Travis Kallanick dan Masa Depan Transportasi

Jauh-jauh hari sebelum kerusuhan demonstrasi taksi Blue Bird di Jakarta terjadi, majalah TIME sudah menganugrahkan Travis Kalanick runner up Person of The Year tahun 2015. Kalanick bertengger di posisi ke enam, kalah populer oleh Kanselir Jerman, Angela Merkel, kalah telak oleh Abu Bakar AlBaghdadi, sang teroris ISIS, kurang populer oleh Donald Trump dan Hassan Rouhani, Kalanick hanya unggul tipis dari Caitlyn Jenner, sang Transgender. Alasan apa yang membuat TIME memberi ruang Kalanick sebagai orang tahun ini, Rana Forohar punya alasan pastinya, penemuan teknologi UBER bukan sebuah penemuan teknologi biasa layaknya aplikasi yang lain, tapi UBER merupakan kisah sukses sosial yang merebut jutaan hati para mitra dan pelanggannya.

Alasan yang serupa juga yang membuat, Kalanick, pria 39 tahun mantan mahasiswa dropped out dari UCLA, menjadi biang keladi dari kerusuhan demo taksi di Jakarta. Aplikasi yang dibuatnya, UBER, secara pasti, menohok urat nadi kemapanan usaha taksi blue bird. Bagaimana tidak, saat driver Blue Bird maupun taksi konvensional lain harus mematuhi aturan-aturan yang baku di perusahaan, aturan itu tidak berlaku bagi driver UBER, nilai lebihnya bayarannya lebih besar. Harapan orang untuk menjadi boss bagi dirinya sendiri, tidak terikat oleh jam kerja dan bejibun peraturan lain, terwujud di UBER, thats why, UBER yang tadinya hanya mengoperasikan 2 mobil saja di San Fransisco menjadi berlipat, ada sekitar tiga juta mobil di 66 negara hanya dalam waktu lima tahun. Ini sebuah revolusi transportasi. Bahkan mungkin Marc Zuckerberg dan Eric Schmidt terbelalak dengan angka-angka ini.

UBER adalah cerita sukses sosial, bukan semata kisah sukses teknologi. Salah satu mahasiswa penulis di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bercerita di kelasnya bahwa apa yang ia alami sebagai driver UBER memang membuat segala sesuatu bagi dirinya mungkin. Sebut saja Z, mahasiswa semester 4 ini berlatar belakang dari keluarga miskin di Sukabumi, kebetulan dia memiliki skill mengemudi. Kemampuan itu ia kalibrasi dengan menjadi driver UBER. Hanya dengan bermodalkan skill mengemudi, SIM A dan sewa mobil, hasilnya, perbulannya pemuda ini membawa penghasilan bersih maksimal 8 juta rupiah, 12 juta jikalau dihitung biaya rental, bagi hasil, perawatan dan bahan bakar. Dari hasilnya itu, ia bisa menyewa kontrakan yang layak di Jakarta, membayar biaya kuliah, dan sebentar lagi dia akan mengambil mobil pribadi. Sebagai tenaga pengajar saja saya dibuat terbalalak, apa saya menjadi pengemudi UBER saja?

Tentu kisah-kisah sukses ini yang tidak dimiliki oleh pengemudi Taxi Blue Bird. Sebagai perbandingan driver perusahaan milik Noni Purnomo ini tidak memiliki hak untuk memiliki mobil, mungkin berbeda dengan taksi Express yang membolehkan driver memiliki kendaraan dengan skema kredit. Belum lagi peraturan setoran yang besar (penulis tidak menuliskan angka, karena masih kisaran), harus menggunakan seragam, jam kerja shift dan lain sebagainya. Driver Blue Bird layaknya pekerja dalam alam kapitalisme, disewa murah untuk mengkapitalisasi pemilik modal. Sekali lagi driver hanya karyawan yang membuat kaya pemilik industry. Hal ini berbeda dengan driver UBER, dia menjadi mitra UBER, menjadi semi entrepreneur, menjadi boss bagi dirinya sendiri, kapanpun dia kerja silakan, nilai tambahnya mendapat penghasilan besar, walaupun tidak mendapatkan asuransi kesehatan dan benefit lainnya. As a person who can drive and also want a sidejob, which would you choose? Uber or BlueBird. (think logically).

Tidak ada yang menghiraukan Travis Kalanick tatkala ia berbicara di depan investor pada pertemuan bisnis di Boston. Ketika ia membicarakan bahwa ia ingin mengubah tata cara bertransportasi di sebuah kota, banyak dari para hadirin yang terkekeh dengan idenya. Gagasannya simple, ia ingin moda transportasi yang andal dan ada dimana-mana, layaknya sebuah air yang mampu mengalir kemana saja. Namun ide Travis yang sudah dua kali berbisnis gagal ini, pertama ia mendirikan Scour dan Swoosh, tampaknya diabaikan begitu saja. If you want to change the way we use our car, let ask Michael Bloomberg (former New York City Mayor)? Tegas salah satu peserta sambil terkikik, menertawakan ide Travis. Namun Travis yang pernah di tuntut hingga 250 miliar US Dolar dan dinyatakan bankrupt ini, memang memiliki jiwa enterprenur sejati. Ia teguh dengan pendiriannya. Terus berupaya menjadikan UBER, menjadi kenyataan. Eric Schmidt CEO Alphabet (GOOGLE) memiliki persepsi yang sama “He is the definition of a serial entrepreneur in its purest form, with all the strengths and weaknesses that comes with. He’s a fighter. He is against institutional structures. He has to get up every day and make something.”

Saat ini mungkin para pebisnis yang dulu mentertawakannya bakal terbelalak. Uber kini merupakan StartUp dengan nilai perusahaan lebih dari 62 Miliar US Dolar, nilai ini hampir mendekati kapitalisasi Volkswagon. Memiliki 1.1 Juta driver di 361 kota di dunia, kata Uber sendiri menjadi “verbs” resmi di google, bahkan dalam banyak kota terjadi leverage produk dari Uber. Layaknya GoJek di Indonesia, Uber bisa digunakan untuk memesan Helicopter di Paris, di kota San Fransisco, Uber bisa dilakukan untuk memesan makanan (UBEREats). Dengan nilai kapitalisasi berikut keunikan dan daya pikatnya saat ini, siapa yang bakal mentertawakannya.

Secara pribadi, penulis sangat setuju dengan adanya UBER ini. Alasannya pertama, Uber menawarkan kebebasan ala kelas menengah yang tidak mau terikat aturan-aturan. Saya tidak harus menelpon customer servis layanan taksi untuk ke Bandara, saya cukup memesan melalui aplikasi UBER, saya bisa memantau dimana lokasi mobil yang terdekat, jenis mobil apa saja yang saya mau, saya tidak harus membayar uang masuk tol, pembayarannya bisa dilakukan kapan saja sesuai tagihan kartu kredit saya. Kedua, harga sewanya jauh lebih murah dibanding taksi konvensional. Saat mungkin Blue Bird mengontrol harga pasaran, misalkan buka pintu 7500, dan kemudian memaksa Express melakukan hal serupa melalui peraturan Pemda DKI, di UBER itu tidak berlaku, hanya 3000 rupiah. As a consumer, which would you choose? (think logically). Alasan ketiga lebih kepada preferensi pribadi, penulis bisa memilih mobil Honda Mobilio atau Mitsubishi Outlander ketika datang ke resepsi pejabat.

Joseph Schumpeter punya teori yang bisa menjadi rujukan untuk kasus ini, yakni creative destruction, pola-pola industry yang lama akan tergantikan oleh model-model industry yang baru. Kasus UBER adalah sekian dari banyak kasus penghancuran secara kreatif model-model industry yang lama. Nokia vs Smartphone, perusahaan teknologi raksasa jepang vs perusahaan teknologi Samsung, adalah banyak kasus dari creative destruction. Uber mengubah tata cara kita bertransportasi, cara kita berbisnis dan cara menentukan nasib sosial kita sendiri. Itulah alasan mengapa pengusaha Taksi kebakaran jenggot. Okay, mungkin Blue Bird bisa memaksa Taksi Express melalui PERDA untuk menyamakan harga taksi, tapi apakah Blue Bird mampu memaksa para pelanggan naik Blue Bird sementara kemudahan akses diberikan oleh UBER kepada pelanggan.

Penulis ragu, teori Creative Destruction menyatakan perubahan bukan ditentukan oleh peraturan-peraturan tapi oleh pasar, what market wants, kalaupun hukum mampu memampatkan UBER, akan muncul seribu aplikasi Uber yang akan menghancurkan model model bisnis lama. Moda-moda transportasi di masa depan akan bergantung pada upaya yang dilakukan oleh Travis Kalanick. []

If you like the article or freebies on this site please help us to be better version with giving commentaries share on social media or simply buy us a fresh espresso!

@thejakartansid
  • Semua hidangan yang sangat khas Ramadhan di Indonesia ini wajib untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Anak-anak muslim di seantero Indonesia, kebanyakan mengenal tradisi buka puasa Ramadhan dengan Kolak Pisang, Es Kelapa Muda, Bubur Kacang Hijau, ataupun Sop Buah. Oleh karenanya Kurma bukanlah pilihan utama walaupun banyak supermarket yang menjual buah ini. Indonesian Muslim prefer to have bananas rather than dates! Berikut adalah lima sajian khas buka puasa yang paling populer di Indonesia.

Kolak Pisang

Disajikan hangat ataupun dingin dengan tambahan kolang-kaling ataupun ubi, kolak pisang adalah daftar menu paling favorit bagi masyarakat Indonesia untuk berbuka puasa

Es Kelapa Muda

Es Kelapa Muda biasanya disajikan sebagai alternative menu buka puasa yang simple dan cukup populer. Es kelapa muda berada pada posisi minuman favorit karena segar, sedap dan cukup simple untuk disajikan. Ia bisa menjadi pelengkap bisa juga sebagai menu pembuka utama.

Cocktail Sop Buah

Makanan pembuka buka puasa ini disajikan dengan banyak potongan banyak buah-buahan, mulai dari melon, blewah, nangka, stroberi, anggur, rumput laut dsb. Kadang ada yang menggunakan susu carnation sebagai pemanis namun ada juga yang menggunakan air gula, semua tergantung selera.

Bubur Kacang Hijau

Bisa dijumpai di seantero Indonesia, bubur kacang hijau adalah makanan pembuka favorit bagi sebagian besar masyarakat. Makanan ini bisa menjadi pengganti dalam sebuah keluarga yang bosan dengan kolak pisang. Terbuat dengan bahan utama kacang hijau dan santan ini sangat nikmat bila disajikan hangat, apalagi jika santannya beraroma pandan, wah sangat ngangenin. Bisa diperkaya dengan ketan hitam.

