Berkerling Bule di Gili Trawangan

Menyaksikan matahari terbit di pantai berpasir putih, melihat perahu bermesin boat berlabuh, angin yang berhembus sejuk dengan pemandangan biru dan hijau laut yang jernih membuat diri ini melayang, apalagi bukit-bukit berpohon kelapa di pulau seberang, seperti tidak ingin pulang rasanya. Saat saya duduk di kafe dekat pantai, melihat aktifitas para turis asing alias bule berseliweran, kadang ada yang telanjang dada, kadang berswimsuit, mata saya terus menerus berkerling, jadi ini yang disebut Gili Trawangan, dan pantas semua orang menyukainya.

Kepergian saya ke Lombok sebelumnya tanpa dinyana-nyana dan tanpa mimpi. Mendadak mantan bos saya memerintahkan saya untuk  terbang ke Lombok, menggantikan beliau yang tidak bisa hadir saat ada acara. Tadinya saya sempat ragu, apakah instruksi ini benar adanya atau tidak. Namun mengingat saya belum pernah dan menginginkan ke Gili Trawangan, saya pada akhirnya menyanggupi saja. Dan Voila, akhirnya jadilah saya jalan-jalan ke Lombok.

Saya pergi ke Lombok dalam rangka menghadiri International Conference on Quran and Hadist Studies yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Tidak hanya itu saja, saya juga mempresentasikan paper yang saya tulis bersama dengan kolega saya. Acara ini di helat di Grand Palace Hotel, yang sangat dekat dengan Pantai Senggigi. Otomatis saya ketemu dengan banyak kolega saya dari UIN. Ada Ibu Nurhayati, Pak Hendra, Pak Viktor, Bu Megga dan Bu Hanifa, semuanya dari Fakultas Sains dan Teknologi.

Saya menggunakan Batik Air dari Jakarta pukul 8 pagi, kebayang seperti apa saya berangkat dari Apartemen, jam 5 pagi istri saya sudah menyiapkan sarapan dan kopi untuk di jalan. Saya dan rombongan mendarat dengan selamat di Bandara Internasional Praya Lombok jam 11 siang, karena NTB dan Jakarta masuk ke dalam dimensi waktu yang berbeda, maka ada selisih 1 jam lebih awal di NTB (Lombok).

Kedatangan saya dan tim di Bandara Internasional Lombok Praya

Seharusnya, saya langsung check in ke Hotel untuk mendapatkan kamar dan menghadiri Panel Session, namun berhubung ketua keompok kita, Bu Nurhayati mengajak untuk berkeliling Lombok dahulu sebelum datang ke acara, maka jadilah kita jalan-jalan di Lombok. I must say, Lombok tidak jauh berbeda dengan pulau Jawa pada umumnya, kontur tanahnya gersang karena musim kemarau dan panas. Tapi saya jarang mendapati pepohonan bambu di sini, saya lebih sering melihat pohon kelapa.

Lokasi pertama yang saya kunjungi adalah Dusun Suku Sasak Sade, kawasan terlindung untuk kebudayaan suku sasak. Maka saya bisa melihat struktur rumah yang sangat asli dengan suku sasak. Oh iya jangan aneh ya kalau tanah di rumah suku sasak ini terbuat dari kotoran sapi / kerbau. Namun anehnya tidak berbau. Dusun ini menghasilkan banyak kerajinan mulai dari kerajinan tangan seperti gelang, kalung, hingga kain tenun maupun songket yang sangat cantik. Pengrajinannya pun dilakukan dengan metode tangan. Sehingga sangat alami. Saya Cuma beli gelang karena beli kain memang direncanakan di akhir perjalanan.

Ini di kampung suku sasak, Sade (abaikan kaus transparan saya yang hitam ya)

Lokasi kedua adalah lokasi yang benar-benar baru di Lombok, yakni Pantai Kuta Mandalika. Dibangun atas inisiasi Presiden Jokowi untuk memacu Lombok sebagai pusat destinasi pariwisata baru selain Bali. Selain infrastruktur pantai yang disediakan, Jokowi kabarnya juga sedang mengembangkan race track, atau pacuan untuk balapan motor. Dengan kontur keras dan panas seperti Lombok, saya pikir ini akan menjadi hub baru di Lombok selain Senggigi. Jujur untuk dikatakan, Pantai Kuta Mandalika ini masih baru sehingga sangat perawan belum terjamah tangan-tangan nakal manusia, masih putih, hijau dan biru. Beberapa bule terlihat disini. Ada yang sedang bermesraan di pantai, ada yang mengendarai motor dsb.

Tidak jauh dari pantai Kuta Mandalika, ada hub yang menjadi favorit para bule, yakni Tanjung Aan, lokasinya yang tersembunyi membuat Tanjung Aan lokasi yang tepat untuk bermesaraan para bule. Sayangnya saya kesana saat matahari tepat di atas kepala, sangat terik, sehingga para Bule ini masih berleha-leha di kursi malasnya. Ada beberapa yang telihat memang sekadar untuk membuat kulit menjadi coklat.

Hari kedua saya melewatkan jalan-jalan karena mendadak tubuh saya di serang demam hebat. Saat seminar saya kedinginan sementara saat saya di kamar kepanasan. Dengan sangat terpaksa saya berfokus pada upaya pemulihan apalagi sore nanti saya harus presentasi. Saya dengan sangat terpaksa melewatkan berkunjung ke kota tua dan pantai senggigi. Walaupun di hari ketiga saya melihat kota tua dan Senggigi. Tapi hanya sekadar lewat dan melihat.

Lokasi terakhir dan menjadi impian saya selama ini, yakni Gili Trawangan. Salah satu destinasi utama para ekspatriat (untuk tidak mengatakan bule) yang ada di Indonesia. Lokasinya yang tersembunyi dari dunia luar, pantai berpasir putih sepanjang pulang, hijau biru laut sepanjang mata memandang. Ah… jadi tidak ingin pulang. Saya dan rombongan harus berkendara selama 2 jam dari pusat kota Lombok untuk mencapai dermaga yang berisi kapal-kapal bermotor boat. Saya dan rombongan harus menggunakan kapal tsb untuk menuju Gili Trawangan. Kira-kira biaya yang dihabiskan sekitar 700 ribu (return) untuk 7 orang termasuk driver. Waktu itu jam masih menunjukkan pukul 7 pagi, matahari belum garang. Sehingga sangat sejuk dan melihat aktifitas pantai yang mendadak melankolis.

Waktu tempuh dari dermaga hingga Gili Trawangan memakan waktu 30 menit. Begitu kapal ini mendekat, langsung saja mata ini dimanja dengan pemandangan pantai yang sangat eksotis, pantai berpasir putih dengan air laut yang biru jernih sehingga terumbu karang bisa terlihat dengan jelas. Selain pemandangan alam yang indah, mata ini juga dimanja dengan deretan kafe-kafe, hotel, villa yang semuanya berkelas internasional. Masing-masing kafe bertuliskan bahasa asing, mulai dari Inggris, Spain, France hingga Germany. Belum ada bahasa Mandarin dan Arab di sini.

Bisa dikatakan hampir mayoritas penghuni pulau ini adalah orang asing berkulit putih. Mereka memang berlibur di pulau ini, sehingga tidak asing kalau mata ini sering berkerling terhadap para bule ini yang terkadang bertelanjang dada sembari jogging. Ada yang bersepeda, ada yang berjalan berkeliling pulau. Ada yang berjemur dengan hanya swimsuit. Saya orang lokal yang sok barat dengan menggunakan kaca mata hitam dapat banyak keuntungan, soalnya menang banyak.

Ada yang tidak boleh dilewatkan oleh orang yang berkunjung ke Gili Trawangan. Objek wisata Ombak Sunset wajib di kunjungi karena kalau sedang matahari terbenam, nuansanya sangat romantis, apalagi kalau duduk di ayunan pantai, menambah nuansa romantis. Jadi bagi para newly wed, silakan datang ke Ombak Sunset, Gili Trawangan.

Saya pulang ke Jakarta tepat pukul 4 sore, setelah sebelumnya saya berburu oleh-oleh di Sasaku, pusat oleh-oleh di kota Lombok, kemudian saya sempat mampir ke pusat pengrajinan kain tenun dan membeli kain tenun untuk saya dan istri saya. Langkah kaki terasa ringan setelah saya membeli oleh-oleh walaupun hati masih berat ingin lebih lama di Gili Trawangan.

Saomi Rizqiyanto

A scholars who also an enterpreneur. Graduate from University of Indonesia and Lecturer at State Islamic University Jakarta. A founder and CEO of Masamitra, an independent media consultant.

If you like the article or freebies on this site please help us to be better version with giving commentaries share on social media or simply buy us a fresh espresso!

@thejakartansid
  • Semua hidangan yang sangat khas Ramadhan di Indonesia ini wajib untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Anak-anak muslim di seantero Indonesia, kebanyakan mengenal tradisi buka puasa Ramadhan dengan Kolak Pisang, Es Kelapa Muda, Bubur Kacang Hijau, ataupun Sop Buah. Oleh karenanya Kurma bukanlah pilihan utama walaupun banyak supermarket yang menjual buah ini. Indonesian Muslim prefer to have bananas rather than dates! Berikut adalah lima sajian khas buka puasa yang paling populer di Indonesia.

Kolak Pisang

Disajikan hangat ataupun dingin dengan tambahan kolang-kaling ataupun ubi, kolak pisang adalah daftar menu paling favorit bagi masyarakat Indonesia untuk berbuka puasa

Es Kelapa Muda

Es Kelapa Muda biasanya disajikan sebagai alternative menu buka puasa yang simple dan cukup populer. Es kelapa muda berada pada posisi minuman favorit karena segar, sedap dan cukup simple untuk disajikan. Ia bisa menjadi pelengkap bisa juga sebagai menu pembuka utama.

Cocktail Sop Buah

Makanan pembuka buka puasa ini disajikan dengan banyak potongan banyak buah-buahan, mulai dari melon, blewah, nangka, stroberi, anggur, rumput laut dsb. Kadang ada yang menggunakan susu carnation sebagai pemanis namun ada juga yang menggunakan air gula, semua tergantung selera.

Bubur Kacang Hijau

Bisa dijumpai di seantero Indonesia, bubur kacang hijau adalah makanan pembuka favorit bagi sebagian besar masyarakat. Makanan ini bisa menjadi pengganti dalam sebuah keluarga yang bosan dengan kolak pisang. Terbuat dengan bahan utama kacang hijau dan santan ini sangat nikmat bila disajikan hangat, apalagi jika santannya beraroma pandan, wah sangat ngangenin. Bisa diperkaya dengan ketan hitam.

