1. Pay Yourself First
Ganti istilah menabung dengan membayar dirimu sendiri dulu. 
Begitu dapat gaji, utamakan bayar dirimu terlebih dahulu baru bayar jasa orang lain. 

#2. Make it Automatic
Jangan membuat budget, tapi buat sistem autodebet  dari rekeningmu untuk membayar dirimu sendiri. 
Ingat sekecil apapun autodebet yang kamu lakukan lama-lama akan menjadi bukit. 

#3. Live Rich Now
Jalani hidup teman jakartans seperti biasa. Dalam satu tahun atau lima tahun kedepan, teman jakartans akan sukses secara finansial. Ambil kendali atas hidup anda sekarang juga!. 

Baca lengkap di http://thejakartans.com/tiga-langkah-mudah-menjadi-kaya/

#perencanaankeuangan #personalfinance #jakartans #temanjakarta #jakarta #wellness #wellbeing #finance
3 Langkah Mudah Sukses Finansial

Tidak perlu menjadi Elon Musk untuk menjadi kaya, cukup ikuti tiga langkah praktis ini dan mulai hidup kaya dari sekarang.

#1. Pay Yourself First
Ganti istilah menabung dengan membayar dirimu sendiri dulu. 
Begitu dapat gaji, utamakan bayar dirimu terlebih dahulu baru bayar jasa orang lain. 

#2. Make it Automatic
Jangan membuat budget, tapi buat sistem autodebet  dari rekeningmu untuk membayar dirimu sendiri. 
Ingat sekecil apapun autodebet yang kamu lakukan lama-lama akan menjadi bukit. 

#3. Live Rich Now
Jalani hidup teman jakartans seperti biasa. Dalam satu tahun atau lima tahun kedepan, teman jakartans akan sukses secara finansial. Ambil kendali atas hidup anda sekarang juga!. 

Baca lengkap di http://thejakartans.com/tiga-langkah-mudah-menjadi-kaya/

#perencanaankeuangan #personalfinance #jakartans #temanjakarta #jakarta #wellness #wellbeing #finance
3 Langkah Mudah Sukses Finansial Tidak perlu menjadi Elon Musk untuk menjadi kaya, cukup ikuti tiga langkah praktis ini dan mulai hidup kaya dari sekarang. #1. Pay Yourself First Ganti istilah menabung dengan membayar dirimu sendiri dulu. Begitu dapat gaji, utamakan bayar dirimu terlebih dahulu baru bayar jasa orang lain. #2. Make it Automatic Jangan membuat budget, tapi buat sistem autodebet dari rekeningmu untuk membayar dirimu sendiri. Ingat sekecil apapun autodebet yang kamu lakukan lama-lama akan menjadi bukit. #3. Live Rich Now Jalani hidup teman jakartans seperti biasa. Dalam satu tahun atau lima tahun kedepan, teman jakartans akan sukses secara finansial. Ambil kendali atas hidup anda sekarang juga!. Baca lengkap di http://thejakartans.com/tiga-langkah-mudah-menjadi-kaya/ #perencanaankeuangan #personalfinance #jakartans #temanjakarta #jakarta #wellness #wellbeing #finance
3 years ago
View on Instagram |
6/6