Gorengan

Makanan ini adalah makanan pembuka pelengkap yang sepertinya wajib hadir karena menjadi alternative tatkala takjil habis, namun belum siap untuk makan besar. Gorengan bisa terdiri dari tempe, tahu, bakwan, dan perkedel. Rasanya yang gurih dan renyah menjadi teman sesaat setelah berbuka, setelah shalat maghrib ataupun sebagai menu berbuka makanan besar.

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa.

#happyfasting
#fastingmonth
#ramadankareem
#ramadhan
#bulanpuasa
#puasa
#indonesia
#takjil
  • MENGENAL BERAGAM VARIAN KURMA
Buah yang satu ini selain rasanya yang legit dan memiliki banyak kandungan serat dan nutrisi penting lainnya, ternyata juga merupakan kudapan favorit nabi lho. Kenalan dulu yuk dengan lima jenis varian buah kurma ini. 

Baca lengkap : https://thejakartans.com/mengenal-beragam-legitnya-kurma-saat-ramadhan/

#dates #kurma #ramadhan #medjool #dougletnour #ajwa #sukkari #ruthob
  • 5 Persiapan Penting Sebelum Liburan
Entah itu liburan domestik maupun luar negeri, ada baiknya lho mempersiapkan hal-hal berikut agar liburanmu menyenangkan. Jangan sampai khayalmu untuk tampil keren buyar gegara lupa persiapan berikut. 

1. Mengurus Passport & Visa
Passport dan Visa adalah dua hal terpenting bagi teman yang ingin liburan ke luar negeri. Keduanya memakan waktu cukup lama. Pastikan setiap ketentuan visa dipenuhi agar liburanmu ke Paris bisa berjalan sempurna. Bagi perjalanan domestik, cukup bawa ktp dan sim saja ya. 

2. Memilih Travel Agent
Ada baiknya bagi pelancong pemula, memilih agensi perjalanan terpercaya. Pastikan budget dan itinerary perjalanan sesuai rencana. Harap memilih agensi perjalanan yang mengutamakan perjalanan bukan belanja. 

3. Packing Barang Bawaan
Barang-barang apa saja yang perlu dibawa. Pastikan bawa hal basic seperti baju, dokumen penting, obat-obatan, sunglasses, credit card, sneaker atau sandal. Untuk baju pastikan warna basic yang dibawa karena mudah untuk memadupadankan dengan outer. 

4. Ketahui Adat & Aturan Setempat
Jangan sampai berurusan dengan orang setempat atau aparat hukum. Pastikan teman jakartans mengetahui aturan dan adat yang berlaku di tempat tujuan. Adat penting karena akan menambah petualangan liburan teman semua.

5. Siapkan Uang Kas Negara Tujuan*
Tidak lucu sama sekali kalau teman mau beli kebab di jalanan tapi bayarnya pakai kartu kredit. Bagaimanapun siapkan uang denominasi negara tujuan, entah itu untuk memberi tip, membeli jajanan street food, atau sekedar main peruntungan. 

Photo courtesy of Freepik, Pixelraw, Pexels dan Pixabay

#travel #travelling #vacation #holiday #backpacking #travelagent #
  • 3 FILOSOFI PENTING TENTANG UANG

Untuk mengelola keuangan pribadi, teman jakartans sebenarnya tidak butuh banyak nasehat canggih dari para pakar. Cukup pelajari 3 hal ini saja, maka keuangan teman jakartans akan baik-baik saja. Didasarkan pada buku best seller *The Psychology of Money* karya Morgan Housel

1. Tidak Ada Jalan Pintas
Jangan silau dengan kekayaan seseorang, semua ada waktunya. 
kalau teman jakartans ingin kaya maka bekerja dengan baik, saving secukupnya, investasi dengan baik, maka teman jakartans akan kaya dengan sendirinya. Ingat, kekayaan Warren Buffet hampir sebagian besar didapat ketika dia berusia 60 tahun.

2. Buang Jauh Pamer dan Gengsi
Kalau temans jakartans merasa menggunakan Lamborghini bisa membuat orang terkesan dan hormat, teman salah. Orang-orang sebenarnya terkesan dengan mobilnya bukan dengan teman jakartans. Cara tercepat untuk menghabiskan uang adalah membelanjakan uang agar orang lain terkesan. 

3. Dont Be Greedy
Enough is enough. Ada saatnya teman jakartans ketika mengumpulkan kekayaan mengenal kata cukup. Kekayaan sejati adalah anda memiliki kebebasan untuk berkata cukup. Rajat Gupta, investor Goldman Sachs harus mendekap di penjara karena rakus dengan dana investasi, padahal kekayaannya sudah lebih dari 100 juta US Dolar. 

#personalfinance #finance #morganhousel #psychologyofmoney #investment #money
  • 3 Keuntungan Memakai Uang Elektronik

Temans Jakartans pasti sering dong menggunakan uang elektronik, entah untuk membayar biaya toll, tiket transjakarta, mrt, membeli makanan dsb. Di abad dimana internet dan kecerdasan buatan dibutuhkan manusia, memiliki uang elektronik bukan sekadar perlu tapi juga butuh. 
Berikut beberapa keunggulan menggunakan uang elektronik. Psst nomor tiga yang paking dicari. 

#1 Praktis Anti Ribet
Salah satu alasan paling penting mengapa kita harus memiliki uang elektronik, yakni praktis. Teman Jakartans tidak perlu membawa banyak uang kertas untuk melakukan pembayaran, atau menerima kembalian dalam bentuk receh. 
Uang Elektronik memudahkan penggunanya untuk melakukan pembayaran dalam nominal kecil tanpa perlu repot memikirkan kembalian

#2 Transaksi Aman Tercatat Otomatis
Tidak perlu bingung untuk mengingat maupun mencari bukti transaksi uang elektronik anda. 
Selain aman, setiap penggunaan uang elektronik, bank penerbit maupun institusi keuangan penyedia memiliki database pencatatan yang secara otomatis bisa dilihat di akun teman Jakartans. 

#3 Promo Poin Cashback
Ini yang menjadi benefit paling menggiurkan, setiap penyedia jasa layanan uang elektronik berlomba-lomba memberikan promo potongan harga, cashback ataupun poin yang membuat transaksi teman Jakartans menjadi lebih hemat.

Gimana temans jakartans, masih belum beralih menggunakan uang elektronik. Ayo pakai uang elektronik.

Konten ini diproduksi untuk mendukung program inklusi keuangan Republik Indonesia. 

#cashlesssociety #inklusikeuangan #uangelektronik #emoney #cashback #financialliteracy #literasikeuangan #jakarta #thejakartans.
  • 3 Langkah Mudah Sukses Finansial

Tidak perlu menjadi Elon Musk untuk menjadi kaya, cukup ikuti tiga langkah praktis ini dan mulai hidup kaya dari sekarang.

#1. Pay Yourself First
Ganti istilah menabung dengan membayar dirimu sendiri dulu. 
Begitu dapat gaji, utamakan bayar dirimu terlebih dahulu baru bayar jasa orang lain. 

#2. Make it Automatic
Jangan membuat budget, tapi buat sistem autodebet  dari rekeningmu untuk membayar dirimu sendiri. 
Ingat sekecil apapun autodebet yang kamu lakukan lama-lama akan menjadi bukit. 

#3. Live Rich Now
Jalani hidup teman jakartans seperti biasa. Dalam satu tahun atau lima tahun kedepan, teman jakartans akan sukses secara finansial. Ambil kendali atas hidup anda sekarang juga!. 

Baca lengkap di http://thejakartans.com/tiga-langkah-mudah-menjadi-kaya/

#perencanaankeuangan #personalfinance #jakartans #temanjakarta #jakarta #wellness #wellbeing #finance
Semua hidangan yang sangat khas Ramadhan di Indonesia ini wajib untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Anak-anak muslim di seantero Indonesia, kebanyakan mengenal tradisi buka puasa Ramadhan dengan Kolak Pisang, Es Kelapa Muda, Bubur Kacang Hijau, ataupun Sop Buah. Oleh karenanya Kurma bukanlah pilihan utama walaupun banyak supermarket yang menjual buah ini. Indonesian Muslim prefer to have bananas rather than dates! Berikut adalah lima sajian khas buka puasa yang paling populer di Indonesia.

Kolak Pisang

Disajikan hangat ataupun dingin dengan tambahan kolang-kaling ataupun ubi, kolak pisang adalah daftar menu paling favorit bagi masyarakat Indonesia untuk berbuka puasa

Es Kelapa Muda

Es Kelapa Muda biasanya disajikan sebagai alternative menu buka puasa yang simple dan cukup populer. Es kelapa muda berada pada posisi minuman favorit karena segar, sedap dan cukup simple untuk disajikan. Ia bisa menjadi pelengkap bisa juga sebagai menu pembuka utama.

Cocktail Sop Buah

Makanan pembuka buka puasa ini disajikan dengan banyak potongan banyak buah-buahan, mulai dari melon, blewah, nangka, stroberi, anggur, rumput laut dsb. Kadang ada yang menggunakan susu carnation sebagai pemanis namun ada juga yang menggunakan air gula, semua tergantung selera.

Bubur Kacang Hijau

Bisa dijumpai di seantero Indonesia, bubur kacang hijau adalah makanan pembuka favorit bagi sebagian besar masyarakat. Makanan ini bisa menjadi pengganti dalam sebuah keluarga yang bosan dengan kolak pisang. Terbuat dengan bahan utama kacang hijau dan santan ini sangat nikmat bila disajikan hangat, apalagi jika santannya beraroma pandan, wah sangat ngangenin. Bisa diperkaya dengan ketan hitam.

Gorengan

Makanan ini adalah makanan pembuka pelengkap yang sepertinya wajib hadir karena menjadi alternative tatkala takjil habis, namun belum siap untuk makan besar. Gorengan bisa terdiri dari tempe, tahu, bakwan, dan perkedel. Rasanya yang gurih dan renyah menjadi teman sesaat setelah berbuka, setelah shalat maghrib ataupun sebagai menu berbuka makanan besar.

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa.

#happyfasting
#fastingmonth
#ramadankareem
#ramadhan
#bulanpuasa
#puasa
#indonesia
#takjil
Semua hidangan yang sangat khas Ramadhan di Indonesia ini wajib untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Anak-anak muslim di seantero Indonesia, kebanyakan mengenal tradisi buka puasa Ramadhan dengan Kolak Pisang, Es Kelapa Muda, Bubur Kacang Hijau, ataupun Sop Buah. Oleh karenanya Kurma bukanlah pilihan utama walaupun banyak supermarket yang menjual buah ini. Indonesian Muslim prefer to have bananas rather than dates! Berikut adalah lima sajian khas buka puasa yang paling populer di Indonesia.