Gorengan

Makanan ini adalah makanan pembuka pelengkap yang sepertinya wajib hadir karena menjadi alternative tatkala takjil habis, namun belum siap untuk makan besar. Gorengan bisa terdiri dari tempe, tahu, bakwan, dan perkedel. Rasanya yang gurih dan renyah menjadi teman sesaat setelah berbuka, setelah shalat maghrib ataupun sebagai menu berbuka makanan besar.

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa.

#happyfasting
#fastingmonth
#ramadankareem
#ramadhan
#bulanpuasa
#puasa
#indonesia
#takjil
  • MENGENAL BERAGAM VARIAN KURMA
Buah yang satu ini selain rasanya yang legit dan memiliki banyak kandungan serat dan nutrisi penting lainnya, ternyata juga merupakan kudapan favorit nabi lho. Kenalan dulu yuk dengan lima jenis varian buah kurma ini. 

Baca lengkap : https://thejakartans.com/mengenal-beragam-legitnya-kurma-saat-ramadhan/

#dates #kurma #ramadhan #medjool #dougletnour #ajwa #sukkari #ruthob
  • 5 Persiapan Penting Sebelum Liburan
Entah itu liburan domestik maupun luar negeri, ada baiknya lho mempersiapkan hal-hal berikut agar liburanmu menyenangkan. Jangan sampai khayalmu untuk tampil keren buyar gegara lupa persiapan berikut. 

1. Mengurus Passport & Visa
Passport dan Visa adalah dua hal terpenting bagi teman yang ingin liburan ke luar negeri. Keduanya memakan waktu cukup lama. Pastikan setiap ketentuan visa dipenuhi agar liburanmu ke Paris bisa berjalan sempurna. Bagi perjalanan domestik, cukup bawa ktp dan sim saja ya. 

2. Memilih Travel Agent
Ada baiknya bagi pelancong pemula, memilih agensi perjalanan terpercaya. Pastikan budget dan itinerary perjalanan sesuai rencana. Harap memilih agensi perjalanan yang mengutamakan perjalanan bukan belanja. 

3. Packing Barang Bawaan
Barang-barang apa saja yang perlu dibawa. Pastikan bawa hal basic seperti baju, dokumen penting, obat-obatan, sunglasses, credit card, sneaker atau sandal. Untuk baju pastikan warna basic yang dibawa karena mudah untuk memadupadankan dengan outer. 

4. Ketahui Adat & Aturan Setempat
Jangan sampai berurusan dengan orang setempat atau aparat hukum. Pastikan teman jakartans mengetahui aturan dan adat yang berlaku di tempat tujuan. Adat penting karena akan menambah petualangan liburan teman semua.

5. Siapkan Uang Kas Negara Tujuan*
Tidak lucu sama sekali kalau teman mau beli kebab di jalanan tapi bayarnya pakai kartu kredit. Bagaimanapun siapkan uang denominasi negara tujuan, entah itu untuk memberi tip, membeli jajanan street food, atau sekedar main peruntungan. 

Photo courtesy of Freepik, Pixelraw, Pexels dan Pixabay

#travel #travelling #vacation #holiday #backpacking #travelagent #
  • 3 FILOSOFI PENTING TENTANG UANG

Untuk mengelola keuangan pribadi, teman jakartans sebenarnya tidak butuh banyak nasehat canggih dari para pakar. Cukup pelajari 3 hal ini saja, maka keuangan teman jakartans akan baik-baik saja. Didasarkan pada buku best seller *The Psychology of Money* karya Morgan Housel

1. Tidak Ada Jalan Pintas
Jangan silau dengan kekayaan seseorang, semua ada waktunya. 
kalau teman jakartans ingin kaya maka bekerja dengan baik, saving secukupnya, investasi dengan baik, maka teman jakartans akan kaya dengan sendirinya. Ingat, kekayaan Warren Buffet hampir sebagian besar didapat ketika dia berusia 60 tahun.

2. Buang Jauh Pamer dan Gengsi
Kalau temans jakartans merasa menggunakan Lamborghini bisa membuat orang terkesan dan hormat, teman salah. Orang-orang sebenarnya terkesan dengan mobilnya bukan dengan teman jakartans. Cara tercepat untuk menghabiskan uang adalah membelanjakan uang agar orang lain terkesan. 

3. Dont Be Greedy
Enough is enough. Ada saatnya teman jakartans ketika mengumpulkan kekayaan mengenal kata cukup. Kekayaan sejati adalah anda memiliki kebebasan untuk berkata cukup. Rajat Gupta, investor Goldman Sachs harus mendekap di penjara karena rakus dengan dana investasi, padahal kekayaannya sudah lebih dari 100 juta US Dolar. 

#personalfinance #finance #morganhousel #psychologyofmoney #investment #money
  • 3 Keuntungan Memakai Uang Elektronik

Temans Jakartans pasti sering dong menggunakan uang elektronik, entah untuk membayar biaya toll, tiket transjakarta, mrt, membeli makanan dsb. Di abad dimana internet dan kecerdasan buatan dibutuhkan manusia, memiliki uang elektronik bukan sekadar perlu tapi juga butuh. 
Berikut beberapa keunggulan menggunakan uang elektronik. Psst nomor tiga yang paking dicari. 

#1 Praktis Anti Ribet
Salah satu alasan paling penting mengapa kita harus memiliki uang elektronik, yakni praktis. Teman Jakartans tidak perlu membawa banyak uang kertas untuk melakukan pembayaran, atau menerima kembalian dalam bentuk receh. 
Uang Elektronik memudahkan penggunanya untuk melakukan pembayaran dalam nominal kecil tanpa perlu repot memikirkan kembalian

#2 Transaksi Aman Tercatat Otomatis
Tidak perlu bingung untuk mengingat maupun mencari bukti transaksi uang elektronik anda. 
Selain aman, setiap penggunaan uang elektronik, bank penerbit maupun institusi keuangan penyedia memiliki database pencatatan yang secara otomatis bisa dilihat di akun teman Jakartans. 

#3 Promo Poin Cashback
Ini yang menjadi benefit paling menggiurkan, setiap penyedia jasa layanan uang elektronik berlomba-lomba memberikan promo potongan harga, cashback ataupun poin yang membuat transaksi teman Jakartans menjadi lebih hemat.

Gimana temans jakartans, masih belum beralih menggunakan uang elektronik. Ayo pakai uang elektronik.

Konten ini diproduksi untuk mendukung program inklusi keuangan Republik Indonesia. 

#cashlesssociety #inklusikeuangan #uangelektronik #emoney #cashback #financialliteracy #literasikeuangan #jakarta #thejakartans.
  • 3 Langkah Mudah Sukses Finansial

Tidak perlu menjadi Elon Musk untuk menjadi kaya, cukup ikuti tiga langkah praktis ini dan mulai hidup kaya dari sekarang.

#1. Pay Yourself First
Ganti istilah menabung dengan membayar dirimu sendiri dulu. 
Begitu dapat gaji, utamakan bayar dirimu terlebih dahulu baru bayar jasa orang lain. 

#2. Make it Automatic
Jangan membuat budget, tapi buat sistem autodebet  dari rekeningmu untuk membayar dirimu sendiri. 
Ingat sekecil apapun autodebet yang kamu lakukan lama-lama akan menjadi bukit. 

#3. Live Rich Now
Jalani hidup teman jakartans seperti biasa. Dalam satu tahun atau lima tahun kedepan, teman jakartans akan sukses secara finansial. Ambil kendali atas hidup anda sekarang juga!. 

Baca lengkap di http://thejakartans.com/tiga-langkah-mudah-menjadi-kaya/

#perencanaankeuangan #personalfinance #jakartans #temanjakarta #jakarta #wellness #wellbeing #finance
Semua hidangan yang sangat khas Ramadhan di Indonesia ini wajib untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Anak-anak muslim di seantero Indonesia, kebanyakan mengenal tradisi buka puasa Ramadhan dengan Kolak Pisang, Es Kelapa Muda, Bubur Kacang Hijau, ataupun Sop Buah. Oleh karenanya Kurma bukanlah pilihan utama walaupun banyak supermarket yang menjual buah ini. Indonesian Muslim prefer to have bananas rather than dates! Berikut adalah lima sajian khas buka puasa yang paling populer di Indonesia.

Kolak Pisang

Disajikan hangat ataupun dingin dengan tambahan kolang-kaling ataupun ubi, kolak pisang adalah daftar menu paling favorit bagi masyarakat Indonesia untuk berbuka puasa

Es Kelapa Muda

Es Kelapa Muda biasanya disajikan sebagai alternative menu buka puasa yang simple dan cukup populer. Es kelapa muda berada pada posisi minuman favorit karena segar, sedap dan cukup simple untuk disajikan. Ia bisa menjadi pelengkap bisa juga sebagai menu pembuka utama.

Cocktail Sop Buah

Makanan pembuka buka puasa ini disajikan dengan banyak potongan banyak buah-buahan, mulai dari melon, blewah, nangka, stroberi, anggur, rumput laut dsb. Kadang ada yang menggunakan susu carnation sebagai pemanis namun ada juga yang menggunakan air gula, semua tergantung selera.

Bubur Kacang Hijau

Bisa dijumpai di seantero Indonesia, bubur kacang hijau adalah makanan pembuka favorit bagi sebagian besar masyarakat. Makanan ini bisa menjadi pengganti dalam sebuah keluarga yang bosan dengan kolak pisang. Terbuat dengan bahan utama kacang hijau dan santan ini sangat nikmat bila disajikan hangat, apalagi jika santannya beraroma pandan, wah sangat ngangenin. Bisa diperkaya dengan ketan hitam.

Gorengan

Makanan ini adalah makanan pembuka pelengkap yang sepertinya wajib hadir karena menjadi alternative tatkala takjil habis, namun belum siap untuk makan besar. Gorengan bisa terdiri dari tempe, tahu, bakwan, dan perkedel. Rasanya yang gurih dan renyah menjadi teman sesaat setelah berbuka, setelah shalat maghrib ataupun sebagai menu berbuka makanan besar.

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa.

#happyfasting
#fastingmonth
#ramadankareem
#ramadhan
#bulanpuasa
#puasa
#indonesia
#takjil
Semua hidangan yang sangat khas Ramadhan di Indonesia ini wajib untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Anak-anak muslim di seantero Indonesia, kebanyakan mengenal tradisi buka puasa Ramadhan dengan Kolak Pisang, Es Kelapa Muda, Bubur Kacang Hijau, ataupun Sop Buah. Oleh karenanya Kurma bukanlah pilihan utama walaupun banyak supermarket yang menjual buah ini. Indonesian Muslim prefer to have bananas rather than dates! Berikut adalah lima sajian khas buka puasa yang paling populer di Indonesia.

