Fashion Items: The Breton Stripes

Coco Chanel tertarik dengan seragam pelaut Perancis tersebut ketika dia berlibur di pantai Perancis dan menggunakannya sebagai fashion items paling legendaris.

Stripes-3
Barton Stripes bermula dari pakaian pelaut di Perancis, Coco Chanel memperlihatkannya sebagai pola yang pas untuk kasual womanswear

Lets forget about floral pattern yang selalu menjadi hits tiap musim panas tiba. Kini sambutlah camera darling yang selalu menghiasi majalah, streetstyle, dan laman internet, navy blue strips. Pattern ini sebenarnya sudah ada sejak dulu. Tahun 1858, para pelaut Perancis sudah menggunakan pola ini di seragamnya, tidak berapa lama Desainer dan Pendiri rumah desain Chanel tertarik dengan pola ini ketika dia berlibur di pesisir utara Perancis tepatnya di Bretanny. Coco kemudian memperkenalkan pola ini dalam rangkaian pakaian casual wanita pada tahun 1917 dengan tema Nautical Collection. Berkat tangan dingin Coco Chanel, pola ini menjadi terkenal, apalagi pattern yang dikenal dengan istilah Breton Shirt ini dipakai oleh Audrey Hepburn dan James Deen, segera saja dunia demam dengan blue navy strips ini.

Stripes-2
Katherine Middleton, Duchess of Cambridge; Serena Van Der Woodsen (Blake Lively) dan Mischa Barton dalam balutan T Shirt Breton Stripes

Tahun 2008 sebenarnya Serena Van Der Woodsen sudah mulai memperlihatkan bahwa Navy Blue Strips adalah fashion items yang harus dimiliki. Kesannya yang hangat, elegan dan mampu dipadupadankan dengan semua jenis outerwear membuat kaus dengan pola baris vertical berwarna biru ini layak untuk di koleksi. Tidak salah jika Duchess of Cambridge, Katherine Middleton, juga menggunakan kaus ini. Taylor Swift dalam salah satu konsernya juga menggunakan kaus dengan pola yang sama.

Stripes-4
Audrey Toutou and James Dean

Nah karena sifat pattern ini yang unisex, maka stripes ini tidak hanya dipakai oleh kalangan wanita saja, beberapa desainer pakaian pria juga menggunakan desain ini. Jean Paul Gaultier pernah menjadi duta pola ini dalam beberapa campaign fashion miliknya. Tahun ini bahkan Michael Kors memiliki satu desain yang mencuri ide dasar Breton Stripes ini.

Saomi Rizqiyanto

A scholars who also an enterpreneur. Graduate from University of Indonesia and Lecturer at State Islamic University Jakarta. A founder and CEO of Masamitra, an independent media consultant.