Kolak Pisang

Disajikan hangat ataupun dingin dengan tambahan kolang-kaling ataupun ubi, kolak pisang adalah daftar menu paling favorit bagi masyarakat Indonesia untuk berbuka puasa

Es Kelapa Muda

Es Kelapa Muda biasanya disajikan sebagai alternative menu buka puasa yang simple dan cukup populer. Es kelapa muda berada pada posisi minuman favorit karena segar, sedap dan cukup simple untuk disajikan. Ia bisa menjadi pelengkap bisa juga sebagai menu pembuka utama.

Cocktail Sop Buah

Makanan pembuka buka puasa ini disajikan dengan banyak potongan banyak buah-buahan, mulai dari melon, blewah, nangka, stroberi, anggur, rumput laut dsb. Kadang ada yang menggunakan susu carnation sebagai pemanis namun ada juga yang menggunakan air gula, semua tergantung selera.

Bubur Kacang Hijau

Bisa dijumpai di seantero Indonesia, bubur kacang hijau adalah makanan pembuka favorit bagi sebagian besar masyarakat. Makanan ini bisa menjadi pengganti dalam sebuah keluarga yang bosan dengan kolak pisang. Terbuat dengan bahan utama kacang hijau dan santan ini sangat nikmat bila disajikan hangat, apalagi jika santannya beraroma pandan, wah sangat ngangenin. Bisa diperkaya dengan ketan hitam.

Gorengan

Makanan ini adalah makanan pembuka pelengkap yang sepertinya wajib hadir karena menjadi alternative tatkala takjil habis, namun belum siap untuk makan besar. Gorengan bisa terdiri dari tempe, tahu, bakwan, dan perkedel. Rasanya yang gurih dan renyah menjadi teman sesaat setelah berbuka, setelah shalat maghrib ataupun sebagai menu berbuka makanan besar.

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa.

#happyfasting
#fastingmonth
#ramadankareem
#ramadhan
#bulanpuasa
#puasa
#indonesia
#takjil
Semua hidangan yang sangat khas Ramadhan di Indonesia ini wajib untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Anak-anak muslim di seantero Indonesia, kebanyakan mengenal tradisi buka puasa Ramadhan dengan Kolak Pisang, Es Kelapa Muda, Bubur Kacang Hijau, ataupun Sop Buah. Oleh karenanya Kurma bukanlah pilihan utama walaupun banyak supermarket yang menjual buah ini. Indonesian Muslim prefer to have bananas rather than dates! Berikut adalah lima sajian khas buka puasa yang paling populer di Indonesia.

Kolak Pisang

Disajikan hangat ataupun dingin dengan tambahan kolang-kaling ataupun ubi, kolak pisang adalah daftar menu paling favorit bagi masyarakat Indonesia untuk berbuka puasa

Es Kelapa Muda

Es Kelapa Muda biasanya disajikan sebagai alternative menu buka puasa yang simple dan cukup populer. Es kelapa muda berada pada posisi minuman favorit karena segar, sedap dan cukup simple untuk disajikan. Ia bisa menjadi pelengkap bisa juga sebagai menu pembuka utama.

Cocktail Sop Buah

Makanan pembuka buka puasa ini disajikan dengan banyak potongan banyak buah-buahan, mulai dari melon, blewah, nangka, stroberi, anggur, rumput laut dsb. Kadang ada yang menggunakan susu carnation sebagai pemanis namun ada juga yang menggunakan air gula, semua tergantung selera.

Bubur Kacang Hijau

Bisa dijumpai di seantero Indonesia, bubur kacang hijau adalah makanan pembuka favorit bagi sebagian besar masyarakat. Makanan ini bisa menjadi pengganti dalam sebuah keluarga yang bosan dengan kolak pisang. Terbuat dengan bahan utama kacang hijau dan santan ini sangat nikmat bila disajikan hangat, apalagi jika santannya beraroma pandan, wah sangat ngangenin. Bisa diperkaya dengan ketan hitam.

Gorengan

Makanan ini adalah makanan pembuka pelengkap yang sepertinya wajib hadir karena menjadi alternative tatkala takjil habis, namun belum siap untuk makan besar. Gorengan bisa terdiri dari tempe, tahu, bakwan, dan perkedel. Rasanya yang gurih dan renyah menjadi teman sesaat setelah berbuka, setelah shalat maghrib ataupun sebagai menu berbuka makanan besar.

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa.

#happyfasting
#fastingmonth
#ramadankareem
#ramadhan
#bulanpuasa
#puasa
#indonesia
#takjil
Semua hidangan yang sangat khas Ramadhan di Indonesia ini wajib untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Anak-anak muslim di seantero Indonesia, kebanyakan mengenal tradisi buka puasa Ramadhan dengan Kolak Pisang, Es Kelapa Muda, Bubur Kacang Hijau, ataupun Sop Buah. Oleh karenanya Kurma bukanlah pilihan utama walaupun banyak supermarket yang menjual buah ini. Indonesian Muslim prefer to have bananas rather than dates! Berikut adalah lima sajian khas buka puasa yang paling populer di Indonesia.

Kolak Pisang

Disajikan hangat ataupun dingin dengan tambahan kolang-kaling ataupun ubi, kolak pisang adalah daftar menu paling favorit bagi masyarakat Indonesia untuk berbuka puasa

Es Kelapa Muda

Es Kelapa Muda biasanya disajikan sebagai alternative menu buka puasa yang simple dan cukup populer. Es kelapa muda berada pada posisi minuman favorit karena segar, sedap dan cukup simple untuk disajikan. Ia bisa menjadi pelengkap bisa juga sebagai menu pembuka utama.

Cocktail Sop Buah

Makanan pembuka buka puasa ini disajikan dengan banyak potongan banyak buah-buahan, mulai dari melon, blewah, nangka, stroberi, anggur, rumput laut dsb. Kadang ada yang menggunakan susu carnation sebagai pemanis namun ada juga yang menggunakan air gula, semua tergantung selera.

Bubur Kacang Hijau

Bisa dijumpai di seantero Indonesia, bubur kacang hijau adalah makanan pembuka favorit bagi sebagian besar masyarakat. Makanan ini bisa menjadi pengganti dalam sebuah keluarga yang bosan dengan kolak pisang. Terbuat dengan bahan utama kacang hijau dan santan ini sangat nikmat bila disajikan hangat, apalagi jika santannya beraroma pandan, wah sangat ngangenin. Bisa diperkaya dengan ketan hitam.

Gorengan

Makanan ini adalah makanan pembuka pelengkap yang sepertinya wajib hadir karena menjadi alternative tatkala takjil habis, namun belum siap untuk makan besar. Gorengan bisa terdiri dari tempe, tahu, bakwan, dan perkedel. Rasanya yang gurih dan renyah menjadi teman sesaat setelah berbuka, setelah shalat maghrib ataupun sebagai menu berbuka makanan besar.

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa.

#happyfasting
#fastingmonth
#ramadankareem
#ramadhan
#bulanpuasa
#puasa
#indonesia
#takjil
Semua hidangan yang sangat khas Ramadhan di Indonesia ini wajib untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Anak-anak muslim di seantero Indonesia, kebanyakan mengenal tradisi buka puasa Ramadhan dengan Kolak Pisang, Es Kelapa Muda, Bubur Kacang Hijau, ataupun Sop Buah. Oleh karenanya Kurma bukanlah pilihan utama walaupun banyak supermarket yang menjual buah ini. Indonesian Muslim prefer to have bananas rather than dates! Berikut adalah lima sajian khas buka puasa yang paling populer di Indonesia.

Kolak Pisang

Disajikan hangat ataupun dingin dengan tambahan kolang-kaling ataupun ubi, kolak pisang adalah daftar menu paling favorit bagi masyarakat Indonesia untuk berbuka puasa

Es Kelapa Muda

Es Kelapa Muda biasanya disajikan sebagai alternative menu buka puasa yang simple dan cukup populer. Es kelapa muda berada pada posisi minuman favorit karena segar, sedap dan cukup simple untuk disajikan. Ia bisa menjadi pelengkap bisa juga sebagai menu pembuka utama.

Cocktail Sop Buah

Makanan pembuka buka puasa ini disajikan dengan banyak potongan banyak buah-buahan, mulai dari melon, blewah, nangka, stroberi, anggur, rumput laut dsb. Kadang ada yang menggunakan susu carnation sebagai pemanis namun ada juga yang menggunakan air gula, semua tergantung selera.

Bubur Kacang Hijau

Bisa dijumpai di seantero Indonesia, bubur kacang hijau adalah makanan pembuka favorit bagi sebagian besar masyarakat. Makanan ini bisa menjadi pengganti dalam sebuah keluarga yang bosan dengan kolak pisang. Terbuat dengan bahan utama kacang hijau dan santan ini sangat nikmat bila disajikan hangat, apalagi jika santannya beraroma pandan, wah sangat ngangenin. Bisa diperkaya dengan ketan hitam.

Gorengan

Makanan ini adalah makanan pembuka pelengkap yang sepertinya wajib hadir karena menjadi alternative tatkala takjil habis, namun belum siap untuk makan besar. Gorengan bisa terdiri dari tempe, tahu, bakwan, dan perkedel. Rasanya yang gurih dan renyah menjadi teman sesaat setelah berbuka, setelah shalat maghrib ataupun sebagai menu berbuka makanan besar.

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa.

#happyfasting
#fastingmonth
#ramadankareem
#ramadhan
#bulanpuasa
#puasa
#indonesia
#takjil
Semua hidangan yang sangat khas Ramadhan di Indonesia ini wajib untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Anak-anak muslim di seantero Indonesia, kebanyakan mengenal tradisi buka puasa Ramadhan dengan Kolak Pisang, Es Kelapa Muda, Bubur Kacang Hijau, ataupun Sop Buah. Oleh karenanya Kurma bukanlah pilihan utama walaupun banyak supermarket yang menjual buah ini. Indonesian Muslim prefer to have bananas rather than dates! Berikut adalah lima sajian khas buka puasa yang paling populer di Indonesia.

Kolak Pisang

Disajikan hangat ataupun dingin dengan tambahan kolang-kaling ataupun ubi, kolak pisang adalah daftar menu paling favorit bagi masyarakat Indonesia untuk berbuka puasa

Es Kelapa Muda

Es Kelapa Muda biasanya disajikan sebagai alternative menu buka puasa yang simple dan cukup populer. Es kelapa muda berada pada posisi minuman favorit karena segar, sedap dan cukup simple untuk disajikan. Ia bisa menjadi pelengkap bisa juga sebagai menu pembuka utama.

Cocktail Sop Buah

Makanan pembuka buka puasa ini disajikan dengan banyak potongan banyak buah-buahan, mulai dari melon, blewah, nangka, stroberi, anggur, rumput laut dsb. Kadang ada yang menggunakan susu carnation sebagai pemanis namun ada juga yang menggunakan air gula, semua tergantung selera.