Kolak Pisang

Disajikan hangat ataupun dingin dengan tambahan kolang-kaling ataupun ubi, kolak pisang adalah daftar menu paling favorit bagi masyarakat Indonesia untuk berbuka puasa

Es Kelapa Muda

Es Kelapa Muda biasanya disajikan sebagai alternative menu buka puasa yang simple dan cukup populer. Es kelapa muda berada pada posisi minuman favorit karena segar, sedap dan cukup simple untuk disajikan. Ia bisa menjadi pelengkap bisa juga sebagai menu pembuka utama.

Cocktail Sop Buah

Makanan pembuka buka puasa ini disajikan dengan banyak potongan banyak buah-buahan, mulai dari melon, blewah, nangka, stroberi, anggur, rumput laut dsb. Kadang ada yang menggunakan susu carnation sebagai pemanis namun ada juga yang menggunakan air gula, semua tergantung selera.

Bubur Kacang Hijau

Bisa dijumpai di seantero Indonesia, bubur kacang hijau adalah makanan pembuka favorit bagi sebagian besar masyarakat. Makanan ini bisa menjadi pengganti dalam sebuah keluarga yang bosan dengan kolak pisang. Terbuat dengan bahan utama kacang hijau dan santan ini sangat nikmat bila disajikan hangat, apalagi jika santannya beraroma pandan, wah sangat ngangenin. Bisa diperkaya dengan ketan hitam.

Gorengan

Makanan ini adalah makanan pembuka pelengkap yang sepertinya wajib hadir karena menjadi alternative tatkala takjil habis, namun belum siap untuk makan besar. Gorengan bisa terdiri dari tempe, tahu, bakwan, dan perkedel. Rasanya yang gurih dan renyah menjadi teman sesaat setelah berbuka, setelah shalat maghrib ataupun sebagai menu berbuka makanan besar.

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa.

#happyfasting
#fastingmonth
#ramadankareem
#ramadhan
#bulanpuasa
#puasa
#indonesia
#takjil
Semua hidangan yang sangat khas Ramadhan di Indonesia ini wajib untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Anak-anak muslim di seantero Indonesia, kebanyakan mengenal tradisi buka puasa Ramadhan dengan Kolak Pisang, Es Kelapa Muda, Bubur Kacang Hijau, ataupun Sop Buah. Oleh karenanya Kurma bukanlah pilihan utama walaupun banyak supermarket yang menjual buah ini. Indonesian Muslim prefer to have bananas rather than dates! Berikut adalah lima sajian khas buka puasa yang paling populer di Indonesia.

Kolak Pisang

Disajikan hangat ataupun dingin dengan tambahan kolang-kaling ataupun ubi, kolak pisang adalah daftar menu paling favorit bagi masyarakat Indonesia untuk berbuka puasa

Es Kelapa Muda

Es Kelapa Muda biasanya disajikan sebagai alternative menu buka puasa yang simple dan cukup populer. Es kelapa muda berada pada posisi minuman favorit karena segar, sedap dan cukup simple untuk disajikan. Ia bisa menjadi pelengkap bisa juga sebagai menu pembuka utama.

Cocktail Sop Buah

Makanan pembuka buka puasa ini disajikan dengan banyak potongan banyak buah-buahan, mulai dari melon, blewah, nangka, stroberi, anggur, rumput laut dsb. Kadang ada yang menggunakan susu carnation sebagai pemanis namun ada juga yang menggunakan air gula, semua tergantung selera.

Bubur Kacang Hijau

Bisa dijumpai di seantero Indonesia, bubur kacang hijau adalah makanan pembuka favorit bagi sebagian besar masyarakat. Makanan ini bisa menjadi pengganti dalam sebuah keluarga yang bosan dengan kolak pisang. Terbuat dengan bahan utama kacang hijau dan santan ini sangat nikmat bila disajikan hangat, apalagi jika santannya beraroma pandan, wah sangat ngangenin. Bisa diperkaya dengan ketan hitam.

Gorengan

Makanan ini adalah makanan pembuka pelengkap yang sepertinya wajib hadir karena menjadi alternative tatkala takjil habis, namun belum siap untuk makan besar. Gorengan bisa terdiri dari tempe, tahu, bakwan, dan perkedel. Rasanya yang gurih dan renyah menjadi teman sesaat setelah berbuka, setelah shalat maghrib ataupun sebagai menu berbuka makanan besar.

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa.

#happyfasting
#fastingmonth
#ramadankareem
#ramadhan
#bulanpuasa
#puasa
#indonesia
#takjil
Semua hidangan yang sangat khas Ramadhan di Indonesia ini wajib untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Anak-anak muslim di seantero Indonesia, kebanyakan mengenal tradisi buka puasa Ramadhan dengan Kolak Pisang, Es Kelapa Muda, Bubur Kacang Hijau, ataupun Sop Buah. Oleh karenanya Kurma bukanlah pilihan utama walaupun banyak supermarket yang menjual buah ini. Indonesian Muslim prefer to have bananas rather than dates! Berikut adalah lima sajian khas buka puasa yang paling populer di Indonesia.

Kolak Pisang

Disajikan hangat ataupun dingin dengan tambahan kolang-kaling ataupun ubi, kolak pisang adalah daftar menu paling favorit bagi masyarakat Indonesia untuk berbuka puasa

Es Kelapa Muda

Es Kelapa Muda biasanya disajikan sebagai alternative menu buka puasa yang simple dan cukup populer. Es kelapa muda berada pada posisi minuman favorit karena segar, sedap dan cukup simple untuk disajikan. Ia bisa menjadi pelengkap bisa juga sebagai menu pembuka utama.

Cocktail Sop Buah

Makanan pembuka buka puasa ini disajikan dengan banyak potongan banyak buah-buahan, mulai dari melon, blewah, nangka, stroberi, anggur, rumput laut dsb. Kadang ada yang menggunakan susu carnation sebagai pemanis namun ada juga yang menggunakan air gula, semua tergantung selera.

Bubur Kacang Hijau

Bisa dijumpai di seantero Indonesia, bubur kacang hijau adalah makanan pembuka favorit bagi sebagian besar masyarakat. Makanan ini bisa menjadi pengganti dalam sebuah keluarga yang bosan dengan kolak pisang. Terbuat dengan bahan utama kacang hijau dan santan ini sangat nikmat bila disajikan hangat, apalagi jika santannya beraroma pandan, wah sangat ngangenin. Bisa diperkaya dengan ketan hitam.

Gorengan

Makanan ini adalah makanan pembuka pelengkap yang sepertinya wajib hadir karena menjadi alternative tatkala takjil habis, namun belum siap untuk makan besar. Gorengan bisa terdiri dari tempe, tahu, bakwan, dan perkedel. Rasanya yang gurih dan renyah menjadi teman sesaat setelah berbuka, setelah shalat maghrib ataupun sebagai menu berbuka makanan besar.

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa.

#happyfasting
#fastingmonth
#ramadankareem
#ramadhan
#bulanpuasa
#puasa
#indonesia
#takjil
Semua hidangan yang sangat khas Ramadhan di Indonesia ini wajib untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Anak-anak muslim di seantero Indonesia, kebanyakan mengenal tradisi buka puasa Ramadhan dengan Kolak Pisang, Es Kelapa Muda, Bubur Kacang Hijau, ataupun Sop Buah. Oleh karenanya Kurma bukanlah pilihan utama walaupun banyak supermarket yang menjual buah ini. Indonesian Muslim prefer to have bananas rather than dates! Berikut adalah lima sajian khas buka puasa yang paling populer di Indonesia.

Kolak Pisang

Disajikan hangat ataupun dingin dengan tambahan kolang-kaling ataupun ubi, kolak pisang adalah daftar menu paling favorit bagi masyarakat Indonesia untuk berbuka puasa

Es Kelapa Muda

Es Kelapa Muda biasanya disajikan sebagai alternative menu buka puasa yang simple dan cukup populer. Es kelapa muda berada pada posisi minuman favorit karena segar, sedap dan cukup simple untuk disajikan. Ia bisa menjadi pelengkap bisa juga sebagai menu pembuka utama.

Cocktail Sop Buah

Makanan pembuka buka puasa ini disajikan dengan banyak potongan banyak buah-buahan, mulai dari melon, blewah, nangka, stroberi, anggur, rumput laut dsb. Kadang ada yang menggunakan susu carnation sebagai pemanis namun ada juga yang menggunakan air gula, semua tergantung selera.

Bubur Kacang Hijau

Bisa dijumpai di seantero Indonesia, bubur kacang hijau adalah makanan pembuka favorit bagi sebagian besar masyarakat. Makanan ini bisa menjadi pengganti dalam sebuah keluarga yang bosan dengan kolak pisang. Terbuat dengan bahan utama kacang hijau dan santan ini sangat nikmat bila disajikan hangat, apalagi jika santannya beraroma pandan, wah sangat ngangenin. Bisa diperkaya dengan ketan hitam.

Gorengan

Makanan ini adalah makanan pembuka pelengkap yang sepertinya wajib hadir karena menjadi alternative tatkala takjil habis, namun belum siap untuk makan besar. Gorengan bisa terdiri dari tempe, tahu, bakwan, dan perkedel. Rasanya yang gurih dan renyah menjadi teman sesaat setelah berbuka, setelah shalat maghrib ataupun sebagai menu berbuka makanan besar.

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa.

#happyfasting
#fastingmonth
#ramadankareem
#ramadhan
#bulanpuasa
#puasa
#indonesia
#takjil
Semua hidangan yang sangat khas Ramadhan di Indonesia ini wajib untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Anak-anak muslim di seantero Indonesia, kebanyakan mengenal tradisi buka puasa Ramadhan dengan Kolak Pisang, Es Kelapa Muda, Bubur Kacang Hijau, ataupun Sop Buah. Oleh karenanya Kurma bukanlah pilihan utama walaupun banyak supermarket yang menjual buah ini. Indonesian Muslim prefer to have bananas rather than dates! Berikut adalah lima sajian khas buka puasa yang paling populer di Indonesia.

Kolak Pisang

Disajikan hangat ataupun dingin dengan tambahan kolang-kaling ataupun ubi, kolak pisang adalah daftar menu paling favorit bagi masyarakat Indonesia untuk berbuka puasa

Es Kelapa Muda

Es Kelapa Muda biasanya disajikan sebagai alternative menu buka puasa yang simple dan cukup populer. Es kelapa muda berada pada posisi minuman favorit karena segar, sedap dan cukup simple untuk disajikan. Ia bisa menjadi pelengkap bisa juga sebagai menu pembuka utama.

Cocktail Sop Buah

Makanan pembuka buka puasa ini disajikan dengan banyak potongan banyak buah-buahan, mulai dari melon, blewah, nangka, stroberi, anggur, rumput laut dsb. Kadang ada yang menggunakan susu carnation sebagai pemanis namun ada juga yang menggunakan air gula, semua tergantung selera.

Bubur Kacang Hijau

Bisa dijumpai di seantero Indonesia, bubur kacang hijau adalah makanan pembuka favorit bagi sebagian besar masyarakat. Makanan ini bisa menjadi pengganti dalam sebuah keluarga yang bosan dengan kolak pisang. Terbuat dengan bahan utama kacang hijau dan santan ini sangat nikmat bila disajikan hangat, apalagi jika santannya beraroma pandan, wah sangat ngangenin. Bisa diperkaya dengan ketan hitam.

Gorengan

Makanan ini adalah makanan pembuka pelengkap yang sepertinya wajib hadir karena menjadi alternative tatkala takjil habis, namun belum siap untuk makan besar. Gorengan bisa terdiri dari tempe, tahu, bakwan, dan perkedel. Rasanya yang gurih dan renyah menjadi teman sesaat setelah berbuka, setelah shalat maghrib ataupun sebagai menu berbuka makanan besar.

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa.

#happyfasting
#fastingmonth
#ramadankareem
#ramadhan
#bulanpuasa
#puasa
#indonesia
#takjil
Semua hidangan yang sangat khas Ramadhan di Indonesia ini wajib untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Anak-anak muslim di seantero Indonesia, kebanyakan mengenal tradisi buka puasa Ramadhan dengan Kolak Pisang, Es Kelapa Muda, Bubur Kacang Hijau, ataupun Sop Buah. Oleh karenanya Kurma bukanlah pilihan utama walaupun banyak supermarket yang menjual buah ini. Indonesian Muslim prefer to have bananas rather than dates! Berikut adalah lima sajian khas buka puasa yang paling populer di Indonesia.

Kolak Pisang

Disajikan hangat ataupun dingin dengan tambahan kolang-kaling ataupun ubi, kolak pisang adalah daftar menu paling favorit bagi masyarakat Indonesia untuk berbuka puasa

Es Kelapa Muda

Es Kelapa Muda biasanya disajikan sebagai alternative menu buka puasa yang simple dan cukup populer. Es kelapa muda berada pada posisi minuman favorit karena segar, sedap dan cukup simple untuk disajikan. Ia bisa menjadi pelengkap bisa juga sebagai menu pembuka utama.

Cocktail Sop Buah

Makanan pembuka buka puasa ini disajikan dengan banyak potongan banyak buah-buahan, mulai dari melon, blewah, nangka, stroberi, anggur, rumput laut dsb. Kadang ada yang menggunakan susu carnation sebagai pemanis namun ada juga yang menggunakan air gula, semua tergantung selera.

Bubur Kacang Hijau

Bisa dijumpai di seantero Indonesia, bubur kacang hijau adalah makanan pembuka favorit bagi sebagian besar masyarakat. Makanan ini bisa menjadi pengganti dalam sebuah keluarga yang bosan dengan kolak pisang. Terbuat dengan bahan utama kacang hijau dan santan ini sangat nikmat bila disajikan hangat, apalagi jika santannya beraroma pandan, wah sangat ngangenin. Bisa diperkaya dengan ketan hitam.

Gorengan

Makanan ini adalah makanan pembuka pelengkap yang sepertinya wajib hadir karena menjadi alternative tatkala takjil habis, namun belum siap untuk makan besar. Gorengan bisa terdiri dari tempe, tahu, bakwan, dan perkedel. Rasanya yang gurih dan renyah menjadi teman sesaat setelah berbuka, setelah shalat maghrib ataupun sebagai menu berbuka makanan besar.

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa.

#happyfasting
#fastingmonth
#ramadankareem
#ramadhan
#bulanpuasa
#puasa
#indonesia
#takjil
Semua hidangan yang sangat khas Ramadhan di Indonesia ini wajib untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Anak-anak muslim di seantero Indonesia, kebanyakan mengenal tradisi buka puasa Ramadhan dengan Kolak Pisang, Es Kelapa Muda, Bubur Kacang Hijau, ataupun Sop Buah. Oleh karenanya Kurma bukanlah pilihan utama walaupun banyak supermarket yang menjual buah ini. Indonesian Muslim prefer to have bananas rather than dates! Berikut adalah lima sajian khas buka puasa yang paling populer di Indonesia. Kolak Pisang Disajikan hangat ataupun dingin dengan tambahan kolang-kaling ataupun ubi, kolak pisang adalah daftar menu paling favorit bagi masyarakat Indonesia untuk berbuka puasa Es Kelapa Muda Es Kelapa Muda biasanya disajikan sebagai alternative menu buka puasa yang simple dan cukup populer. Es kelapa muda berada pada posisi minuman favorit karena segar, sedap dan cukup simple untuk disajikan. Ia bisa menjadi pelengkap bisa juga sebagai menu pembuka utama. Cocktail Sop Buah Makanan pembuka buka puasa ini disajikan dengan banyak potongan banyak buah-buahan, mulai dari melon, blewah, nangka, stroberi, anggur, rumput laut dsb. Kadang ada yang menggunakan susu carnation sebagai pemanis namun ada juga yang menggunakan air gula, semua tergantung selera. Bubur Kacang Hijau Bisa dijumpai di seantero Indonesia, bubur kacang hijau adalah makanan pembuka favorit bagi sebagian besar masyarakat. Makanan ini bisa menjadi pengganti dalam sebuah keluarga yang bosan dengan kolak pisang. Terbuat dengan bahan utama kacang hijau dan santan ini sangat nikmat bila disajikan hangat, apalagi jika santannya beraroma pandan, wah sangat ngangenin. Bisa diperkaya dengan ketan hitam. Gorengan Makanan ini adalah makanan pembuka pelengkap yang sepertinya wajib hadir karena menjadi alternative tatkala takjil habis, namun belum siap untuk makan besar. Gorengan bisa terdiri dari tempe, tahu, bakwan, dan perkedel. Rasanya yang gurih dan renyah menjadi teman sesaat setelah berbuka, setelah shalat maghrib ataupun sebagai menu berbuka makanan besar. Selamat Menunaikan Ibadah Puasa. #happyfasting #fastingmonth #ramadankareem #ramadhan #bulanpuasa #puasa #indonesia #takjil
1 year ago
View on Instagram |
1/6
MENGENAL BERAGAM VARIAN KURMA
Buah yang satu ini selain rasanya yang legit dan memiliki banyak kandungan serat dan nutrisi penting lainnya, ternyata juga merupakan kudapan favorit nabi lho. Kenalan dulu yuk dengan lima jenis varian buah kurma ini. 

Baca lengkap : https://thejakartans.com/mengenal-beragam-legitnya-kurma-saat-ramadhan/

#dates #kurma #ramadhan #medjool #dougletnour #ajwa #sukkari #ruthob
MENGENAL BERAGAM VARIAN KURMA
Buah yang satu ini selain rasanya yang legit dan memiliki banyak kandungan serat dan nutrisi penting lainnya, ternyata juga merupakan kudapan favorit nabi lho. Kenalan dulu yuk dengan lima jenis varian buah kurma ini. 

Baca lengkap : https://thejakartans.com/mengenal-beragam-legitnya-kurma-saat-ramadhan/

#dates #kurma #ramadhan #medjool #dougletnour #ajwa #sukkari #ruthob
MENGENAL BERAGAM VARIAN KURMA
Buah yang satu ini selain rasanya yang legit dan memiliki banyak kandungan serat dan nutrisi penting lainnya, ternyata juga merupakan kudapan favorit nabi lho. Kenalan dulu yuk dengan lima jenis varian buah kurma ini. 

Baca lengkap : https://thejakartans.com/mengenal-beragam-legitnya-kurma-saat-ramadhan/

#dates #kurma #ramadhan #medjool #dougletnour #ajwa #sukkari #ruthob
MENGENAL BERAGAM VARIAN KURMA
Buah yang satu ini selain rasanya yang legit dan memiliki banyak kandungan serat dan nutrisi penting lainnya, ternyata juga merupakan kudapan favorit nabi lho. Kenalan dulu yuk dengan lima jenis varian buah kurma ini. 

Baca lengkap : https://thejakartans.com/mengenal-beragam-legitnya-kurma-saat-ramadhan/

#dates #kurma #ramadhan #medjool #dougletnour #ajwa #sukkari #ruthob
MENGENAL BERAGAM VARIAN KURMA
Buah yang satu ini selain rasanya yang legit dan memiliki banyak kandungan serat dan nutrisi penting lainnya, ternyata juga merupakan kudapan favorit nabi lho. Kenalan dulu yuk dengan lima jenis varian buah kurma ini. 

Baca lengkap : https://thejakartans.com/mengenal-beragam-legitnya-kurma-saat-ramadhan/

#dates #kurma #ramadhan #medjool #dougletnour #ajwa #sukkari #ruthob
MENGENAL BERAGAM VARIAN KURMA
Buah yang satu ini selain rasanya yang legit dan memiliki banyak kandungan serat dan nutrisi penting lainnya, ternyata juga merupakan kudapan favorit nabi lho. Kenalan dulu yuk dengan lima jenis varian buah kurma ini. 

Baca lengkap : https://thejakartans.com/mengenal-beragam-legitnya-kurma-saat-ramadhan/

#dates #kurma #ramadhan #medjool #dougletnour #ajwa #sukkari #ruthob
MENGENAL BERAGAM VARIAN KURMA
Buah yang satu ini selain rasanya yang legit dan memiliki banyak kandungan serat dan nutrisi penting lainnya, ternyata juga merupakan kudapan favorit nabi lho. Kenalan dulu yuk dengan lima jenis varian buah kurma ini. 

Baca lengkap : https://thejakartans.com/mengenal-beragam-legitnya-kurma-saat-ramadhan/

#dates #kurma #ramadhan #medjool #dougletnour #ajwa #sukkari #ruthob
MENGENAL BERAGAM VARIAN KURMA Buah yang satu ini selain rasanya yang legit dan memiliki banyak kandungan serat dan nutrisi penting lainnya, ternyata juga merupakan kudapan favorit nabi lho. Kenalan dulu yuk dengan lima jenis varian buah kurma ini. Baca lengkap : https://thejakartans.com/mengenal-beragam-legitnya-kurma-saat-ramadhan/ #dates #kurma #ramadhan #medjool #dougletnour #ajwa #sukkari #ruthob
2 years ago
View on Instagram |
2/6
5 Persiapan Penting Sebelum Liburan
Entah itu liburan domestik maupun luar negeri, ada baiknya lho mempersiapkan hal-hal berikut agar liburanmu menyenangkan. Jangan sampai khayalmu untuk tampil keren buyar gegara lupa persiapan berikut. 