Bubur Kacang Hijau

Bisa dijumpai di seantero Indonesia, bubur kacang hijau adalah makanan pembuka favorit bagi sebagian besar masyarakat. Makanan ini bisa menjadi pengganti dalam sebuah keluarga yang bosan dengan kolak pisang. Terbuat dengan bahan utama kacang hijau dan santan ini sangat nikmat bila disajikan hangat, apalagi jika santannya beraroma pandan, wah sangat ngangenin. Bisa diperkaya dengan ketan hitam.

Gorengan

Makanan ini adalah makanan pembuka pelengkap yang sepertinya wajib hadir karena menjadi alternative tatkala takjil habis, namun belum siap untuk makan besar. Gorengan bisa terdiri dari tempe, tahu, bakwan, dan perkedel. Rasanya yang gurih dan renyah menjadi teman sesaat setelah berbuka, setelah shalat maghrib ataupun sebagai menu berbuka makanan besar.

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa.

#happyfasting
#fastingmonth
#ramadankareem
#ramadhan
#bulanpuasa
#puasa
#indonesia
#takjil
Semua hidangan yang sangat khas Ramadhan di Indonesia ini wajib untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Anak-anak muslim di seantero Indonesia, kebanyakan mengenal tradisi buka puasa Ramadhan dengan Kolak Pisang, Es Kelapa Muda, Bubur Kacang Hijau, ataupun Sop Buah. Oleh karenanya Kurma bukanlah pilihan utama walaupun banyak supermarket yang menjual buah ini. Indonesian Muslim prefer to have bananas rather than dates! Berikut adalah lima sajian khas buka puasa yang paling populer di Indonesia.

Kolak Pisang

Disajikan hangat ataupun dingin dengan tambahan kolang-kaling ataupun ubi, kolak pisang adalah daftar menu paling favorit bagi masyarakat Indonesia untuk berbuka puasa

Es Kelapa Muda

Es Kelapa Muda biasanya disajikan sebagai alternative menu buka puasa yang simple dan cukup populer. Es kelapa muda berada pada posisi minuman favorit karena segar, sedap dan cukup simple untuk disajikan. Ia bisa menjadi pelengkap bisa juga sebagai menu pembuka utama.

Cocktail Sop Buah

Makanan pembuka buka puasa ini disajikan dengan banyak potongan banyak buah-buahan, mulai dari melon, blewah, nangka, stroberi, anggur, rumput laut dsb. Kadang ada yang menggunakan susu carnation sebagai pemanis namun ada juga yang menggunakan air gula, semua tergantung selera.

Bubur Kacang Hijau

Bisa dijumpai di seantero Indonesia, bubur kacang hijau adalah makanan pembuka favorit bagi sebagian besar masyarakat. Makanan ini bisa menjadi pengganti dalam sebuah keluarga yang bosan dengan kolak pisang. Terbuat dengan bahan utama kacang hijau dan santan ini sangat nikmat bila disajikan hangat, apalagi jika santannya beraroma pandan, wah sangat ngangenin. Bisa diperkaya dengan ketan hitam.

Gorengan

Makanan ini adalah makanan pembuka pelengkap yang sepertinya wajib hadir karena menjadi alternative tatkala takjil habis, namun belum siap untuk makan besar. Gorengan bisa terdiri dari tempe, tahu, bakwan, dan perkedel. Rasanya yang gurih dan renyah menjadi teman sesaat setelah berbuka, setelah shalat maghrib ataupun sebagai menu berbuka makanan besar.

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa.

#happyfasting
#fastingmonth
#ramadankareem
#ramadhan
#bulanpuasa
#puasa
#indonesia
#takjil
Semua hidangan yang sangat khas Ramadhan di Indonesia ini wajib untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Anak-anak muslim di seantero Indonesia, kebanyakan mengenal tradisi buka puasa Ramadhan dengan Kolak Pisang, Es Kelapa Muda, Bubur Kacang Hijau, ataupun Sop Buah. Oleh karenanya Kurma bukanlah pilihan utama walaupun banyak supermarket yang menjual buah ini. Indonesian Muslim prefer to have bananas rather than dates! Berikut adalah lima sajian khas buka puasa yang paling populer di Indonesia. Kolak Pisang Disajikan hangat ataupun dingin dengan tambahan kolang-kaling ataupun ubi, kolak pisang adalah daftar menu paling favorit bagi masyarakat Indonesia untuk berbuka puasa Es Kelapa Muda Es Kelapa Muda biasanya disajikan sebagai alternative menu buka puasa yang simple dan cukup populer. Es kelapa muda berada pada posisi minuman favorit karena segar, sedap dan cukup simple untuk disajikan. Ia bisa menjadi pelengkap bisa juga sebagai menu pembuka utama. Cocktail Sop Buah Makanan pembuka buka puasa ini disajikan dengan banyak potongan banyak buah-buahan, mulai dari melon, blewah, nangka, stroberi, anggur, rumput laut dsb. Kadang ada yang menggunakan susu carnation sebagai pemanis namun ada juga yang menggunakan air gula, semua tergantung selera. Bubur Kacang Hijau Bisa dijumpai di seantero Indonesia, bubur kacang hijau adalah makanan pembuka favorit bagi sebagian besar masyarakat. Makanan ini bisa menjadi pengganti dalam sebuah keluarga yang bosan dengan kolak pisang. Terbuat dengan bahan utama kacang hijau dan santan ini sangat nikmat bila disajikan hangat, apalagi jika santannya beraroma pandan, wah sangat ngangenin. Bisa diperkaya dengan ketan hitam. Gorengan Makanan ini adalah makanan pembuka pelengkap yang sepertinya wajib hadir karena menjadi alternative tatkala takjil habis, namun belum siap untuk makan besar. Gorengan bisa terdiri dari tempe, tahu, bakwan, dan perkedel. Rasanya yang gurih dan renyah menjadi teman sesaat setelah berbuka, setelah shalat maghrib ataupun sebagai menu berbuka makanan besar. Selamat Menunaikan Ibadah Puasa. #happyfasting #fastingmonth #ramadankareem #ramadhan #bulanpuasa #puasa #indonesia #takjil
1 year ago
View on Instagram |
1/6
MENGENAL BERAGAM VARIAN KURMA
Buah yang satu ini selain rasanya yang legit dan memiliki banyak kandungan serat dan nutrisi penting lainnya, ternyata juga merupakan kudapan favorit nabi lho. Kenalan dulu yuk dengan lima jenis varian buah kurma ini. 

Baca lengkap : https://thejakartans.com/mengenal-beragam-legitnya-kurma-saat-ramadhan/

#dates #kurma #ramadhan #medjool #dougletnour #ajwa #sukkari #ruthob
MENGENAL BERAGAM VARIAN KURMA
Buah yang satu ini selain rasanya yang legit dan memiliki banyak kandungan serat dan nutrisi penting lainnya, ternyata juga merupakan kudapan favorit nabi lho. Kenalan dulu yuk dengan lima jenis varian buah kurma ini. 

Baca lengkap : https://thejakartans.com/mengenal-beragam-legitnya-kurma-saat-ramadhan/

#dates #kurma #ramadhan #medjool #dougletnour #ajwa #sukkari #ruthob
MENGENAL BERAGAM VARIAN KURMA
Buah yang satu ini selain rasanya yang legit dan memiliki banyak kandungan serat dan nutrisi penting lainnya, ternyata juga merupakan kudapan favorit nabi lho. Kenalan dulu yuk dengan lima jenis varian buah kurma ini. 

Baca lengkap : https://thejakartans.com/mengenal-beragam-legitnya-kurma-saat-ramadhan/

#dates #kurma #ramadhan #medjool #dougletnour #ajwa #sukkari #ruthob
MENGENAL BERAGAM VARIAN KURMA
Buah yang satu ini selain rasanya yang legit dan memiliki banyak kandungan serat dan nutrisi penting lainnya, ternyata juga merupakan kudapan favorit nabi lho. Kenalan dulu yuk dengan lima jenis varian buah kurma ini. 

Baca lengkap : https://thejakartans.com/mengenal-beragam-legitnya-kurma-saat-ramadhan/

#dates #kurma #ramadhan #medjool #dougletnour #ajwa #sukkari #ruthob
MENGENAL BERAGAM VARIAN KURMA
Buah yang satu ini selain rasanya yang legit dan memiliki banyak kandungan serat dan nutrisi penting lainnya, ternyata juga merupakan kudapan favorit nabi lho. Kenalan dulu yuk dengan lima jenis varian buah kurma ini. 

Baca lengkap : https://thejakartans.com/mengenal-beragam-legitnya-kurma-saat-ramadhan/

#dates #kurma #ramadhan #medjool #dougletnour #ajwa #sukkari #ruthob
MENGENAL BERAGAM VARIAN KURMA
Buah yang satu ini selain rasanya yang legit dan memiliki banyak kandungan serat dan nutrisi penting lainnya, ternyata juga merupakan kudapan favorit nabi lho. Kenalan dulu yuk dengan lima jenis varian buah kurma ini. 

Baca lengkap : https://thejakartans.com/mengenal-beragam-legitnya-kurma-saat-ramadhan/

#dates #kurma #ramadhan #medjool #dougletnour #ajwa #sukkari #ruthob
MENGENAL BERAGAM VARIAN KURMA
Buah yang satu ini selain rasanya yang legit dan memiliki banyak kandungan serat dan nutrisi penting lainnya, ternyata juga merupakan kudapan favorit nabi lho. Kenalan dulu yuk dengan lima jenis varian buah kurma ini. 

Baca lengkap : https://thejakartans.com/mengenal-beragam-legitnya-kurma-saat-ramadhan/

#dates #kurma #ramadhan #medjool #dougletnour #ajwa #sukkari #ruthob
MENGENAL BERAGAM VARIAN KURMA Buah yang satu ini selain rasanya yang legit dan memiliki banyak kandungan serat dan nutrisi penting lainnya, ternyata juga merupakan kudapan favorit nabi lho. Kenalan dulu yuk dengan lima jenis varian buah kurma ini. Baca lengkap : https://thejakartans.com/mengenal-beragam-legitnya-kurma-saat-ramadhan/ #dates #kurma #ramadhan #medjool #dougletnour #ajwa #sukkari #ruthob
2 years ago
View on Instagram |
2/6
5 Persiapan Penting Sebelum Liburan
Entah itu liburan domestik maupun luar negeri, ada baiknya lho mempersiapkan hal-hal berikut agar liburanmu menyenangkan. Jangan sampai khayalmu untuk tampil keren buyar gegara lupa persiapan berikut. 