1. Mengurus Passport & Visa
Passport dan Visa adalah dua hal terpenting bagi teman yang ingin liburan ke luar negeri. Keduanya memakan waktu cukup lama. Pastikan setiap ketentuan visa dipenuhi agar liburanmu ke Paris bisa berjalan sempurna. Bagi perjalanan domestik, cukup bawa ktp dan sim saja ya. 

2. Memilih Travel Agent
Ada baiknya bagi pelancong pemula, memilih agensi perjalanan terpercaya. Pastikan budget dan itinerary perjalanan sesuai rencana. Harap memilih agensi perjalanan yang mengutamakan perjalanan bukan belanja. 

3. Packing Barang Bawaan
Barang-barang apa saja yang perlu dibawa. Pastikan bawa hal basic seperti baju, dokumen penting, obat-obatan, sunglasses, credit card, sneaker atau sandal. Untuk baju pastikan warna basic yang dibawa karena mudah untuk memadupadankan dengan outer. 

4. Ketahui Adat & Aturan Setempat
Jangan sampai berurusan dengan orang setempat atau aparat hukum. Pastikan teman jakartans mengetahui aturan dan adat yang berlaku di tempat tujuan. Adat penting karena akan menambah petualangan liburan teman semua.

5. Siapkan Uang Kas Negara Tujuan*
Tidak lucu sama sekali kalau teman mau beli kebab di jalanan tapi bayarnya pakai kartu kredit. Bagaimanapun siapkan uang denominasi negara tujuan, entah itu untuk memberi tip, membeli jajanan street food, atau sekedar main peruntungan. 

Photo courtesy of Freepik, Pixelraw, Pexels dan Pixabay

#travel #travelling #vacation #holiday #backpacking #travelagent #
5 Persiapan Penting Sebelum Liburan
Entah itu liburan domestik maupun luar negeri, ada baiknya lho mempersiapkan hal-hal berikut agar liburanmu menyenangkan. Jangan sampai khayalmu untuk tampil keren buyar gegara lupa persiapan berikut. 

1. Mengurus Passport & Visa
Passport dan Visa adalah dua hal terpenting bagi teman yang ingin liburan ke luar negeri. Keduanya memakan waktu cukup lama. Pastikan setiap ketentuan visa dipenuhi agar liburanmu ke Paris bisa berjalan sempurna. Bagi perjalanan domestik, cukup bawa ktp dan sim saja ya. 

2. Memilih Travel Agent
Ada baiknya bagi pelancong pemula, memilih agensi perjalanan terpercaya. Pastikan budget dan itinerary perjalanan sesuai rencana. Harap memilih agensi perjalanan yang mengutamakan perjalanan bukan belanja. 

3. Packing Barang Bawaan
Barang-barang apa saja yang perlu dibawa. Pastikan bawa hal basic seperti baju, dokumen penting, obat-obatan, sunglasses, credit card, sneaker atau sandal. Untuk baju pastikan warna basic yang dibawa karena mudah untuk memadupadankan dengan outer. 

4. Ketahui Adat & Aturan Setempat
Jangan sampai berurusan dengan orang setempat atau aparat hukum. Pastikan teman jakartans mengetahui aturan dan adat yang berlaku di tempat tujuan. Adat penting karena akan menambah petualangan liburan teman semua.

5. Siapkan Uang Kas Negara Tujuan*
Tidak lucu sama sekali kalau teman mau beli kebab di jalanan tapi bayarnya pakai kartu kredit. Bagaimanapun siapkan uang denominasi negara tujuan, entah itu untuk memberi tip, membeli jajanan street food, atau sekedar main peruntungan. 

Photo courtesy of Freepik, Pixelraw, Pexels dan Pixabay

#travel #travelling #vacation #holiday #backpacking #travelagent #
5 Persiapan Penting Sebelum Liburan
Entah itu liburan domestik maupun luar negeri, ada baiknya lho mempersiapkan hal-hal berikut agar liburanmu menyenangkan. Jangan sampai khayalmu untuk tampil keren buyar gegara lupa persiapan berikut. 

1. Mengurus Passport & Visa
Passport dan Visa adalah dua hal terpenting bagi teman yang ingin liburan ke luar negeri. Keduanya memakan waktu cukup lama. Pastikan setiap ketentuan visa dipenuhi agar liburanmu ke Paris bisa berjalan sempurna. Bagi perjalanan domestik, cukup bawa ktp dan sim saja ya. 

2. Memilih Travel Agent
Ada baiknya bagi pelancong pemula, memilih agensi perjalanan terpercaya. Pastikan budget dan itinerary perjalanan sesuai rencana. Harap memilih agensi perjalanan yang mengutamakan perjalanan bukan belanja. 

3. Packing Barang Bawaan
Barang-barang apa saja yang perlu dibawa. Pastikan bawa hal basic seperti baju, dokumen penting, obat-obatan, sunglasses, credit card, sneaker atau sandal. Untuk baju pastikan warna basic yang dibawa karena mudah untuk memadupadankan dengan outer. 

4. Ketahui Adat & Aturan Setempat
Jangan sampai berurusan dengan orang setempat atau aparat hukum. Pastikan teman jakartans mengetahui aturan dan adat yang berlaku di tempat tujuan. Adat penting karena akan menambah petualangan liburan teman semua.

5. Siapkan Uang Kas Negara Tujuan*
Tidak lucu sama sekali kalau teman mau beli kebab di jalanan tapi bayarnya pakai kartu kredit. Bagaimanapun siapkan uang denominasi negara tujuan, entah itu untuk memberi tip, membeli jajanan street food, atau sekedar main peruntungan. 

Photo courtesy of Freepik, Pixelraw, Pexels dan Pixabay

#travel #travelling #vacation #holiday #backpacking #travelagent #
5 Persiapan Penting Sebelum Liburan
Entah itu liburan domestik maupun luar negeri, ada baiknya lho mempersiapkan hal-hal berikut agar liburanmu menyenangkan. Jangan sampai khayalmu untuk tampil keren buyar gegara lupa persiapan berikut. 

1. Mengurus Passport & Visa
Passport dan Visa adalah dua hal terpenting bagi teman yang ingin liburan ke luar negeri. Keduanya memakan waktu cukup lama. Pastikan setiap ketentuan visa dipenuhi agar liburanmu ke Paris bisa berjalan sempurna. Bagi perjalanan domestik, cukup bawa ktp dan sim saja ya. 

2. Memilih Travel Agent
Ada baiknya bagi pelancong pemula, memilih agensi perjalanan terpercaya. Pastikan budget dan itinerary perjalanan sesuai rencana. Harap memilih agensi perjalanan yang mengutamakan perjalanan bukan belanja. 

3. Packing Barang Bawaan
Barang-barang apa saja yang perlu dibawa. Pastikan bawa hal basic seperti baju, dokumen penting, obat-obatan, sunglasses, credit card, sneaker atau sandal. Untuk baju pastikan warna basic yang dibawa karena mudah untuk memadupadankan dengan outer. 

4. Ketahui Adat & Aturan Setempat
Jangan sampai berurusan dengan orang setempat atau aparat hukum. Pastikan teman jakartans mengetahui aturan dan adat yang berlaku di tempat tujuan. Adat penting karena akan menambah petualangan liburan teman semua.

5. Siapkan Uang Kas Negara Tujuan*
Tidak lucu sama sekali kalau teman mau beli kebab di jalanan tapi bayarnya pakai kartu kredit. Bagaimanapun siapkan uang denominasi negara tujuan, entah itu untuk memberi tip, membeli jajanan street food, atau sekedar main peruntungan. 

Photo courtesy of Freepik, Pixelraw, Pexels dan Pixabay

#travel #travelling #vacation #holiday #backpacking #travelagent #
5 Persiapan Penting Sebelum Liburan
Entah itu liburan domestik maupun luar negeri, ada baiknya lho mempersiapkan hal-hal berikut agar liburanmu menyenangkan. Jangan sampai khayalmu untuk tampil keren buyar gegara lupa persiapan berikut. 

1. Mengurus Passport & Visa
Passport dan Visa adalah dua hal terpenting bagi teman yang ingin liburan ke luar negeri. Keduanya memakan waktu cukup lama. Pastikan setiap ketentuan visa dipenuhi agar liburanmu ke Paris bisa berjalan sempurna. Bagi perjalanan domestik, cukup bawa ktp dan sim saja ya. 

2. Memilih Travel Agent
Ada baiknya bagi pelancong pemula, memilih agensi perjalanan terpercaya. Pastikan budget dan itinerary perjalanan sesuai rencana. Harap memilih agensi perjalanan yang mengutamakan perjalanan bukan belanja. 

3. Packing Barang Bawaan
Barang-barang apa saja yang perlu dibawa. Pastikan bawa hal basic seperti baju, dokumen penting, obat-obatan, sunglasses, credit card, sneaker atau sandal. Untuk baju pastikan warna basic yang dibawa karena mudah untuk memadupadankan dengan outer. 

4. Ketahui Adat & Aturan Setempat
Jangan sampai berurusan dengan orang setempat atau aparat hukum. Pastikan teman jakartans mengetahui aturan dan adat yang berlaku di tempat tujuan. Adat penting karena akan menambah petualangan liburan teman semua.

5. Siapkan Uang Kas Negara Tujuan*
Tidak lucu sama sekali kalau teman mau beli kebab di jalanan tapi bayarnya pakai kartu kredit. Bagaimanapun siapkan uang denominasi negara tujuan, entah itu untuk memberi tip, membeli jajanan street food, atau sekedar main peruntungan. 

Photo courtesy of Freepik, Pixelraw, Pexels dan Pixabay

#travel #travelling #vacation #holiday #backpacking #travelagent #
5 Persiapan Penting Sebelum Liburan
Entah itu liburan domestik maupun luar negeri, ada baiknya lho mempersiapkan hal-hal berikut agar liburanmu menyenangkan. Jangan sampai khayalmu untuk tampil keren buyar gegara lupa persiapan berikut. 

1. Mengurus Passport & Visa
Passport dan Visa adalah dua hal terpenting bagi teman yang ingin liburan ke luar negeri. Keduanya memakan waktu cukup lama. Pastikan setiap ketentuan visa dipenuhi agar liburanmu ke Paris bisa berjalan sempurna. Bagi perjalanan domestik, cukup bawa ktp dan sim saja ya. 

2. Memilih Travel Agent
Ada baiknya bagi pelancong pemula, memilih agensi perjalanan terpercaya. Pastikan budget dan itinerary perjalanan sesuai rencana. Harap memilih agensi perjalanan yang mengutamakan perjalanan bukan belanja. 

3. Packing Barang Bawaan
Barang-barang apa saja yang perlu dibawa. Pastikan bawa hal basic seperti baju, dokumen penting, obat-obatan, sunglasses, credit card, sneaker atau sandal. Untuk baju pastikan warna basic yang dibawa karena mudah untuk memadupadankan dengan outer. 