1. Mengurus Passport & Visa
Passport dan Visa adalah dua hal terpenting bagi teman yang ingin liburan ke luar negeri. Keduanya memakan waktu cukup lama. Pastikan setiap ketentuan visa dipenuhi agar liburanmu ke Paris bisa berjalan sempurna. Bagi perjalanan domestik, cukup bawa ktp dan sim saja ya. 

2. Memilih Travel Agent
Ada baiknya bagi pelancong pemula, memilih agensi perjalanan terpercaya. Pastikan budget dan itinerary perjalanan sesuai rencana. Harap memilih agensi perjalanan yang mengutamakan perjalanan bukan belanja. 

3. Packing Barang Bawaan
Barang-barang apa saja yang perlu dibawa. Pastikan bawa hal basic seperti baju, dokumen penting, obat-obatan, sunglasses, credit card, sneaker atau sandal. Untuk baju pastikan warna basic yang dibawa karena mudah untuk memadupadankan dengan outer. 

4. Ketahui Adat & Aturan Setempat
Jangan sampai berurusan dengan orang setempat atau aparat hukum. Pastikan teman jakartans mengetahui aturan dan adat yang berlaku di tempat tujuan. Adat penting karena akan menambah petualangan liburan teman semua.

5. Siapkan Uang Kas Negara Tujuan*
Tidak lucu sama sekali kalau teman mau beli kebab di jalanan tapi bayarnya pakai kartu kredit. Bagaimanapun siapkan uang denominasi negara tujuan, entah itu untuk memberi tip, membeli jajanan street food, atau sekedar main peruntungan. 

Photo courtesy of Freepik, Pixelraw, Pexels dan Pixabay

#travel #travelling #vacation #holiday #backpacking #travelagent #
5 Persiapan Penting Sebelum Liburan
Entah itu liburan domestik maupun luar negeri, ada baiknya lho mempersiapkan hal-hal berikut agar liburanmu menyenangkan. Jangan sampai khayalmu untuk tampil keren buyar gegara lupa persiapan berikut. 

1. Mengurus Passport & Visa
Passport dan Visa adalah dua hal terpenting bagi teman yang ingin liburan ke luar negeri. Keduanya memakan waktu cukup lama. Pastikan setiap ketentuan visa dipenuhi agar liburanmu ke Paris bisa berjalan sempurna. Bagi perjalanan domestik, cukup bawa ktp dan sim saja ya. 

2. Memilih Travel Agent
Ada baiknya bagi pelancong pemula, memilih agensi perjalanan terpercaya. Pastikan budget dan itinerary perjalanan sesuai rencana. Harap memilih agensi perjalanan yang mengutamakan perjalanan bukan belanja. 

3. Packing Barang Bawaan
Barang-barang apa saja yang perlu dibawa. Pastikan bawa hal basic seperti baju, dokumen penting, obat-obatan, sunglasses, credit card, sneaker atau sandal. Untuk baju pastikan warna basic yang dibawa karena mudah untuk memadupadankan dengan outer. 

4. Ketahui Adat & Aturan Setempat
Jangan sampai berurusan dengan orang setempat atau aparat hukum. Pastikan teman jakartans mengetahui aturan dan adat yang berlaku di tempat tujuan. Adat penting karena akan menambah petualangan liburan teman semua.

5. Siapkan Uang Kas Negara Tujuan*
Tidak lucu sama sekali kalau teman mau beli kebab di jalanan tapi bayarnya pakai kartu kredit. Bagaimanapun siapkan uang denominasi negara tujuan, entah itu untuk memberi tip, membeli jajanan street food, atau sekedar main peruntungan. 

Photo courtesy of Freepik, Pixelraw, Pexels dan Pixabay

#travel #travelling #vacation #holiday #backpacking #travelagent #
5 Persiapan Penting Sebelum Liburan
Entah itu liburan domestik maupun luar negeri, ada baiknya lho mempersiapkan hal-hal berikut agar liburanmu menyenangkan. Jangan sampai khayalmu untuk tampil keren buyar gegara lupa persiapan berikut. 

1. Mengurus Passport & Visa
Passport dan Visa adalah dua hal terpenting bagi teman yang ingin liburan ke luar negeri. Keduanya memakan waktu cukup lama. Pastikan setiap ketentuan visa dipenuhi agar liburanmu ke Paris bisa berjalan sempurna. Bagi perjalanan domestik, cukup bawa ktp dan sim saja ya. 

2. Memilih Travel Agent
Ada baiknya bagi pelancong pemula, memilih agensi perjalanan terpercaya. Pastikan budget dan itinerary perjalanan sesuai rencana. Harap memilih agensi perjalanan yang mengutamakan perjalanan bukan belanja. 

3. Packing Barang Bawaan
Barang-barang apa saja yang perlu dibawa. Pastikan bawa hal basic seperti baju, dokumen penting, obat-obatan, sunglasses, credit card, sneaker atau sandal. Untuk baju pastikan warna basic yang dibawa karena mudah untuk memadupadankan dengan outer. 

4. Ketahui Adat & Aturan Setempat
Jangan sampai berurusan dengan orang setempat atau aparat hukum. Pastikan teman jakartans mengetahui aturan dan adat yang berlaku di tempat tujuan. Adat penting karena akan menambah petualangan liburan teman semua.

5. Siapkan Uang Kas Negara Tujuan*
Tidak lucu sama sekali kalau teman mau beli kebab di jalanan tapi bayarnya pakai kartu kredit. Bagaimanapun siapkan uang denominasi negara tujuan, entah itu untuk memberi tip, membeli jajanan street food, atau sekedar main peruntungan. 

Photo courtesy of Freepik, Pixelraw, Pexels dan Pixabay

#travel #travelling #vacation #holiday #backpacking #travelagent #
5 Persiapan Penting Sebelum Liburan
Entah itu liburan domestik maupun luar negeri, ada baiknya lho mempersiapkan hal-hal berikut agar liburanmu menyenangkan. Jangan sampai khayalmu untuk tampil keren buyar gegara lupa persiapan berikut. 

1. Mengurus Passport & Visa
Passport dan Visa adalah dua hal terpenting bagi teman yang ingin liburan ke luar negeri. Keduanya memakan waktu cukup lama. Pastikan setiap ketentuan visa dipenuhi agar liburanmu ke Paris bisa berjalan sempurna. Bagi perjalanan domestik, cukup bawa ktp dan sim saja ya. 

2. Memilih Travel Agent
Ada baiknya bagi pelancong pemula, memilih agensi perjalanan terpercaya. Pastikan budget dan itinerary perjalanan sesuai rencana. Harap memilih agensi perjalanan yang mengutamakan perjalanan bukan belanja. 

3. Packing Barang Bawaan
Barang-barang apa saja yang perlu dibawa. Pastikan bawa hal basic seperti baju, dokumen penting, obat-obatan, sunglasses, credit card, sneaker atau sandal. Untuk baju pastikan warna basic yang dibawa karena mudah untuk memadupadankan dengan outer. 

4. Ketahui Adat & Aturan Setempat
Jangan sampai berurusan dengan orang setempat atau aparat hukum. Pastikan teman jakartans mengetahui aturan dan adat yang berlaku di tempat tujuan. Adat penting karena akan menambah petualangan liburan teman semua.

5. Siapkan Uang Kas Negara Tujuan*
Tidak lucu sama sekali kalau teman mau beli kebab di jalanan tapi bayarnya pakai kartu kredit. Bagaimanapun siapkan uang denominasi negara tujuan, entah itu untuk memberi tip, membeli jajanan street food, atau sekedar main peruntungan. 

Photo courtesy of Freepik, Pixelraw, Pexels dan Pixabay

#travel #travelling #vacation #holiday #backpacking #travelagent #
5 Persiapan Penting Sebelum Liburan
Entah itu liburan domestik maupun luar negeri, ada baiknya lho mempersiapkan hal-hal berikut agar liburanmu menyenangkan. Jangan sampai khayalmu untuk tampil keren buyar gegara lupa persiapan berikut. 

1. Mengurus Passport & Visa
Passport dan Visa adalah dua hal terpenting bagi teman yang ingin liburan ke luar negeri. Keduanya memakan waktu cukup lama. Pastikan setiap ketentuan visa dipenuhi agar liburanmu ke Paris bisa berjalan sempurna. Bagi perjalanan domestik, cukup bawa ktp dan sim saja ya. 

2. Memilih Travel Agent
Ada baiknya bagi pelancong pemula, memilih agensi perjalanan terpercaya. Pastikan budget dan itinerary perjalanan sesuai rencana. Harap memilih agensi perjalanan yang mengutamakan perjalanan bukan belanja. 

3. Packing Barang Bawaan
Barang-barang apa saja yang perlu dibawa. Pastikan bawa hal basic seperti baju, dokumen penting, obat-obatan, sunglasses, credit card, sneaker atau sandal. Untuk baju pastikan warna basic yang dibawa karena mudah untuk memadupadankan dengan outer. 

4. Ketahui Adat & Aturan Setempat
Jangan sampai berurusan dengan orang setempat atau aparat hukum. Pastikan teman jakartans mengetahui aturan dan adat yang berlaku di tempat tujuan. Adat penting karena akan menambah petualangan liburan teman semua.

5. Siapkan Uang Kas Negara Tujuan*
Tidak lucu sama sekali kalau teman mau beli kebab di jalanan tapi bayarnya pakai kartu kredit. Bagaimanapun siapkan uang denominasi negara tujuan, entah itu untuk memberi tip, membeli jajanan street food, atau sekedar main peruntungan. 

Photo courtesy of Freepik, Pixelraw, Pexels dan Pixabay

#travel #travelling #vacation #holiday #backpacking #travelagent #
5 Persiapan Penting Sebelum Liburan
Entah itu liburan domestik maupun luar negeri, ada baiknya lho mempersiapkan hal-hal berikut agar liburanmu menyenangkan. Jangan sampai khayalmu untuk tampil keren buyar gegara lupa persiapan berikut. 

1. Mengurus Passport & Visa
Passport dan Visa adalah dua hal terpenting bagi teman yang ingin liburan ke luar negeri. Keduanya memakan waktu cukup lama. Pastikan setiap ketentuan visa dipenuhi agar liburanmu ke Paris bisa berjalan sempurna. Bagi perjalanan domestik, cukup bawa ktp dan sim saja ya. 

2. Memilih Travel Agent
Ada baiknya bagi pelancong pemula, memilih agensi perjalanan terpercaya. Pastikan budget dan itinerary perjalanan sesuai rencana. Harap memilih agensi perjalanan yang mengutamakan perjalanan bukan belanja. 

3. Packing Barang Bawaan
Barang-barang apa saja yang perlu dibawa. Pastikan bawa hal basic seperti baju, dokumen penting, obat-obatan, sunglasses, credit card, sneaker atau sandal. Untuk baju pastikan warna basic yang dibawa karena mudah untuk memadupadankan dengan outer. 

4. Ketahui Adat & Aturan Setempat
Jangan sampai berurusan dengan orang setempat atau aparat hukum. Pastikan teman jakartans mengetahui aturan dan adat yang berlaku di tempat tujuan. Adat penting karena akan menambah petualangan liburan teman semua.

5. Siapkan Uang Kas Negara Tujuan*
Tidak lucu sama sekali kalau teman mau beli kebab di jalanan tapi bayarnya pakai kartu kredit. Bagaimanapun siapkan uang denominasi negara tujuan, entah itu untuk memberi tip, membeli jajanan street food, atau sekedar main peruntungan. 

Photo courtesy of Freepik, Pixelraw, Pexels dan Pixabay

#travel #travelling #vacation #holiday #backpacking #travelagent #
5 Persiapan Penting Sebelum Liburan
Entah itu liburan domestik maupun luar negeri, ada baiknya lho mempersiapkan hal-hal berikut agar liburanmu menyenangkan. Jangan sampai khayalmu untuk tampil keren buyar gegara lupa persiapan berikut. 

1. Mengurus Passport & Visa
Passport dan Visa adalah dua hal terpenting bagi teman yang ingin liburan ke luar negeri. Keduanya memakan waktu cukup lama. Pastikan setiap ketentuan visa dipenuhi agar liburanmu ke Paris bisa berjalan sempurna. Bagi perjalanan domestik, cukup bawa ktp dan sim saja ya. 

2. Memilih Travel Agent
Ada baiknya bagi pelancong pemula, memilih agensi perjalanan terpercaya. Pastikan budget dan itinerary perjalanan sesuai rencana. Harap memilih agensi perjalanan yang mengutamakan perjalanan bukan belanja. 

3. Packing Barang Bawaan
Barang-barang apa saja yang perlu dibawa. Pastikan bawa hal basic seperti baju, dokumen penting, obat-obatan, sunglasses, credit card, sneaker atau sandal. Untuk baju pastikan warna basic yang dibawa karena mudah untuk memadupadankan dengan outer. 

4. Ketahui Adat & Aturan Setempat
Jangan sampai berurusan dengan orang setempat atau aparat hukum. Pastikan teman jakartans mengetahui aturan dan adat yang berlaku di tempat tujuan. Adat penting karena akan menambah petualangan liburan teman semua.

5. Siapkan Uang Kas Negara Tujuan*
Tidak lucu sama sekali kalau teman mau beli kebab di jalanan tapi bayarnya pakai kartu kredit. Bagaimanapun siapkan uang denominasi negara tujuan, entah itu untuk memberi tip, membeli jajanan street food, atau sekedar main peruntungan. 

Photo courtesy of Freepik, Pixelraw, Pexels dan Pixabay

#travel #travelling #vacation #holiday #backpacking #travelagent #
5 Persiapan Penting Sebelum Liburan Entah itu liburan domestik maupun luar negeri, ada baiknya lho mempersiapkan hal-hal berikut agar liburanmu menyenangkan. Jangan sampai khayalmu untuk tampil keren buyar gegara lupa persiapan berikut. 1. Mengurus Passport & Visa Passport dan Visa adalah dua hal terpenting bagi teman yang ingin liburan ke luar negeri. Keduanya memakan waktu cukup lama. Pastikan setiap ketentuan visa dipenuhi agar liburanmu ke Paris bisa berjalan sempurna. Bagi perjalanan domestik, cukup bawa ktp dan sim saja ya. 2. Memilih Travel Agent Ada baiknya bagi pelancong pemula, memilih agensi perjalanan terpercaya. Pastikan budget dan itinerary perjalanan sesuai rencana. Harap memilih agensi perjalanan yang mengutamakan perjalanan bukan belanja. 3. Packing Barang Bawaan Barang-barang apa saja yang perlu dibawa. Pastikan bawa hal basic seperti baju, dokumen penting, obat-obatan, sunglasses, credit card, sneaker atau sandal. Untuk baju pastikan warna basic yang dibawa karena mudah untuk memadupadankan dengan outer. 4. Ketahui Adat & Aturan Setempat Jangan sampai berurusan dengan orang setempat atau aparat hukum. Pastikan teman jakartans mengetahui aturan dan adat yang berlaku di tempat tujuan. Adat penting karena akan menambah petualangan liburan teman semua. 5. Siapkan Uang Kas Negara Tujuan* Tidak lucu sama sekali kalau teman mau beli kebab di jalanan tapi bayarnya pakai kartu kredit. Bagaimanapun siapkan uang denominasi negara tujuan, entah itu untuk memberi tip, membeli jajanan street food, atau sekedar main peruntungan. Photo courtesy of Freepik, Pixelraw, Pexels dan Pixabay #travel #travelling #vacation #holiday #backpacking #travelagent #
2 years ago
View on Instagram |
3/6
3 FILOSOFI PENTING TENTANG UANG

Untuk mengelola keuangan pribadi, teman jakartans sebenarnya tidak butuh banyak nasehat canggih dari para pakar. Cukup pelajari 3 hal ini saja, maka keuangan teman jakartans akan baik-baik saja. Didasarkan pada buku best seller *The Psychology of Money* karya Morgan Housel

1. Tidak Ada Jalan Pintas
Jangan silau dengan kekayaan seseorang, semua ada waktunya. 
kalau teman jakartans ingin kaya maka bekerja dengan baik, saving secukupnya, investasi dengan baik, maka teman jakartans akan kaya dengan sendirinya. Ingat, kekayaan Warren Buffet hampir sebagian besar didapat ketika dia berusia 60 tahun.

2. Buang Jauh Pamer dan Gengsi
Kalau temans jakartans merasa menggunakan Lamborghini bisa membuat orang terkesan dan hormat, teman salah. Orang-orang sebenarnya terkesan dengan mobilnya bukan dengan teman jakartans. Cara tercepat untuk menghabiskan uang adalah membelanjakan uang agar orang lain terkesan. 

3. Dont Be Greedy
Enough is enough. Ada saatnya teman jakartans ketika mengumpulkan kekayaan mengenal kata cukup. Kekayaan sejati adalah anda memiliki kebebasan untuk berkata cukup. Rajat Gupta, investor Goldman Sachs harus mendekap di penjara karena rakus dengan dana investasi, padahal kekayaannya sudah lebih dari 100 juta US Dolar. 

#personalfinance #finance #morganhousel #psychologyofmoney #investment #money
3 FILOSOFI PENTING TENTANG UANG

Untuk mengelola keuangan pribadi, teman jakartans sebenarnya tidak butuh banyak nasehat canggih dari para pakar. Cukup pelajari 3 hal ini saja, maka keuangan teman jakartans akan baik-baik saja. Didasarkan pada buku best seller *The Psychology of Money* karya Morgan Housel

1. Tidak Ada Jalan Pintas
Jangan silau dengan kekayaan seseorang, semua ada waktunya. 
kalau teman jakartans ingin kaya maka bekerja dengan baik, saving secukupnya, investasi dengan baik, maka teman jakartans akan kaya dengan sendirinya. Ingat, kekayaan Warren Buffet hampir sebagian besar didapat ketika dia berusia 60 tahun.

2. Buang Jauh Pamer dan Gengsi
Kalau temans jakartans merasa menggunakan Lamborghini bisa membuat orang terkesan dan hormat, teman salah. Orang-orang sebenarnya terkesan dengan mobilnya bukan dengan teman jakartans. Cara tercepat untuk menghabiskan uang adalah membelanjakan uang agar orang lain terkesan. 

3. Dont Be Greedy
Enough is enough. Ada saatnya teman jakartans ketika mengumpulkan kekayaan mengenal kata cukup. Kekayaan sejati adalah anda memiliki kebebasan untuk berkata cukup. Rajat Gupta, investor Goldman Sachs harus mendekap di penjara karena rakus dengan dana investasi, padahal kekayaannya sudah lebih dari 100 juta US Dolar. 

#personalfinance #finance #morganhousel #psychologyofmoney #investment #money
3 FILOSOFI PENTING TENTANG UANG

Untuk mengelola keuangan pribadi, teman jakartans sebenarnya tidak butuh banyak nasehat canggih dari para pakar. Cukup pelajari 3 hal ini saja, maka keuangan teman jakartans akan baik-baik saja. Didasarkan pada buku best seller *The Psychology of Money* karya Morgan Housel

1. Tidak Ada Jalan Pintas
Jangan silau dengan kekayaan seseorang, semua ada waktunya. 
kalau teman jakartans ingin kaya maka bekerja dengan baik, saving secukupnya, investasi dengan baik, maka teman jakartans akan kaya dengan sendirinya. Ingat, kekayaan Warren Buffet hampir sebagian besar didapat ketika dia berusia 60 tahun.

2. Buang Jauh Pamer dan Gengsi
Kalau temans jakartans merasa menggunakan Lamborghini bisa membuat orang terkesan dan hormat, teman salah. Orang-orang sebenarnya terkesan dengan mobilnya bukan dengan teman jakartans. Cara tercepat untuk menghabiskan uang adalah membelanjakan uang agar orang lain terkesan. 

3. Dont Be Greedy
Enough is enough. Ada saatnya teman jakartans ketika mengumpulkan kekayaan mengenal kata cukup. Kekayaan sejati adalah anda memiliki kebebasan untuk berkata cukup. Rajat Gupta, investor Goldman Sachs harus mendekap di penjara karena rakus dengan dana investasi, padahal kekayaannya sudah lebih dari 100 juta US Dolar. 

#personalfinance #finance #morganhousel #psychologyofmoney #investment #money
3 FILOSOFI PENTING TENTANG UANG

Untuk mengelola keuangan pribadi, teman jakartans sebenarnya tidak butuh banyak nasehat canggih dari para pakar. Cukup pelajari 3 hal ini saja, maka keuangan teman jakartans akan baik-baik saja. Didasarkan pada buku best seller *The Psychology of Money* karya Morgan Housel

1. Tidak Ada Jalan Pintas
Jangan silau dengan kekayaan seseorang, semua ada waktunya. 
kalau teman jakartans ingin kaya maka bekerja dengan baik, saving secukupnya, investasi dengan baik, maka teman jakartans akan kaya dengan sendirinya. Ingat, kekayaan Warren Buffet hampir sebagian besar didapat ketika dia berusia 60 tahun.

2. Buang Jauh Pamer dan Gengsi
Kalau temans jakartans merasa menggunakan Lamborghini bisa membuat orang terkesan dan hormat, teman salah. Orang-orang sebenarnya terkesan dengan mobilnya bukan dengan teman jakartans. Cara tercepat untuk menghabiskan uang adalah membelanjakan uang agar orang lain terkesan. 