4. Ketahui Adat & Aturan Setempat
Jangan sampai berurusan dengan orang setempat atau aparat hukum. Pastikan teman jakartans mengetahui aturan dan adat yang berlaku di tempat tujuan. Adat penting karena akan menambah petualangan liburan teman semua.

5. Siapkan Uang Kas Negara Tujuan*
Tidak lucu sama sekali kalau teman mau beli kebab di jalanan tapi bayarnya pakai kartu kredit. Bagaimanapun siapkan uang denominasi negara tujuan, entah itu untuk memberi tip, membeli jajanan street food, atau sekedar main peruntungan. 

Photo courtesy of Freepik, Pixelraw, Pexels dan Pixabay

#travel #travelling #vacation #holiday #backpacking #travelagent #
5 Persiapan Penting Sebelum Liburan
Entah itu liburan domestik maupun luar negeri, ada baiknya lho mempersiapkan hal-hal berikut agar liburanmu menyenangkan. Jangan sampai khayalmu untuk tampil keren buyar gegara lupa persiapan berikut. 

1. Mengurus Passport & Visa
Passport dan Visa adalah dua hal terpenting bagi teman yang ingin liburan ke luar negeri. Keduanya memakan waktu cukup lama. Pastikan setiap ketentuan visa dipenuhi agar liburanmu ke Paris bisa berjalan sempurna. Bagi perjalanan domestik, cukup bawa ktp dan sim saja ya. 

2. Memilih Travel Agent
Ada baiknya bagi pelancong pemula, memilih agensi perjalanan terpercaya. Pastikan budget dan itinerary perjalanan sesuai rencana. Harap memilih agensi perjalanan yang mengutamakan perjalanan bukan belanja. 

3. Packing Barang Bawaan
Barang-barang apa saja yang perlu dibawa. Pastikan bawa hal basic seperti baju, dokumen penting, obat-obatan, sunglasses, credit card, sneaker atau sandal. Untuk baju pastikan warna basic yang dibawa karena mudah untuk memadupadankan dengan outer. 

4. Ketahui Adat & Aturan Setempat
Jangan sampai berurusan dengan orang setempat atau aparat hukum. Pastikan teman jakartans mengetahui aturan dan adat yang berlaku di tempat tujuan. Adat penting karena akan menambah petualangan liburan teman semua.

5. Siapkan Uang Kas Negara Tujuan*
Tidak lucu sama sekali kalau teman mau beli kebab di jalanan tapi bayarnya pakai kartu kredit. Bagaimanapun siapkan uang denominasi negara tujuan, entah itu untuk memberi tip, membeli jajanan street food, atau sekedar main peruntungan. 

Photo courtesy of Freepik, Pixelraw, Pexels dan Pixabay

#travel #travelling #vacation #holiday #backpacking #travelagent #
5 Persiapan Penting Sebelum Liburan Entah itu liburan domestik maupun luar negeri, ada baiknya lho mempersiapkan hal-hal berikut agar liburanmu menyenangkan. Jangan sampai khayalmu untuk tampil keren buyar gegara lupa persiapan berikut. 1. Mengurus Passport & Visa Passport dan Visa adalah dua hal terpenting bagi teman yang ingin liburan ke luar negeri. Keduanya memakan waktu cukup lama. Pastikan setiap ketentuan visa dipenuhi agar liburanmu ke Paris bisa berjalan sempurna. Bagi perjalanan domestik, cukup bawa ktp dan sim saja ya. 2. Memilih Travel Agent Ada baiknya bagi pelancong pemula, memilih agensi perjalanan terpercaya. Pastikan budget dan itinerary perjalanan sesuai rencana. Harap memilih agensi perjalanan yang mengutamakan perjalanan bukan belanja. 3. Packing Barang Bawaan Barang-barang apa saja yang perlu dibawa. Pastikan bawa hal basic seperti baju, dokumen penting, obat-obatan, sunglasses, credit card, sneaker atau sandal. Untuk baju pastikan warna basic yang dibawa karena mudah untuk memadupadankan dengan outer. 4. Ketahui Adat & Aturan Setempat Jangan sampai berurusan dengan orang setempat atau aparat hukum. Pastikan teman jakartans mengetahui aturan dan adat yang berlaku di tempat tujuan. Adat penting karena akan menambah petualangan liburan teman semua. 5. Siapkan Uang Kas Negara Tujuan* Tidak lucu sama sekali kalau teman mau beli kebab di jalanan tapi bayarnya pakai kartu kredit. Bagaimanapun siapkan uang denominasi negara tujuan, entah itu untuk memberi tip, membeli jajanan street food, atau sekedar main peruntungan. Photo courtesy of Freepik, Pixelraw, Pexels dan Pixabay #travel #travelling #vacation #holiday #backpacking #travelagent #
2 years ago
View on Instagram |
3/6
3 FILOSOFI PENTING TENTANG UANG

Untuk mengelola keuangan pribadi, teman jakartans sebenarnya tidak butuh banyak nasehat canggih dari para pakar. Cukup pelajari 3 hal ini saja, maka keuangan teman jakartans akan baik-baik saja. Didasarkan pada buku best seller *The Psychology of Money* karya Morgan Housel

1. Tidak Ada Jalan Pintas
Jangan silau dengan kekayaan seseorang, semua ada waktunya. 
kalau teman jakartans ingin kaya maka bekerja dengan baik, saving secukupnya, investasi dengan baik, maka teman jakartans akan kaya dengan sendirinya. Ingat, kekayaan Warren Buffet hampir sebagian besar didapat ketika dia berusia 60 tahun.

2. Buang Jauh Pamer dan Gengsi
Kalau temans jakartans merasa menggunakan Lamborghini bisa membuat orang terkesan dan hormat, teman salah. Orang-orang sebenarnya terkesan dengan mobilnya bukan dengan teman jakartans. Cara tercepat untuk menghabiskan uang adalah membelanjakan uang agar orang lain terkesan. 

3. Dont Be Greedy
Enough is enough. Ada saatnya teman jakartans ketika mengumpulkan kekayaan mengenal kata cukup. Kekayaan sejati adalah anda memiliki kebebasan untuk berkata cukup. Rajat Gupta, investor Goldman Sachs harus mendekap di penjara karena rakus dengan dana investasi, padahal kekayaannya sudah lebih dari 100 juta US Dolar. 

#personalfinance #finance #morganhousel #psychologyofmoney #investment #money
3 FILOSOFI PENTING TENTANG UANG

Untuk mengelola keuangan pribadi, teman jakartans sebenarnya tidak butuh banyak nasehat canggih dari para pakar. Cukup pelajari 3 hal ini saja, maka keuangan teman jakartans akan baik-baik saja. Didasarkan pada buku best seller *The Psychology of Money* karya Morgan Housel

1. Tidak Ada Jalan Pintas
Jangan silau dengan kekayaan seseorang, semua ada waktunya. 
kalau teman jakartans ingin kaya maka bekerja dengan baik, saving secukupnya, investasi dengan baik, maka teman jakartans akan kaya dengan sendirinya. Ingat, kekayaan Warren Buffet hampir sebagian besar didapat ketika dia berusia 60 tahun.

2. Buang Jauh Pamer dan Gengsi
Kalau temans jakartans merasa menggunakan Lamborghini bisa membuat orang terkesan dan hormat, teman salah. Orang-orang sebenarnya terkesan dengan mobilnya bukan dengan teman jakartans. Cara tercepat untuk menghabiskan uang adalah membelanjakan uang agar orang lain terkesan. 

3. Dont Be Greedy
Enough is enough. Ada saatnya teman jakartans ketika mengumpulkan kekayaan mengenal kata cukup. Kekayaan sejati adalah anda memiliki kebebasan untuk berkata cukup. Rajat Gupta, investor Goldman Sachs harus mendekap di penjara karena rakus dengan dana investasi, padahal kekayaannya sudah lebih dari 100 juta US Dolar. 

#personalfinance #finance #morganhousel #psychologyofmoney #investment #money
3 FILOSOFI PENTING TENTANG UANG

Untuk mengelola keuangan pribadi, teman jakartans sebenarnya tidak butuh banyak nasehat canggih dari para pakar. Cukup pelajari 3 hal ini saja, maka keuangan teman jakartans akan baik-baik saja. Didasarkan pada buku best seller *The Psychology of Money* karya Morgan Housel

1. Tidak Ada Jalan Pintas
Jangan silau dengan kekayaan seseorang, semua ada waktunya. 
kalau teman jakartans ingin kaya maka bekerja dengan baik, saving secukupnya, investasi dengan baik, maka teman jakartans akan kaya dengan sendirinya. Ingat, kekayaan Warren Buffet hampir sebagian besar didapat ketika dia berusia 60 tahun.

2. Buang Jauh Pamer dan Gengsi
Kalau temans jakartans merasa menggunakan Lamborghini bisa membuat orang terkesan dan hormat, teman salah. Orang-orang sebenarnya terkesan dengan mobilnya bukan dengan teman jakartans. Cara tercepat untuk menghabiskan uang adalah membelanjakan uang agar orang lain terkesan. 

3. Dont Be Greedy
Enough is enough. Ada saatnya teman jakartans ketika mengumpulkan kekayaan mengenal kata cukup. Kekayaan sejati adalah anda memiliki kebebasan untuk berkata cukup. Rajat Gupta, investor Goldman Sachs harus mendekap di penjara karena rakus dengan dana investasi, padahal kekayaannya sudah lebih dari 100 juta US Dolar. 

#personalfinance #finance #morganhousel #psychologyofmoney #investment #money
3 FILOSOFI PENTING TENTANG UANG

Untuk mengelola keuangan pribadi, teman jakartans sebenarnya tidak butuh banyak nasehat canggih dari para pakar. Cukup pelajari 3 hal ini saja, maka keuangan teman jakartans akan baik-baik saja. Didasarkan pada buku best seller *The Psychology of Money* karya Morgan Housel

1. Tidak Ada Jalan Pintas
Jangan silau dengan kekayaan seseorang, semua ada waktunya. 
kalau teman jakartans ingin kaya maka bekerja dengan baik, saving secukupnya, investasi dengan baik, maka teman jakartans akan kaya dengan sendirinya. Ingat, kekayaan Warren Buffet hampir sebagian besar didapat ketika dia berusia 60 tahun.

2. Buang Jauh Pamer dan Gengsi
Kalau temans jakartans merasa menggunakan Lamborghini bisa membuat orang terkesan dan hormat, teman salah. Orang-orang sebenarnya terkesan dengan mobilnya bukan dengan teman jakartans. Cara tercepat untuk menghabiskan uang adalah membelanjakan uang agar orang lain terkesan. 