3. Dont Be Greedy
Enough is enough. Ada saatnya teman jakartans ketika mengumpulkan kekayaan mengenal kata cukup. Kekayaan sejati adalah anda memiliki kebebasan untuk berkata cukup. Rajat Gupta, investor Goldman Sachs harus mendekap di penjara karena rakus dengan dana investasi, padahal kekayaannya sudah lebih dari 100 juta US Dolar. 

#personalfinance #finance #morganhousel #psychologyofmoney #investment #money
3 FILOSOFI PENTING TENTANG UANG

Untuk mengelola keuangan pribadi, teman jakartans sebenarnya tidak butuh banyak nasehat canggih dari para pakar. Cukup pelajari 3 hal ini saja, maka keuangan teman jakartans akan baik-baik saja. Didasarkan pada buku best seller *The Psychology of Money* karya Morgan Housel

1. Tidak Ada Jalan Pintas
Jangan silau dengan kekayaan seseorang, semua ada waktunya. 
kalau teman jakartans ingin kaya maka bekerja dengan baik, saving secukupnya, investasi dengan baik, maka teman jakartans akan kaya dengan sendirinya. Ingat, kekayaan Warren Buffet hampir sebagian besar didapat ketika dia berusia 60 tahun.

2. Buang Jauh Pamer dan Gengsi
Kalau temans jakartans merasa menggunakan Lamborghini bisa membuat orang terkesan dan hormat, teman salah. Orang-orang sebenarnya terkesan dengan mobilnya bukan dengan teman jakartans. Cara tercepat untuk menghabiskan uang adalah membelanjakan uang agar orang lain terkesan. 

3. Dont Be Greedy
Enough is enough. Ada saatnya teman jakartans ketika mengumpulkan kekayaan mengenal kata cukup. Kekayaan sejati adalah anda memiliki kebebasan untuk berkata cukup. Rajat Gupta, investor Goldman Sachs harus mendekap di penjara karena rakus dengan dana investasi, padahal kekayaannya sudah lebih dari 100 juta US Dolar. 

#personalfinance #finance #morganhousel #psychologyofmoney #investment #money
3 FILOSOFI PENTING TENTANG UANG Untuk mengelola keuangan pribadi, teman jakartans sebenarnya tidak butuh banyak nasehat canggih dari para pakar. Cukup pelajari 3 hal ini saja, maka keuangan teman jakartans akan baik-baik saja. Didasarkan pada buku best seller *The Psychology of Money* karya Morgan Housel 1. Tidak Ada Jalan Pintas Jangan silau dengan kekayaan seseorang, semua ada waktunya. kalau teman jakartans ingin kaya maka bekerja dengan baik, saving secukupnya, investasi dengan baik, maka teman jakartans akan kaya dengan sendirinya. Ingat, kekayaan Warren Buffet hampir sebagian besar didapat ketika dia berusia 60 tahun. 2. Buang Jauh Pamer dan Gengsi Kalau temans jakartans merasa menggunakan Lamborghini bisa membuat orang terkesan dan hormat, teman salah. Orang-orang sebenarnya terkesan dengan mobilnya bukan dengan teman jakartans. Cara tercepat untuk menghabiskan uang adalah membelanjakan uang agar orang lain terkesan. 3. Dont Be Greedy Enough is enough. Ada saatnya teman jakartans ketika mengumpulkan kekayaan mengenal kata cukup. Kekayaan sejati adalah anda memiliki kebebasan untuk berkata cukup. Rajat Gupta, investor Goldman Sachs harus mendekap di penjara karena rakus dengan dana investasi, padahal kekayaannya sudah lebih dari 100 juta US Dolar. #personalfinance #finance #morganhousel #psychologyofmoney #investment #money
2 years ago
View on Instagram |
4/6
3 Keuntungan Memakai Uang Elektronik

Temans Jakartans pasti sering dong menggunakan uang elektronik, entah untuk membayar biaya toll, tiket transjakarta, mrt, membeli makanan dsb. Di abad dimana internet dan kecerdasan buatan dibutuhkan manusia, memiliki uang elektronik bukan sekadar perlu tapi juga butuh. 
Berikut beberapa keunggulan menggunakan uang elektronik. Psst nomor tiga yang paking dicari. 

#1 Praktis Anti Ribet
Salah satu alasan paling penting mengapa kita harus memiliki uang elektronik, yakni praktis. Teman Jakartans tidak perlu membawa banyak uang kertas untuk melakukan pembayaran, atau menerima kembalian dalam bentuk receh. 
Uang Elektronik memudahkan penggunanya untuk melakukan pembayaran dalam nominal kecil tanpa perlu repot memikirkan kembalian

#2 Transaksi Aman Tercatat Otomatis
Tidak perlu bingung untuk mengingat maupun mencari bukti transaksi uang elektronik anda. 
Selain aman, setiap penggunaan uang elektronik, bank penerbit maupun institusi keuangan penyedia memiliki database pencatatan yang secara otomatis bisa dilihat di akun teman Jakartans. 

#3 Promo Poin Cashback
Ini yang menjadi benefit paling menggiurkan, setiap penyedia jasa layanan uang elektronik berlomba-lomba memberikan promo potongan harga, cashback ataupun poin yang membuat transaksi teman Jakartans menjadi lebih hemat.

Gimana temans jakartans, masih belum beralih menggunakan uang elektronik. Ayo pakai uang elektronik.

Konten ini diproduksi untuk mendukung program inklusi keuangan Republik Indonesia. 

#cashlesssociety #inklusikeuangan #uangelektronik #emoney #cashback #financialliteracy #literasikeuangan #jakarta #thejakartans.
3 Keuntungan Memakai Uang Elektronik

Temans Jakartans pasti sering dong menggunakan uang elektronik, entah untuk membayar biaya toll, tiket transjakarta, mrt, membeli makanan dsb. Di abad dimana internet dan kecerdasan buatan dibutuhkan manusia, memiliki uang elektronik bukan sekadar perlu tapi juga butuh. 
Berikut beberapa keunggulan menggunakan uang elektronik. Psst nomor tiga yang paking dicari. 

#1 Praktis Anti Ribet
Salah satu alasan paling penting mengapa kita harus memiliki uang elektronik, yakni praktis. Teman Jakartans tidak perlu membawa banyak uang kertas untuk melakukan pembayaran, atau menerima kembalian dalam bentuk receh. 
Uang Elektronik memudahkan penggunanya untuk melakukan pembayaran dalam nominal kecil tanpa perlu repot memikirkan kembalian

#2 Transaksi Aman Tercatat Otomatis
Tidak perlu bingung untuk mengingat maupun mencari bukti transaksi uang elektronik anda. 
Selain aman, setiap penggunaan uang elektronik, bank penerbit maupun institusi keuangan penyedia memiliki database pencatatan yang secara otomatis bisa dilihat di akun teman Jakartans. 

#3 Promo Poin Cashback
Ini yang menjadi benefit paling menggiurkan, setiap penyedia jasa layanan uang elektronik berlomba-lomba memberikan promo potongan harga, cashback ataupun poin yang membuat transaksi teman Jakartans menjadi lebih hemat.

Gimana temans jakartans, masih belum beralih menggunakan uang elektronik. Ayo pakai uang elektronik.

Konten ini diproduksi untuk mendukung program inklusi keuangan Republik Indonesia. 

#cashlesssociety #inklusikeuangan #uangelektronik #emoney #cashback #financialliteracy #literasikeuangan #jakarta #thejakartans.
3 Keuntungan Memakai Uang Elektronik

Temans Jakartans pasti sering dong menggunakan uang elektronik, entah untuk membayar biaya toll, tiket transjakarta, mrt, membeli makanan dsb. Di abad dimana internet dan kecerdasan buatan dibutuhkan manusia, memiliki uang elektronik bukan sekadar perlu tapi juga butuh. 
Berikut beberapa keunggulan menggunakan uang elektronik. Psst nomor tiga yang paking dicari. 

#1 Praktis Anti Ribet
Salah satu alasan paling penting mengapa kita harus memiliki uang elektronik, yakni praktis. Teman Jakartans tidak perlu membawa banyak uang kertas untuk melakukan pembayaran, atau menerima kembalian dalam bentuk receh. 
Uang Elektronik memudahkan penggunanya untuk melakukan pembayaran dalam nominal kecil tanpa perlu repot memikirkan kembalian

#2 Transaksi Aman Tercatat Otomatis
Tidak perlu bingung untuk mengingat maupun mencari bukti transaksi uang elektronik anda. 
Selain aman, setiap penggunaan uang elektronik, bank penerbit maupun institusi keuangan penyedia memiliki database pencatatan yang secara otomatis bisa dilihat di akun teman Jakartans. 

#3 Promo Poin Cashback
Ini yang menjadi benefit paling menggiurkan, setiap penyedia jasa layanan uang elektronik berlomba-lomba memberikan promo potongan harga, cashback ataupun poin yang membuat transaksi teman Jakartans menjadi lebih hemat.

Gimana temans jakartans, masih belum beralih menggunakan uang elektronik. Ayo pakai uang elektronik.

Konten ini diproduksi untuk mendukung program inklusi keuangan Republik Indonesia. 

#cashlesssociety #inklusikeuangan #uangelektronik #emoney #cashback #financialliteracy #literasikeuangan #jakarta #thejakartans.
3 Keuntungan Memakai Uang Elektronik

Temans Jakartans pasti sering dong menggunakan uang elektronik, entah untuk membayar biaya toll, tiket transjakarta, mrt, membeli makanan dsb. Di abad dimana internet dan kecerdasan buatan dibutuhkan manusia, memiliki uang elektronik bukan sekadar perlu tapi juga butuh. 
Berikut beberapa keunggulan menggunakan uang elektronik. Psst nomor tiga yang paking dicari. 

#1 Praktis Anti Ribet
Salah satu alasan paling penting mengapa kita harus memiliki uang elektronik, yakni praktis. Teman Jakartans tidak perlu membawa banyak uang kertas untuk melakukan pembayaran, atau menerima kembalian dalam bentuk receh. 
Uang Elektronik memudahkan penggunanya untuk melakukan pembayaran dalam nominal kecil tanpa perlu repot memikirkan kembalian

#2 Transaksi Aman Tercatat Otomatis
Tidak perlu bingung untuk mengingat maupun mencari bukti transaksi uang elektronik anda. 
Selain aman, setiap penggunaan uang elektronik, bank penerbit maupun institusi keuangan penyedia memiliki database pencatatan yang secara otomatis bisa dilihat di akun teman Jakartans. 

#3 Promo Poin Cashback
Ini yang menjadi benefit paling menggiurkan, setiap penyedia jasa layanan uang elektronik berlomba-lomba memberikan promo potongan harga, cashback ataupun poin yang membuat transaksi teman Jakartans menjadi lebih hemat.

Gimana temans jakartans, masih belum beralih menggunakan uang elektronik. Ayo pakai uang elektronik.

Konten ini diproduksi untuk mendukung program inklusi keuangan Republik Indonesia. 

#cashlesssociety #inklusikeuangan #uangelektronik #emoney #cashback #financialliteracy #literasikeuangan #jakarta #thejakartans.
3 Keuntungan Memakai Uang Elektronik

Temans Jakartans pasti sering dong menggunakan uang elektronik, entah untuk membayar biaya toll, tiket transjakarta, mrt, membeli makanan dsb. Di abad dimana internet dan kecerdasan buatan dibutuhkan manusia, memiliki uang elektronik bukan sekadar perlu tapi juga butuh. 
Berikut beberapa keunggulan menggunakan uang elektronik. Psst nomor tiga yang paking dicari. 

#1 Praktis Anti Ribet
Salah satu alasan paling penting mengapa kita harus memiliki uang elektronik, yakni praktis. Teman Jakartans tidak perlu membawa banyak uang kertas untuk melakukan pembayaran, atau menerima kembalian dalam bentuk receh. 
Uang Elektronik memudahkan penggunanya untuk melakukan pembayaran dalam nominal kecil tanpa perlu repot memikirkan kembalian

#2 Transaksi Aman Tercatat Otomatis
Tidak perlu bingung untuk mengingat maupun mencari bukti transaksi uang elektronik anda. 
Selain aman, setiap penggunaan uang elektronik, bank penerbit maupun institusi keuangan penyedia memiliki database pencatatan yang secara otomatis bisa dilihat di akun teman Jakartans. 

#3 Promo Poin Cashback
Ini yang menjadi benefit paling menggiurkan, setiap penyedia jasa layanan uang elektronik berlomba-lomba memberikan promo potongan harga, cashback ataupun poin yang membuat transaksi teman Jakartans menjadi lebih hemat.

Gimana temans jakartans, masih belum beralih menggunakan uang elektronik. Ayo pakai uang elektronik.

Konten ini diproduksi untuk mendukung program inklusi keuangan Republik Indonesia. 

#cashlesssociety #inklusikeuangan #uangelektronik #emoney #cashback #financialliteracy #literasikeuangan #jakarta #thejakartans.
3 Keuntungan Memakai Uang Elektronik Temans Jakartans pasti sering dong menggunakan uang elektronik, entah untuk membayar biaya toll, tiket transjakarta, mrt, membeli makanan dsb. Di abad dimana internet dan kecerdasan buatan dibutuhkan manusia, memiliki uang elektronik bukan sekadar perlu tapi juga butuh. Berikut beberapa keunggulan menggunakan uang elektronik. Psst nomor tiga yang paking dicari. #1 Praktis Anti Ribet Salah satu alasan paling penting mengapa kita harus memiliki uang elektronik, yakni praktis. Teman Jakartans tidak perlu membawa banyak uang kertas untuk melakukan pembayaran, atau menerima kembalian dalam bentuk receh. Uang Elektronik memudahkan penggunanya untuk melakukan pembayaran dalam nominal kecil tanpa perlu repot memikirkan kembalian #2 Transaksi Aman Tercatat Otomatis Tidak perlu bingung untuk mengingat maupun mencari bukti transaksi uang elektronik anda. Selain aman, setiap penggunaan uang elektronik, bank penerbit maupun institusi keuangan penyedia memiliki database pencatatan yang secara otomatis bisa dilihat di akun teman Jakartans. #3 Promo Poin Cashback Ini yang menjadi benefit paling menggiurkan, setiap penyedia jasa layanan uang elektronik berlomba-lomba memberikan promo potongan harga, cashback ataupun poin yang membuat transaksi teman Jakartans menjadi lebih hemat. Gimana temans jakartans, masih belum beralih menggunakan uang elektronik. Ayo pakai uang elektronik. Konten ini diproduksi untuk mendukung program inklusi keuangan Republik Indonesia. #cashlesssociety #inklusikeuangan #uangelektronik #emoney #cashback #financialliteracy #literasikeuangan #jakarta #thejakartans.
3 years ago
View on Instagram |
5/6
3 Langkah Mudah Sukses Finansial

Tidak perlu menjadi Elon Musk untuk menjadi kaya, cukup ikuti tiga langkah praktis ini dan mulai hidup kaya dari sekarang.

#1. Pay Yourself First
Ganti istilah menabung dengan membayar dirimu sendiri dulu. 
Begitu dapat gaji, utamakan bayar dirimu terlebih dahulu baru bayar jasa orang lain. 

#2. Make it Automatic
Jangan membuat budget, tapi buat sistem autodebet  dari rekeningmu untuk membayar dirimu sendiri. 
Ingat sekecil apapun autodebet yang kamu lakukan lama-lama akan menjadi bukit. 

#3. Live Rich Now
Jalani hidup teman jakartans seperti biasa. Dalam satu tahun atau lima tahun kedepan, teman jakartans akan sukses secara finansial. Ambil kendali atas hidup anda sekarang juga!. 

Baca lengkap di http://thejakartans.com/tiga-langkah-mudah-menjadi-kaya/

#perencanaankeuangan #personalfinance #jakartans #temanjakarta #jakarta #wellness #wellbeing #finance
3 Langkah Mudah Sukses Finansial

Tidak perlu menjadi Elon Musk untuk menjadi kaya, cukup ikuti tiga langkah praktis ini dan mulai hidup kaya dari sekarang.

#1. Pay Yourself First
Ganti istilah menabung dengan membayar dirimu sendiri dulu. 
Begitu dapat gaji, utamakan bayar dirimu terlebih dahulu baru bayar jasa orang lain. 

#2. Make it Automatic
Jangan membuat budget, tapi buat sistem autodebet  dari rekeningmu untuk membayar dirimu sendiri. 
Ingat sekecil apapun autodebet yang kamu lakukan lama-lama akan menjadi bukit. 

#3. Live Rich Now
Jalani hidup teman jakartans seperti biasa. Dalam satu tahun atau lima tahun kedepan, teman jakartans akan sukses secara finansial. Ambil kendali atas hidup anda sekarang juga!. 

Baca lengkap di http://thejakartans.com/tiga-langkah-mudah-menjadi-kaya/

#perencanaankeuangan #personalfinance #jakartans #temanjakarta #jakarta #wellness #wellbeing #finance
3 Langkah Mudah Sukses Finansial

Tidak perlu menjadi Elon Musk untuk menjadi kaya, cukup ikuti tiga langkah praktis ini dan mulai hidup kaya dari sekarang.

#1. Pay Yourself First
Ganti istilah menabung dengan membayar dirimu sendiri dulu. 
Begitu dapat gaji, utamakan bayar dirimu terlebih dahulu baru bayar jasa orang lain. 

#2. Make it Automatic
Jangan membuat budget, tapi buat sistem autodebet  dari rekeningmu untuk membayar dirimu sendiri. 
Ingat sekecil apapun autodebet yang kamu lakukan lama-lama akan menjadi bukit. 

#3. Live Rich Now
Jalani hidup teman jakartans seperti biasa. Dalam satu tahun atau lima tahun kedepan, teman jakartans akan sukses secara finansial. Ambil kendali atas hidup anda sekarang juga!. 

Baca lengkap di http://thejakartans.com/tiga-langkah-mudah-menjadi-kaya/

#perencanaankeuangan #personalfinance #jakartans #temanjakarta #jakarta #wellness #wellbeing #finance
3 Langkah Mudah Sukses Finansial

Tidak perlu menjadi Elon Musk untuk menjadi kaya, cukup ikuti tiga langkah praktis ini dan mulai hidup kaya dari sekarang.

#1. Pay Yourself First
Ganti istilah menabung dengan membayar dirimu sendiri dulu. 
Begitu dapat gaji, utamakan bayar dirimu terlebih dahulu baru bayar jasa orang lain. 

#2. Make it Automatic
Jangan membuat budget, tapi buat sistem autodebet  dari rekeningmu untuk membayar dirimu sendiri. 
Ingat sekecil apapun autodebet yang kamu lakukan lama-lama akan menjadi bukit. 

#3. Live Rich Now
Jalani hidup teman jakartans seperti biasa. Dalam satu tahun atau lima tahun kedepan, teman jakartans akan sukses secara finansial. Ambil kendali atas hidup anda sekarang juga!. 

Baca lengkap di http://thejakartans.com/tiga-langkah-mudah-menjadi-kaya/

#perencanaankeuangan #personalfinance #jakartans #temanjakarta #jakarta #wellness #wellbeing #finance
3 Langkah Mudah Sukses Finansial

Tidak perlu menjadi Elon Musk untuk menjadi kaya, cukup ikuti tiga langkah praktis ini dan mulai hidup kaya dari sekarang.

#1. Pay Yourself First
Ganti istilah menabung dengan membayar dirimu sendiri dulu. 
Begitu dapat gaji, utamakan bayar dirimu terlebih dahulu baru bayar jasa orang lain. 

#2. Make it Automatic
Jangan membuat budget, tapi buat sistem autodebet  dari rekeningmu untuk membayar dirimu sendiri. 
Ingat sekecil apapun autodebet yang kamu lakukan lama-lama akan menjadi bukit. 

#3. Live Rich Now
Jalani hidup teman jakartans seperti biasa. Dalam satu tahun atau lima tahun kedepan, teman jakartans akan sukses secara finansial. Ambil kendali atas hidup anda sekarang juga!. 

Baca lengkap di http://thejakartans.com/tiga-langkah-mudah-menjadi-kaya/

#perencanaankeuangan #personalfinance #jakartans #temanjakarta #jakarta #wellness #wellbeing #finance
3 Langkah Mudah Sukses Finansial Tidak perlu menjadi Elon Musk untuk menjadi kaya, cukup ikuti tiga langkah praktis ini dan mulai hidup kaya dari sekarang. #1. Pay Yourself First Ganti istilah menabung dengan membayar dirimu sendiri dulu. Begitu dapat gaji, utamakan bayar dirimu terlebih dahulu baru bayar jasa orang lain. #2. Make it Automatic Jangan membuat budget, tapi buat sistem autodebet dari rekeningmu untuk membayar dirimu sendiri. Ingat sekecil apapun autodebet yang kamu lakukan lama-lama akan menjadi bukit. #3. Live Rich Now Jalani hidup teman jakartans seperti biasa. Dalam satu tahun atau lima tahun kedepan, teman jakartans akan sukses secara finansial. Ambil kendali atas hidup anda sekarang juga!. Baca lengkap di http://thejakartans.com/tiga-langkah-mudah-menjadi-kaya/ #perencanaankeuangan #personalfinance #jakartans #temanjakarta #jakarta #wellness #wellbeing #finance
3 years ago
View on Instagram |
6/6