3. Dont Be Greedy
Enough is enough. Ada saatnya teman jakartans ketika mengumpulkan kekayaan mengenal kata cukup. Kekayaan sejati adalah anda memiliki kebebasan untuk berkata cukup. Rajat Gupta, investor Goldman Sachs harus mendekap di penjara karena rakus dengan dana investasi, padahal kekayaannya sudah lebih dari 100 juta US Dolar. 

#personalfinance #finance #morganhousel #psychologyofmoney #investment #money
3 FILOSOFI PENTING TENTANG UANG

Untuk mengelola keuangan pribadi, teman jakartans sebenarnya tidak butuh banyak nasehat canggih dari para pakar. Cukup pelajari 3 hal ini saja, maka keuangan teman jakartans akan baik-baik saja. Didasarkan pada buku best seller *The Psychology of Money* karya Morgan Housel

1. Tidak Ada Jalan Pintas
Jangan silau dengan kekayaan seseorang, semua ada waktunya. 
kalau teman jakartans ingin kaya maka bekerja dengan baik, saving secukupnya, investasi dengan baik, maka teman jakartans akan kaya dengan sendirinya. Ingat, kekayaan Warren Buffet hampir sebagian besar didapat ketika dia berusia 60 tahun.

2. Buang Jauh Pamer dan Gengsi
Kalau temans jakartans merasa menggunakan Lamborghini bisa membuat orang terkesan dan hormat, teman salah. Orang-orang sebenarnya terkesan dengan mobilnya bukan dengan teman jakartans. Cara tercepat untuk menghabiskan uang adalah membelanjakan uang agar orang lain terkesan. 

3. Dont Be Greedy
Enough is enough. Ada saatnya teman jakartans ketika mengumpulkan kekayaan mengenal kata cukup. Kekayaan sejati adalah anda memiliki kebebasan untuk berkata cukup. Rajat Gupta, investor Goldman Sachs harus mendekap di penjara karena rakus dengan dana investasi, padahal kekayaannya sudah lebih dari 100 juta US Dolar. 

#personalfinance #finance #morganhousel #psychologyofmoney #investment #money
3 FILOSOFI PENTING TENTANG UANG Untuk mengelola keuangan pribadi, teman jakartans sebenarnya tidak butuh banyak nasehat canggih dari para pakar. Cukup pelajari 3 hal ini saja, maka keuangan teman jakartans akan baik-baik saja. Didasarkan pada buku best seller *The Psychology of Money* karya Morgan Housel 1. Tidak Ada Jalan Pintas Jangan silau dengan kekayaan seseorang, semua ada waktunya. kalau teman jakartans ingin kaya maka bekerja dengan baik, saving secukupnya, investasi dengan baik, maka teman jakartans akan kaya dengan sendirinya. Ingat, kekayaan Warren Buffet hampir sebagian besar didapat ketika dia berusia 60 tahun. 2. Buang Jauh Pamer dan Gengsi Kalau temans jakartans merasa menggunakan Lamborghini bisa membuat orang terkesan dan hormat, teman salah. Orang-orang sebenarnya terkesan dengan mobilnya bukan dengan teman jakartans. Cara tercepat untuk menghabiskan uang adalah membelanjakan uang agar orang lain terkesan. 3. Dont Be Greedy Enough is enough. Ada saatnya teman jakartans ketika mengumpulkan kekayaan mengenal kata cukup. Kekayaan sejati adalah anda memiliki kebebasan untuk berkata cukup. Rajat Gupta, investor Goldman Sachs harus mendekap di penjara karena rakus dengan dana investasi, padahal kekayaannya sudah lebih dari 100 juta US Dolar. #personalfinance #finance #morganhousel #psychologyofmoney #investment #money
2 years ago
View on Instagram |
4/6
3 Keuntungan Memakai Uang Elektronik

Temans Jakartans pasti sering dong menggunakan uang elektronik, entah untuk membayar biaya toll, tiket transjakarta, mrt, membeli makanan dsb. Di abad dimana internet dan kecerdasan buatan dibutuhkan manusia, memiliki uang elektronik bukan sekadar perlu tapi juga butuh. 
Berikut beberapa keunggulan menggunakan uang elektronik. Psst nomor tiga yang paking dicari. 

#1 Praktis Anti Ribet
Salah satu alasan paling penting mengapa kita harus memiliki uang elektronik, yakni praktis. Teman Jakartans tidak perlu membawa banyak uang kertas untuk melakukan pembayaran, atau menerima kembalian dalam bentuk receh. 
Uang Elektronik memudahkan penggunanya untuk melakukan pembayaran dalam nominal kecil tanpa perlu repot memikirkan kembalian

#2 Transaksi Aman Tercatat Otomatis
Tidak perlu bingung untuk mengingat maupun mencari bukti transaksi uang elektronik anda. 
Selain aman, setiap penggunaan uang elektronik, bank penerbit maupun institusi keuangan penyedia memiliki database pencatatan yang secara otomatis bisa dilihat di akun teman Jakartans. 

#3 Promo Poin Cashback
Ini yang menjadi benefit paling menggiurkan, setiap penyedia jasa layanan uang elektronik berlomba-lomba memberikan promo potongan harga, cashback ataupun poin yang membuat transaksi teman Jakartans menjadi lebih hemat.

Gimana temans jakartans, masih belum beralih menggunakan uang elektronik. Ayo pakai uang elektronik.

Konten ini diproduksi untuk mendukung program inklusi keuangan Republik Indonesia. 

#cashlesssociety #inklusikeuangan #uangelektronik #emoney #cashback #financialliteracy #literasikeuangan #jakarta #thejakartans.
3 Keuntungan Memakai Uang Elektronik

Temans Jakartans pasti sering dong menggunakan uang elektronik, entah untuk membayar biaya toll, tiket transjakarta, mrt, membeli makanan dsb. Di abad dimana internet dan kecerdasan buatan dibutuhkan manusia, memiliki uang elektronik bukan sekadar perlu tapi juga butuh. 
Berikut beberapa keunggulan menggunakan uang elektronik. Psst nomor tiga yang paking dicari. 

#1 Praktis Anti Ribet
Salah satu alasan paling penting mengapa kita harus memiliki uang elektronik, yakni praktis. Teman Jakartans tidak perlu membawa banyak uang kertas untuk melakukan pembayaran, atau menerima kembalian dalam bentuk receh. 
Uang Elektronik memudahkan penggunanya untuk melakukan pembayaran dalam nominal kecil tanpa perlu repot memikirkan kembalian

#2 Transaksi Aman Tercatat Otomatis
Tidak perlu bingung untuk mengingat maupun mencari bukti transaksi uang elektronik anda. 
Selain aman, setiap penggunaan uang elektronik, bank penerbit maupun institusi keuangan penyedia memiliki database pencatatan yang secara otomatis bisa dilihat di akun teman Jakartans. 

#3 Promo Poin Cashback
Ini yang menjadi benefit paling menggiurkan, setiap penyedia jasa layanan uang elektronik berlomba-lomba memberikan promo potongan harga, cashback ataupun poin yang membuat transaksi teman Jakartans menjadi lebih hemat.

Gimana temans jakartans, masih belum beralih menggunakan uang elektronik. Ayo pakai uang elektronik.

Konten ini diproduksi untuk mendukung program inklusi keuangan Republik Indonesia. 

#cashlesssociety #inklusikeuangan #uangelektronik #emoney #cashback #financialliteracy #literasikeuangan #jakarta #thejakartans.
3 Keuntungan Memakai Uang Elektronik

Temans Jakartans pasti sering dong menggunakan uang elektronik, entah untuk membayar biaya toll, tiket transjakarta, mrt, membeli makanan dsb. Di abad dimana internet dan kecerdasan buatan dibutuhkan manusia, memiliki uang elektronik bukan sekadar perlu tapi juga butuh. 
Berikut beberapa keunggulan menggunakan uang elektronik. Psst nomor tiga yang paking dicari. 

#1 Praktis Anti Ribet
Salah satu alasan paling penting mengapa kita harus memiliki uang elektronik, yakni praktis. Teman Jakartans tidak perlu membawa banyak uang kertas untuk melakukan pembayaran, atau menerima kembalian dalam bentuk receh. 
Uang Elektronik memudahkan penggunanya untuk melakukan pembayaran dalam nominal kecil tanpa perlu repot memikirkan kembalian

#2 Transaksi Aman Tercatat Otomatis
Tidak perlu bingung untuk mengingat maupun mencari bukti transaksi uang elektronik anda. 
Selain aman, setiap penggunaan uang elektronik, bank penerbit maupun institusi keuangan penyedia memiliki database pencatatan yang secara otomatis bisa dilihat di akun teman Jakartans. 

#3 Promo Poin Cashback
Ini yang menjadi benefit paling menggiurkan, setiap penyedia jasa layanan uang elektronik berlomba-lomba memberikan promo potongan harga, cashback ataupun poin yang membuat transaksi teman Jakartans menjadi lebih hemat.

Gimana temans jakartans, masih belum beralih menggunakan uang elektronik. Ayo pakai uang elektronik.

Konten ini diproduksi untuk mendukung program inklusi keuangan Republik Indonesia. 

#cashlesssociety #inklusikeuangan #uangelektronik #emoney #cashback #financialliteracy #literasikeuangan #jakarta #thejakartans.
3 Keuntungan Memakai Uang Elektronik

Temans Jakartans pasti sering dong menggunakan uang elektronik, entah untuk membayar biaya toll, tiket transjakarta, mrt, membeli makanan dsb. Di abad dimana internet dan kecerdasan buatan dibutuhkan manusia, memiliki uang elektronik bukan sekadar perlu tapi juga butuh. 
Berikut beberapa keunggulan menggunakan uang elektronik. Psst nomor tiga yang paking dicari. 

#1 Praktis Anti Ribet
Salah satu alasan paling penting mengapa kita harus memiliki uang elektronik, yakni praktis. Teman Jakartans tidak perlu membawa banyak uang kertas untuk melakukan pembayaran, atau menerima kembalian dalam bentuk receh. 
Uang Elektronik memudahkan penggunanya untuk melakukan pembayaran dalam nominal kecil tanpa perlu repot memikirkan kembalian

#2 Transaksi Aman Tercatat Otomatis
Tidak perlu bingung untuk mengingat maupun mencari bukti transaksi uang elektronik anda. 
Selain aman, setiap penggunaan uang elektronik, bank penerbit maupun institusi keuangan penyedia memiliki database pencatatan yang secara otomatis bisa dilihat di akun teman Jakartans. 

#3 Promo Poin Cashback
Ini yang menjadi benefit paling menggiurkan, setiap penyedia jasa layanan uang elektronik berlomba-lomba memberikan promo potongan harga, cashback ataupun poin yang membuat transaksi teman Jakartans menjadi lebih hemat.

Gimana temans jakartans, masih belum beralih menggunakan uang elektronik. Ayo pakai uang elektronik.

Konten ini diproduksi untuk mendukung program inklusi keuangan Republik Indonesia. 

#cashlesssociety #inklusikeuangan #uangelektronik #emoney #cashback #financialliteracy #literasikeuangan #jakarta #thejakartans.
3 Keuntungan Memakai Uang Elektronik

Temans Jakartans pasti sering dong menggunakan uang elektronik, entah untuk membayar biaya toll, tiket transjakarta, mrt, membeli makanan dsb. Di abad dimana internet dan kecerdasan buatan dibutuhkan manusia, memiliki uang elektronik bukan sekadar perlu tapi juga butuh. 
Berikut beberapa keunggulan menggunakan uang elektronik. Psst nomor tiga yang paking dicari. 

#1 Praktis Anti Ribet
Salah satu alasan paling penting mengapa kita harus memiliki uang elektronik, yakni praktis. Teman Jakartans tidak perlu membawa banyak uang kertas untuk melakukan pembayaran, atau menerima kembalian dalam bentuk receh. 
Uang Elektronik memudahkan penggunanya untuk melakukan pembayaran dalam nominal kecil tanpa perlu repot memikirkan kembalian

#2 Transaksi Aman Tercatat Otomatis
Tidak perlu bingung untuk mengingat maupun mencari bukti transaksi uang elektronik anda. 
Selain aman, setiap penggunaan uang elektronik, bank penerbit maupun institusi keuangan penyedia memiliki database pencatatan yang secara otomatis bisa dilihat di akun teman Jakartans. 

#3 Promo Poin Cashback
Ini yang menjadi benefit paling menggiurkan, setiap penyedia jasa layanan uang elektronik berlomba-lomba memberikan promo potongan harga, cashback ataupun poin yang membuat transaksi teman Jakartans menjadi lebih hemat.

Gimana temans jakartans, masih belum beralih menggunakan uang elektronik. Ayo pakai uang elektronik.

Konten ini diproduksi untuk mendukung program inklusi keuangan Republik Indonesia. 

#cashlesssociety #inklusikeuangan #uangelektronik #emoney #cashback #financialliteracy #literasikeuangan #jakarta #thejakartans.
3 Keuntungan Memakai Uang Elektronik Temans Jakartans pasti sering dong menggunakan uang elektronik, entah untuk membayar biaya toll, tiket transjakarta, mrt, membeli makanan dsb. Di abad dimana internet dan kecerdasan buatan dibutuhkan manusia, memiliki uang elektronik bukan sekadar perlu tapi juga butuh. Berikut beberapa keunggulan menggunakan uang elektronik. Psst nomor tiga yang paking dicari. #1 Praktis Anti Ribet Salah satu alasan paling penting mengapa kita harus memiliki uang elektronik, yakni praktis. Teman Jakartans tidak perlu membawa banyak uang kertas untuk melakukan pembayaran, atau menerima kembalian dalam bentuk receh. Uang Elektronik memudahkan penggunanya untuk melakukan pembayaran dalam nominal kecil tanpa perlu repot memikirkan kembalian #2 Transaksi Aman Tercatat Otomatis Tidak perlu bingung untuk mengingat maupun mencari bukti transaksi uang elektronik anda. Selain aman, setiap penggunaan uang elektronik, bank penerbit maupun institusi keuangan penyedia memiliki database pencatatan yang secara otomatis bisa dilihat di akun teman Jakartans. #3 Promo Poin Cashback Ini yang menjadi benefit paling menggiurkan, setiap penyedia jasa layanan uang elektronik berlomba-lomba memberikan promo potongan harga, cashback ataupun poin yang membuat transaksi teman Jakartans menjadi lebih hemat. Gimana temans jakartans, masih belum beralih menggunakan uang elektronik. Ayo pakai uang elektronik. Konten ini diproduksi untuk mendukung program inklusi keuangan Republik Indonesia. #cashlesssociety #inklusikeuangan #uangelektronik #emoney #cashback #financialliteracy #literasikeuangan #jakarta #thejakartans.
3 years ago
View on Instagram |
5/6
3 Langkah Mudah Sukses Finansial

Tidak perlu menjadi Elon Musk untuk menjadi kaya, cukup ikuti tiga langkah praktis ini dan mulai hidup kaya dari sekarang.

#1. Pay Yourself First
Ganti istilah menabung dengan membayar dirimu sendiri dulu. 
Begitu dapat gaji, utamakan bayar dirimu terlebih dahulu baru bayar jasa orang lain. 

#2. Make it Automatic
Jangan membuat budget, tapi buat sistem autodebet  dari rekeningmu untuk membayar dirimu sendiri. 
Ingat sekecil apapun autodebet yang kamu lakukan lama-lama akan menjadi bukit. 

#3. Live Rich Now
Jalani hidup teman jakartans seperti biasa. Dalam satu tahun atau lima tahun kedepan, teman jakartans akan sukses secara finansial. Ambil kendali atas hidup anda sekarang juga!. 

Baca lengkap di http://thejakartans.com/tiga-langkah-mudah-menjadi-kaya/

#perencanaankeuangan #personalfinance #jakartans #temanjakarta #jakarta #wellness #wellbeing #finance
3 Langkah Mudah Sukses Finansial

Tidak perlu menjadi Elon Musk untuk menjadi kaya, cukup ikuti tiga langkah praktis ini dan mulai hidup kaya dari sekarang.

#1. Pay Yourself First
Ganti istilah menabung dengan membayar dirimu sendiri dulu. 
Begitu dapat gaji, utamakan bayar dirimu terlebih dahulu baru bayar jasa orang lain. 

#2. Make it Automatic
Jangan membuat budget, tapi buat sistem autodebet  dari rekeningmu untuk membayar dirimu sendiri. 
Ingat sekecil apapun autodebet yang kamu lakukan lama-lama akan menjadi bukit. 

#3. Live Rich Now
Jalani hidup teman jakartans seperti biasa. Dalam satu tahun atau lima tahun kedepan, teman jakartans akan sukses secara finansial. Ambil kendali atas hidup anda sekarang juga!. 

Baca lengkap di http://thejakartans.com/tiga-langkah-mudah-menjadi-kaya/

#perencanaankeuangan #personalfinance #jakartans #temanjakarta #jakarta #wellness #wellbeing #finance
3 Langkah Mudah Sukses Finansial

Tidak perlu menjadi Elon Musk untuk menjadi kaya, cukup ikuti tiga langkah praktis ini dan mulai hidup kaya dari sekarang.

#1. Pay Yourself First
Ganti istilah menabung dengan membayar dirimu sendiri dulu. 
Begitu dapat gaji, utamakan bayar dirimu terlebih dahulu baru bayar jasa orang lain. 

#2. Make it Automatic
Jangan membuat budget, tapi buat sistem autodebet  dari rekeningmu untuk membayar dirimu sendiri. 
Ingat sekecil apapun autodebet yang kamu lakukan lama-lama akan menjadi bukit. 

#3. Live Rich Now
Jalani hidup teman jakartans seperti biasa. Dalam satu tahun atau lima tahun kedepan, teman jakartans akan sukses secara finansial. Ambil kendali atas hidup anda sekarang juga!. 

Baca lengkap di http://thejakartans.com/tiga-langkah-mudah-menjadi-kaya/

#perencanaankeuangan #personalfinance #jakartans #temanjakarta #jakarta #wellness #wellbeing #finance
3 Langkah Mudah Sukses Finansial

Tidak perlu menjadi Elon Musk untuk menjadi kaya, cukup ikuti tiga langkah praktis ini dan mulai hidup kaya dari sekarang.

#1. Pay Yourself First
Ganti istilah menabung dengan membayar dirimu sendiri dulu. 
Begitu dapat gaji, utamakan bayar dirimu terlebih dahulu baru bayar jasa orang lain. 

#2. Make it Automatic
Jangan membuat budget, tapi buat sistem autodebet  dari rekeningmu untuk membayar dirimu sendiri. 
Ingat sekecil apapun autodebet yang kamu lakukan lama-lama akan menjadi bukit. 

#3. Live Rich Now
Jalani hidup teman jakartans seperti biasa. Dalam satu tahun atau lima tahun kedepan, teman jakartans akan sukses secara finansial. Ambil kendali atas hidup anda sekarang juga!. 

Baca lengkap di http://thejakartans.com/tiga-langkah-mudah-menjadi-kaya/

#perencanaankeuangan #personalfinance #jakartans #temanjakarta #jakarta #wellness #wellbeing #finance
3 Langkah Mudah Sukses Finansial

Tidak perlu menjadi Elon Musk untuk menjadi kaya, cukup ikuti tiga langkah praktis ini dan mulai hidup kaya dari sekarang.

#1. Pay Yourself First
Ganti istilah menabung dengan membayar dirimu sendiri dulu. 
Begitu dapat gaji, utamakan bayar dirimu terlebih dahulu baru bayar jasa orang lain. 

#2. Make it Automatic
Jangan membuat budget, tapi buat sistem autodebet  dari rekeningmu untuk membayar dirimu sendiri. 
Ingat sekecil apapun autodebet yang kamu lakukan lama-lama akan menjadi bukit. 

#3. Live Rich Now
Jalani hidup teman jakartans seperti biasa. Dalam satu tahun atau lima tahun kedepan, teman jakartans akan sukses secara finansial. Ambil kendali atas hidup anda sekarang juga!. 

Baca lengkap di http://thejakartans.com/tiga-langkah-mudah-menjadi-kaya/

#perencanaankeuangan #personalfinance #jakartans #temanjakarta #jakarta #wellness #wellbeing #finance
3 Langkah Mudah Sukses Finansial Tidak perlu menjadi Elon Musk untuk menjadi kaya, cukup ikuti tiga langkah praktis ini dan mulai hidup kaya dari sekarang. #1. Pay Yourself First Ganti istilah menabung dengan membayar dirimu sendiri dulu. Begitu dapat gaji, utamakan bayar dirimu terlebih dahulu baru bayar jasa orang lain. #2. Make it Automatic Jangan membuat budget, tapi buat sistem autodebet dari rekeningmu untuk membayar dirimu sendiri. Ingat sekecil apapun autodebet yang kamu lakukan lama-lama akan menjadi bukit. #3. Live Rich Now Jalani hidup teman jakartans seperti biasa. Dalam satu tahun atau lima tahun kedepan, teman jakartans akan sukses secara finansial. Ambil kendali atas hidup anda sekarang juga!. Baca lengkap di http://thejakartans.com/tiga-langkah-mudah-menjadi-kaya/ #perencanaankeuangan #personalfinance #jakartans #temanjakarta #jakarta #wellness #wellbeing #finance
3 years ago
View on Instagram |
6/6